Simak Tips Berikut untuk Memilih Influencer yang Cocok untuk Bisnismu

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 03 April 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Influencer. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Influencer. Shutterstock.

"Influencer memiliki peranan yang cukup penting bagi bisnis, lho! Yuk, simak tips memiliki influencer yang cocok untuk bisnismu"

Bisnis memiliki banyak cara untuk mempromosikan barang atau produk yang mereka miliki agar lebih dikenal masyarakat dan mendapat keuntungan yang banyak. Hal ini juga membuat banyak pemilik bisnis berlomba-lomba membuat banyak promo dan mengiklankan produk mereka agar jauh lebih laku dan mampu bersaing dengan para pesaing mereka. Penggunaan influencer untuk mempromosikan bisnis atau sebuah produk adalah salah satu bentuk modernisasi yang terjadi dalam dunia pemasaran sehingga banyak diminati saat ini. Yuk, simak tips-tips di bawah ini untuk memilih influencer yang cocok untuk bisnismu!

Mengapa Influencer Dibutuhkan oleh Bisnis?

  • Sebagai Bentuk Pemasaran Modern

Pada zaman dahulu, media sosial belum terlalu berkembang seperti saat ini sehingga membuat kegiatan promosi dan pemasaran menjadi monoton dan tidak kreatif. Televisi dan koran menjadi salah satu-satunya tempat bagi pemilik bisnis untuk mempromosikan barang mereka kepada masyarakat. Hal ini tentu membuat sedikit keterbatasan yang ada sehingga tidak jarang persaingan bisnis menjadi sangat ketat dan dampak untuk rugi sangat besar.

Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk hal itu. Karena media sosial saat ini sudah berkembang pesat dan memiliki peran yang cukup banyak di kalangan masyarakat. Adanya influencer membuat media sosial semakin ramai dan diandalkan menjadi tempat yang orang-orang mencari suatu hal yang baru untuk dinikmati. Untuk itu, penggunaan influencer adalah salah satu bentuk pemasaran modern yang bisa dimanfaatkan untuk mengikuti perkembangan zaman.

Baca Juga: Tips Memilih Influencer untuk Bisnis Saat Ramadan

  • Memberikan Banyak Peluang untuk Dikenal Masyarakat

Para influencer memiliki banyak pengikut setia yang ada di media sosial. Jika kamu ingin mempromosikan barang dagangan, penggunaan influencer adalah salah satu strategi pemasaran yang tepat agar bisnismu memiliki banyak peluang untuk dikenal di masyarakat.

  • Meringankan Beban Biaya

Salah satu alasan lain mengapa bisnis membutuhkan influencer adalah untuk meringankan beban biaya yang ada. Melakukan iklan dan pemasaran di televisi membutuhkan biaya yang cukup besar sehingga banyak pemilik bisnis yang mulai beralih mencari alternatif lain yang jauh lebih murah.

  • Metode Baru yang Cukup Efektif

Para pengikut yang dimiliki influencer yang ada di luar sana membuat barang atau produk yang mereka promosikan menjadi jauh lebih laku karena para pengikut mereka biasanya mudah terpengaruh terhadap apa yang mereka presentasikan untuk sebuah barang. Hal ini tentu menjadikan penggunaan jasa influencer adalah metode baru yang cukup efektif.

  • Meningkatkan Peluang Pelanggan Baru

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, influencer memiliki daya tarik yang luar biasa sehingga promosi yang mereka lakukan bisa meningkatkan peluang pelanggan baru bagi bisnis yang kamu miliki.

Seberapa Efektif Penggunaan Influencer?

  • Mudah Menggiring Opini Publik

Salah satu manfaat penggunaan influencer adalah mereka dengan mudah menggiring opini publik terhadap suatu hal. Sama halnya dengan barang yang mereka promosikan, mereka bisa dengan mudah membuat banyak opini terhadap suatu barang menjadi positif di kalangan masyarakat.

  • Meningkatkan Engagement

Engagement adalah hal yang paling penting bagi perusahaan untuk menarik banyak pelanggan baru. Penggunaan influencer bisa meningkatkan engagement yang bisnis kamu miliki agar jauh lebih laku dan sering dilirik publik.

  • Pengikut yang Sudah Tersegmen

Influencer memiliki bidang yang mereka kuasai masing-masing. Hal ini memudahkan para pemilik bisnis untuk melancarkan promosi mereka karena para influencer tersebut memiliki pengikut yang sudah tersegmen, sesuai dengan bidang masing-masing.

  • Memiliki Beberapa Jenis Promosi

Para ‘pemengaruh’ ini biasanya memiliki jenis promosi yang mereka tawarkan kepada para pemilik bisnis, mulai dari postingan foto ataupun video. Hal ini bisa menjadi sangat efektif agar pemilik bisnis bisa melancarkan promosi dengan melihat jenis postingan apa yang sering menarik perhatian.

Tips untuk Memilih Influencer yang Cocok untuk Bisnismu

  • Gunakan Digital Monitoring

Selalu patau, perhatikan, dan analisis beberapa influencer yang ingin kamu ajak kerjasama dengan menggunakan digital monitoring agar kamu tidak salah pilih.

  • Sesuaikan Bidang Influencer dan Bisnis yang Kamu Jalani

Akan sia-sia jika influencer yang kamu ingin ajak kerjasama tidak memiliki banyak pengetahuan terhadap bidang bisnis yang kamu jalani. Untuk itu, sesuaikanlah terlebih dahulu bidang influencer tersebut dengan bisnismu. 

  • Sesuaikan Budget

Harga yang ditawarkan oleh para influencer bisa saja jauh lebih mahal dibandingkan dengan apa yang kamu perkirakan. Untuk itu, sesuaikanlah dengan budget yang kamu miliki untuk bisnis agar lebih sesuai dengan apa yang bisnismu inginkan.

Baca Juga: Influencer: Keuntungan, Kekurangan, dan Tips Memilihnya

  • Monitor Kesuksesan Influencer Tersebut

Ada banyak influencer yang mampu menarik banyak perhatian dan menjadikan bisnis yang mereka promosikan jauh lebih laku dan mendapatkan banyak keuntungan. Hal ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk memonitor kesuksesan influencer tersebut.

Yuk, Gunakan Digital Monitoring Ripple10 untuk Memilih Influencer Terbaik Bagi Bisnis Anda!

Alih-alih melakukan digital monitoring secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi kebanggan kami yang satu ini mampu melacak trending yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! 

Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami