Etika Customer Service yang Wajib Dimiliki untuk Memajukan Call center

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 31 Januari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Customer service. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer service. Shutterstock.

"Untuk memajukan call center di perusahaan, kamu harus memastikan bahwa kamu memiliki agen telesales yang berguna. Simak etika customer service wajib dimiliki"

Untuk memajukan call center di perusahaan, kamu harus memastikan bahwa kamu memiliki agen telesales yang berguna. Customer service adalah agen telesales yang menjadi ujung tombak call center. Selain bisa membangun kepercayaan pelanggan, customer sevice yang baik harusnya bisa meningkatkan kualitas pelayanan dan menjaga reputasi perusahaan. Berikut ini adalah sikap atau etika customer service yang wajib dimiliki untuk memajukan call center. Sebelum itu, kamu akan mengetahui customer service lebih dalam dan juga perannya pada call center.

Apa itu Customer Service?

Customer service adalah layanan yang diberikan oleh sebuah perusahaan kepada pelanggan untuk membantu mereka mengatasi masalah atau memenuhi kebutuhan mereka. Ini bisa melalui berbagai kanal, seperti telepon, email, chat, atau sosial media. Tujuannya adalah untuk memastikan pelanggan puas dan memelihara hubungan baik dengan perusahaan. Layanan ini bertujuan untuk memecahkan masalah pelanggan, memberikan informasi dan menjawab pertanyaan, serta membantu mereka memahami produk atau layanan yang diterima.

Apa Saja Tugas Customer Service?

Tugas utama customer service adalah:

  • Menangani dan memecahkan masalah pelanggan
  • Menjawab pertanyaan pelanggan dan memberikan informasi
  • Memahami dan membantu pelanggan menggunakan produk atau layanan
  • Memastikan pelanggan puas dengan layanan yang diterima
  • Mengumpulkan dan menganalisis umpan balik pelanggan
  • Mengelola dan mengatasi keluhan pelanggan
  • Memperbarui dan menjaga catatan pelanggan
  • Bekerja sama dengan tim lain untuk memastikan pelanggan mendapatkan bantuan yang dibutuhkan.

Etika yang Wajib Dimiliki Customer Service

Berikut adalah beberapa etika customer service yang baik dan benar:

  • Profesionalisme

Beberapa sikap profesional yang harus dimiliki oleh seorang customer service di call center adalah kemampuan berpikir positif yakni menjaga pandangan yang positif dan memandang setiap pelanggan sebagai peluang untuk membantu dan memuaskan mereka. Selain itu profesionalitas ditunjukkan dengan menjaga kesabaran dan memperlakukan setiap pelanggan dengan hormat, meskipun mereka kesal atau emosi. Customer service juga harus bisa berkomunikasi dengan jelas dan mudah dipahami. Selain itu, profesionalitas customer service dinilai dari solusinya. Setiap customer service harus berfokus pada memberikan solusi yang tepat untuk masalah pelanggan dan memastikan bahwa masalah selesai dengan baik.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Anda Lakukan dalam Customer Service

  • Kemampuan mendengarkan

Etika yang wajib dimiliki adalah kemampuan mendengarkan yakni mendengarkan dengan seksama dan memahami kebutuhan pelanggan dan membantu mereka dengan solusi yang tepat. Dengan mendengarkan, customer service juga harus mampu bernegosiasi dengan pelanggan dan menemukan solusi yang diterima baik oleh kedua belah pihak.

  • Kerahasiaan

Menjaga kerahasiaan informasi pelanggan dan memastikan bahwa informasi tidak dibagikan tanpa izin pelanggan. Menjaga kerahasiaan pelanggan adalah bagian dari etika profesional customer service dan penting untuk membangun kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan.

  • Tanggap cepat

Memberikan tanggapan yang cepat dan tepat waktu terhadap keluhan atau permintaan pelanggan. Hal ini diperlukan karena customer service dituntut untuk memberikan solusi yang tepat dan efektif untuk masalah pelanggan dan memastikan bahwa masalah selesai dengan baik dan cepat.

  • Kemampuan berkomunikasi

Etika yang wajib dimiliki customer service berikutnya adalah kemampuan berkomunikasi. Tidak ada pelanggan yang ingin menelepon customer service yang gagap bicara dan terbata-bata dalam menjawab. Selain harus tanggap cepat, customer service harus bisa berkomunikasi dengan jelas dan mudah dipahami oleh pelanggan dan menghindari bahasa teknis yang sulit dipahami.

  • Keramahan

Tentunya etika wajib berikutnya adalah keramahan. Rasanya tidak penting jika semua etika di atas sudah dilakukan oleh customer service tetapi tidak dijalankan dengan ramah. Selain harus memiliki kesabaran yang tinggi, customer service juga harus belajar bicara dengan keramahan. Berkomunikasi dengan keramahan dan membuat pelanggan merasa nyaman dan dihargai. Hal ini akan secara signifikan menambah rasa percaya mereka terhadap perusahaan karena menyediakan pelayanan terbaik!

Baca Juga: Memilih Customer Service Platform yang Ideal untuk Brand Anda

Dapatkan BPO Contact Center Terbaik di Ivosights

Itu dia hal-hal yang bisa kamu ketahui dari etika customer service. Untuk mendapatkan BPO Contact Center terbaik yang mengedepankan fitur-fitur bermanfaat dan juga customer service yang profesional, kamu bisa mengandalkan Ivosights!

Ivosights BPO Contact Center terhubung langsung dengan platform customer relationship management Sociomile yang dilengkapi 13 kanal lebih dalam satu dasbor. Sociomile juga menawarkan staf berkompetensi yang dilatih dengan appraisal motivation yang tentunya penting dimiliki oleh seorang agen telesales.

Dengan dibantu fitur-fitur yang berguna, kamu akan mendapatkan layanan contact center paling efektif! Hubungi Ivosights sekarang juga dan rasakan perubahan pada perusahaanmu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami