Penggunaan Digital Monitoring Tools untuk Strategi Customer Focus

Ripple10

,

Ivosights


Penulis : Administrator - Rabu, 29 Mei 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital Monitoring Tools. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital Monitoring Tools. Shutterstrock

"Strategi customer focus terbukti ampuh tingkatkan profitabilitas bisnis. Untuk mewujudkannya, brand dapat menggunakan digital monitoring tools untuk penunjang."

Customer focus merupakan strategi yang kerap digunakan brand untuk menjaga stabilitas bisnis. Strategi ini mengacu pada menjadikan kebutuhan pelanggan sebagai prioritas utama. Pelanggan yang puas dengan produk dan layanan yang disediakan brand akan cenderung menggunakan dan membeli produk secara berulang. Sehingga, sulit bagi pelanggan untuk berpaling ke kompetitor. Dengan strategi ini, mudah bagi brand untuk meningkatkan profit. Untuk melaksanakannya, perusahaan dapat menggunakan alat penunjang bernama digital monitoring tools.

Apa itu Digital Monitoring Tools?

Digital monitoring tools dapat dijadikan sebagai alat penunjang penerapan strategi bisnis customer focus. Digital monitoring tools merupakan perangkat lunak yang digunakan brand, perusahaan, atau institusi untuk memantau opini dan percakapan digital masyarakat di kancah digital. Percakapan ini dapat bersumber dari sosial media, forum online, blog, portal berita, televisi, atau printed media. Dengan menggunakan alat ini, suatu brand dapat mengukur sentimen masyarakat, mengetahui aktivitas kompetitor, dan melakukan antisipasi manajemen krisis digital.

Baca Juga: Jaga Reputasi Industri? Gunakan Digital Monitoring Tools!

Pengaruh Digital Monitoring Tools pada Penerapan Strategi Customer Focus

Berikut adalah pengaruh yang diberikan digital media monitoring pada penerapan strategi bisnis customer focus:

  • Analisis Sentimen Masyarakat

Digital monitoring tools memiliki fitur utama bernama analisis sentimen. Fitur ini dapat membantu bisnis mengukur suasana hati dan opini pelanggan terkait produk dan layanan yang ditawarkan. Dengan mengetahui sentimen masyarakat, brand dapat terus mengawasi perkembangan reputasi digital dan melakukan antisipasi krisis secara dini.

  • Penghimpunan Feedback Pelanggan

Fokus utama penggunaan digital monitoring tools adalah untuk menghimpun seluruh opini masyarakat, baik itu bersifat positif, negatif, maupun netral. Opini atau feedback masyarakat ini memungkinkan brand untuk merespon komplain, saran, dan opini masyarakat secara langsung. Sehingga, dapat berpengaruh pada kepuasan pelanggan.

  • Penyelesaian Krisis Digital Secara Proaktif

Digital monitoring tools memungkinkan brand untuk mendeteksi potensi krisis digital sebelum krisis tersebut menyebar. Brand dapat memantau percakapan dan sentimennya lebih awal, sehingga dapat langsung mencari jalan penyelesaian secara proaktif. 

  • Peningkatan Pemahaman terkait Pelanggan

Analisis percakapan digital yang dilakukan digital monitoring tools memungkinkan brand memiliki pemahaman mendalam terkait kebiasaan, tren, hingga preferensi pelanggan. Sehingga, brand dapat menggunakan informasi tersebut untuk menyusun strategi pemasaran dan pengembangan produk yang lebih relevan.

  • Interaksi Pelanggan yang Dipersonalisasi

Dengan memiliki pemahaman mendalam terkait kebiasaan, preferensi, dan tren di masyarakat lewat digital monitoring tools, brand dapat membangun teknik pemasaran dan alur komunikasi yang bersifat personal. Seperti membuat segmentasi konsumen berdasarkan kebiasaan dan minat, memungkinkan brand memiliki interaksi yang relevan. 

  • Pengambilan Keputusan Berdasarkan Data

Data yang dihasilkan digital monitoring tools bersifat tepat dan akurat. Sehingga, brand dapat mengambil setiap keputusan yang berkaitan dengan operasional bisnis berdasarkan data yang ada. Seperti menyempurnakan produk dan layanan, mengembangkan produk, hingga mengatur pemasaran yang relevan bagi pelanggan.

  • Fitur Analisis Kompetitor

Mengetahui aktivitas kompetitor lewat digital monitoring tools juga dapat membantu brand mengimplementasikan strategi customer focus pada bisnisnya. Mengetahui wawasan terkait posisi pasar dan persepsi pelanggan terhadap kompetitor dapat membantu bisnis mengidentifikasi kesenjangan dalam strategi pemasaran mereka. Sehingga, brand dapat langsung mengembangkan strategi menjadi lebih baik lagi.

  • Pengembangan Produk dan Layanan

Opini dan percakapan digital yang berhasil dianalisis melalui digital monitoring tools dapat membantu brand berinovasi dan meningkatkan produk dan layanan mereka. Memahami apa yang diinginkan masyarakat dapat mendorong perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan. Sehingga, pelanggan dapat merasa ‘didengar’ dan diperhatikan.

Baca Juga: Perdalam Sumber Penelitian Akademik dengan Digital Monitoring Tools! 

Ripple10 dari Ivosights: Digital Monitoring Tools Terbaik untuk Bisnis Anda!

Gunakan digital monitoring tools dari Ivosights untuk mengimplementasikan strategi customer focus bisnis Anda! Ripple10 merupakan digital monitoring tools yang sangat cocok untuk dipakai pelaku bisnis yang ingin menjaga reputasi brand-nya. Perangkat ini memiliki berbagai macam fitur yang saling melengkapi satu sama lain sehingga efektif untuk digunakan dalam memahami konsumen, mengetahui kompetisi dan tren pasar, juga mengawasi persepsi dan mengetahui respon masyarakat terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Ripple10 juga menawarkan fasilitas integrasi dengan software CRM (Customer Relationship Management), Sociomile. Dengan kedua perangkat ini, perusahaan dapat memaksimalkan penjagaan reputasi brand dengan baik. Tertarik? Segera hubungi Ivosights dan rasakan manfaatnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami