Alasan IP Telephony Sangat Penting untuk Zaman Sekarang

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 12 April 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"IP Telephony memiliki peran yang sangat penting untuk zaman sekarang. Yuk, simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini"

Perkembangan zaman yang cukup pesat saat ini membuat banyak orang merasa terbantu, terlebih dengan adanya perkembangan internet yang berjalan seiringan dengan pesatnya teknologi membantu banyak hal yang berhubungan dengan komunikasi. Saat ini, orang tidak lagi kesulitan untuk berkomunikasi dengan sesama meskipun terpisah dengan jarak yang cukup jauh. IP Telephony merupakan salah satu dari banyaknya perkembangan teknologi yang memudahkan komunikasi. Yuk, simak mengapa IP Telephony sangat penting untuk zaman sekarang.

Apa Itu IP Telephony dan Fungsinya

IP telephony (Internet Protocol telephony) adalah istilah umum untuk teknologi, produk, dan layanan yang menggunakan koneksi packet-switched Protokol Internet untuk mendukung panggilan suara, pesan suara, panggilan video, konferensi video, faks, dan instant messages (IM). Secara tradisional, komunikasi ini dilakukan melalui koneksi circuit-switched yang dibuat secara khusus dari jaringan telepon public switched (PSTN). Namun, dengan menggunakan internet, panggilan perjalanan sebagai paket data pada jalur bersama dilakukan untuk menghindari tol PSTN. IP Telephony bekerja dengan mengubah panggilan suara, faks, dan informasi lainnya menjadi sinyal digital. Sinyal digital ini berjalan melalui jaringan IP, seperti internet, sebagai paket data, menggunakan koneksi IP packet-switched. Lebih lanjut, fitur suara dalam teknologi IP seperti panggilan suara dan pesan suara juga dapat disebut sebagai voice over IP (VoIP) yang selama ini kita sering dengar. 

Baca Juga: Tips dan Trik Meningkatkan Layanan Pelanggan Menggunakan IP Telephony

Alasan IP Telephony Sangat Penting Di Zaman Sekarang

  • Mempermudah Komunikasi

Salah satu manfaat utama dalam penggunaan IP Telephony adalah untuk mempermudah komunikasi. Berbeda dengan penggunaan telepon konvensional yang hanya bisa dilakukan oleh dua arah, IP Telephony sangat mempermudah komunikasi dalam jangkauan yang lebar dan lebih luas.

  • Lebih Hemat Biaya

Telepon konvensional memiliki biaya pengurusan dan operasional yang cukup mahal karena memiliki kabel fisik yang berbeda dengan listrik dan internet. IP Telephony memiliki biaya pengurusan yang jauh lebih murah dan mudah untuk dioperasionalkan.

  • Mengandalkan Internet

Salah satu keuntungan penggunaan IP Telephony adalah hanya mengandalkan internet. Anda bisa menggunakan aplikasi atau jaringan IP Telephony dengan hanya menggunakan jaringan internet yang stabil dan lancar.

  • Bisa Digunakan Dimana Saja

Jika telepon konvensional hanya bisa digunakan dalam jangkauan jaringannya saja, IP Telephony bisa digunakan dengan hanya mengandalkan internet. Itu berarti Anda bisa menggunakannya di tempat manapun asal memiliki jaringan internet.

Bidang yang Membutuhkan IP Telephony

  • Layanan Pesan Antar

Layanan pesan antar adalah salah satu layanan yang membutuhkan IP Telephony untuk terhubung dengan pelanggan. Selain itu, IP Telephony juga bisa diandalkan dalam penghubungan restoran dengan para pelanggan.

  • Bidang Pendidikan

Bidang pendidikan juga sangat mengandalkan IP Telephony. Saat pandemi Covid-19, bidang pendidikan adalah salah satu bidang yang terkena dampak paling besar karena tidak bisa melakukan kegiatan tatap muka dalam pengajaran untuk waktu yang cukup lama. Menggunakan IP Telephony, bidang pendidikan menjadikannya bukan lagi hal yang besar.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Menggunakan IP Telephony

  • Pemerintahan

Pemerintahan juga sangat mengandalkan IP Telephony. Hal ini untuk kegiatan komunikasi dalam ruangan antar anggota lebih kondusif dan jauh lebih mudah.

  • Online Bisnis

Online bisnis juga membutuhkan IP Telephony dalam hal berkomunikasi dengan pelanggan. Hal ini diperlukan agar kegiatan penjualan bisa terjalin dengan mudah.

Yuk, Andalkan Sociomile untuk Urusan Telephony!

Pemerintahan tentu membutuhkan layanan IP Telephony jika ingin lebih terhubung dan membangun kepercayaan yang kuat dengan masyarakat. Jika Anda ingin memakai Telephony untuk urusan bisnis Anda agar lebih lancar, gunakan jasa Ivosights! Kami menawarkan layanan Telephony dari Sociomile yang tentunya akan membantu Anda dalam memperlancar bisnis Anda. Tunggu apalagi? Yuk, hubungi call center Ivosights sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami