Tingkatkan Peluang Bisnis Menjelang Lebaran dengan Digital Monitoring

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 17 April 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.

"Menjelang lebaran, ada banyak peluang bisnis yang bisa didapat. Yuk, lakukan digital monitoring"

Menjelang Lebaran adalah waktu-waktu yang tepat bagi para pemilik bisnis untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis yang mereka miliki karena saat inilah waktu-waktu peningkatan permintaan. Selain itu, ada banyak peluang untuk membuka bisnis atau usaha baru saat Lebaran yang berpotensi laku dan menguntungkan. Namun, hal tersebut tentunya tidak mudah dan mengharuskan beberapa riset dan analisis agar tetap berjalan dengan lancar, disinilah peran digital monitoring dibutuhkan. Yuk, simak peningkatan peluang bisnis menjelang lebaran menggunakan digital monitoring!

Alasan Peluang Bisnis Meningkat saat Menjelang Lebaran

  • Pengeluaran Konsumen Meningkat 

Selama Lebaran, banyak umat Muslim melakukan tradisi “THR” yang melibatkan pemberian dan penerimaan uang sebagai hadiah untuk merayakan hari raya. Hal ini mengakibatkan peningkatan pengeluaran konsumen ketika orang membeli hadiah, pakaian, dan makanan untuk keluarga, teman, dan orang yang mereka cintai. Bisnis, terutama yang bergerak di sektor ritel, perhotelan, dan makanan, sering kali mengalami peningkatan penjualan selama musim liburan ini.

Baca Juga: Apa itu Word Cloud? Kenali Fungsinya untuk Aplikasi Digital Monitoring

  • Perjalanan dan Pariwisata

Lebaran adalah waktu ketika banyak umat Muslim melakukan perjalanan ke kampung halaman mereka atau berlibur bersama keluarga. Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan permintaan akan transportasi, akomodasi, dan layanan terkait pariwisata. Agen perjalanan, maskapai penerbangan, hotel, dan bisnis lain dalam industri pariwisata mungkin mengalami peningkatan bisnis selama waktu ini.

  • Makanan dan Katering

Idul Fitri adalah waktu ketika umat Muslim berkumpul bersama keluarga dan teman untuk merayakan, dan makanan memegang peranan sentral dalam perayaan ini. Banyak keluarga mengadakan open house, di mana mereka menyajikan berbagai makanan tradisional dan penuh semangat kepada tamu mereka. Akibatnya, bisnis yang terkait dengan makanan, seperti restoran, kafe, jasa katering, dan penjual makanan, mungkin mengalami peningkatan permintaan atas produk dan layanan mereka.

  • Pakaian dan Fashion

Umat Muslim sering kali membeli pakaian baru, terutama pakaian tradisional atau pakaian penuh semangat, untuk dipakai selama Lebaran sebagai cara untuk merayakan hari raya dan tampil maksimal. Akibatnya, bisnis yang berhubungan dengan pakaian dan fashion, seperti toko pakaian, penjahit, dan perancang busana, mungkin akan melihat peningkatan penjualan selama periode ini.

  • Hadiah dan Hampers

Memberikan dan menerima hadiah selama lebaran adalah tradisi umum, dan banyak orang bertukar hadiah sebagai cara untuk menunjukkan penghargaan dan memperkuat hubungan. Hal ini dapat menciptakan peluang bagi bisnis yang menjual hadiah, hampers, dan barang-barang perayaan untuk memenuhi permintaan yang meningkat selama musim liburan.

Cara Meningkatkan Peluang Bisnis saat Menjelang Lebaran dengan Digital Monitoring

  • Memonitor Kebutuhan Konsumen

Gunakan alat digital monitoring, seperti analitik situs web, media sosial, atau alat pemantauan kata kunci, untuk memahami kebutuhan dan preferensi konsumen saat menjelang Lebaran. Dengan memahami apa yang dicari konsumen, Anda dapat menyusun strategi pemasaran yang tepat untuk menarik mereka, seperti menawarkan produk atau layanan yang relevan, mengikuti tren terbaru, atau mengidentifikasi peluang pasar yang belum terpenuhi.

Baca Juga: Pahami Fitur Early Alert Notification pada Aplikasi Digital Monitoring

  • Mengoptimalkan Media Sosial

Media sosial dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis Anda saat menjelang Lebaran. Gunakan digital monitoring untuk memantau percakapan tentang bisnis Anda, produk atau layanan yang Anda tawarkan, serta pesaing Anda. Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk berinteraksi langsung dengan konsumen, menjawab pertanyaan, menanggapi komentar atau menghadirkan konten yang relevan dengan Lebaran untuk menarik perhatian konsumen potensial.

  • Melakukan Analisis Kompetitor 

Digital monitoring dapat membantu Anda mengawasi aktivitas pesaing Anda. Pantau kegiatan online pesaing Anda, seperti kampanye promosi, penawaran khusus, atau strategi pemasaran mereka. Dengan memahami apa yang pesaing Anda lakukan, Anda dapat mengidentifikasi peluang atau celah yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan peluang bisnis Anda. Anda juga dapat belajar dari strategi yang berhasil dari pesaing Anda dan mengadaptasinya ke dalam strategi pemasaran Anda sendiri.

  • Meningkatkan Kualitas Layanan Pelanggan

Digital monitoring dapat membantu Anda melacak umpan balik pelanggan, komentar, atau review tentang bisnis Anda. Pantau secara aktif apa yang dikatakan pelanggan tentang bisnis Anda di media sosial, ulasan online, atau platform testimonial. Jika ada masalah atau keluhan yang muncul, tanggapi dengan cepat dan profesional untuk mengatasi mereka. Memberikan pelayanan pelanggan yang berkualitas tinggi dapat meningkatkan reputasi bisnis Anda, memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan membantu memperoleh pelanggan yang setia.

Yuk, Gunakan Ripple10 untuk Pengalaman Digital Monitoring untuk yang Lebih Baik!

Alih-alih melakukan digital monitoring secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi kebanggan kami yang satu ini mampu melacak trending yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! 

Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami