Tantangan dalam Digital Monitoring, Apa Saja, Ya?

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 14 April 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.

"Ada beberapa tantangan dalam menjalani digital monitoring. Yuk, simak penjelasannya"

Digital monitoring adalah strategi yang dijalani oleh para pemilik bisnis saat ini yang memanfaatkan perkembangan teknologi dan internet. Digital monitoring itu sendiri merupakan kegiatan yang menguntungkan para pemilik bisnis dalam memantau dan memonitor kegiatan atau perkembangan masyarakat yang berhubungan dengan bisnis yang dijalani. Namun, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi dalam menjalaninya. Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya disini!

Alasan Digital Monitoring Diperlukan

  • Meningkatkan Keamanan dan Keberlanjutan 

Digital monitoring dapat membantu perusahaan untuk melindungi keberlanjutan operasional dan menjaga keberlanjutan bisnis dengan mengidentifikasi potensi ancaman keamanan seperti serangan siber, pelanggaran data, atau kebocoran informasi yang dapat merugikan perusahaan.

  • Mengelola Risiko dan Kepatuhan 

Digital monitoring dapat membantu perusahaan memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan kebijakan internal yang berlaku. Dengan memantau aktivitas digital, perusahaan dapat mengidentifikasi potensi pelanggaran, seperti penggunaan ilegal atau tidak etis dari perangkat dan sistem digital perusahaan, serta mengambil tindakan yang tepat untuk mengelola risiko yang terkait.

Baca Juga: Cara Memahami Audiens dengan Digital Monitoring Report

  • Meningkatkan Produktivitas 

Digital monitoring dapat membantu perusahaan mengoptimalkan produktivitas karyawan dengan memantau penggunaan perangkat dan sistem digital, serta mengidentifikasi penggunaan yang tidak efisien atau tidak relevan dari sumber daya digital perusahaan. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja.

  • Mengelola Penggunaan Aplikasi dan Internet 

Digital monitoring dapat membantu perusahaan untuk mengelola penggunaan aplikasi dan internet oleh karyawan untuk tujuan kerja. Dengan memantau aktivitas digital, perusahaan dapat mengidentifikasi penggunaan yang tidak relevan atau tidak produktif dari aplikasi atau internet yang dapat mengganggu kinerja karyawan atau mengurangi produktivitas.

Manfaat Digital Monitoring

  • Keamanan 

Digital monitoring dapat membantu dalam mendeteksi atau mencegah ancaman keamanan, seperti serangan siber, pencurian data, atau perilaku yang mencurigakan. Dengan memantau aktivitas digital, organisasi atau individu dapat mengidentifikasi potensi risiko atau pelanggaran kebijakan, dan mengambil langkah-langkah yang sesuai untuk melindungi diri mereka atau aset digital mereka.

  • Pengelolaan Reputasi 

Digital monitoring dapat membantu dalam memantau citra atau reputasi suatu entitas atau individu di dunia maya. Dengan memantau aktivitas online, termasuk komentar atau ulasan pengguna, dapat membantu dalam mengidentifikasi isu atau konten negatif yang dapat mempengaruhi reputasi dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengatasi atau meresponnya.

Baca Juga: Ini Cara Lakukan Digital Monitoring di Twitter, Wajib Tahu!

  • Analisis Pasar atau Pelanggan 

Digital monitoring dapat digunakan untuk memantau tren pasar, perilaku konsumen, atau preferensi pelanggan. Dengan memantau data digital, seperti perilaku pencarian online atau interaksi media sosial, dapat membantu dalam mengidentifikasi peluang bisnis, mengukur efektivitas kampanye pemasaran, atau memahami kebutuhan pelanggan.

Tantangan Digital Monitoring

  • Privasi dan Hak Individu 

Salah satu tantangan utama dalam digital monitoring adalah melibatkan privasi dan hak individu. Pemantauan aktivitas digital seseorang dapat melibatkan pengumpulan data pribadi, seperti informasi pribadi, preferensi, atau perilaku online. Oleh karena itu, harus mematuhi hukum dan regulasi yang berlaku terkait privasi, perlindungan data, dan hak individu, seperti undang-undang privasi data yang berlaku di wilayah tempat pemantauan dilakukan.

  • Teknik dan Keamanan 

Aspek teknis dan keamanan juga menjadi tantangan dalam digital monitoring. Teknologi pemantauan yang digunakan harus dikelola dengan baik, termasuk mengamankan data yang diperoleh, mencegah akses yang tidak sah atau peretasan, serta menjaga integritas data. Selain itu, tantangan keamanan melibatkan risiko terhadap serangan siber, ancaman data, atau penggunaan teknologi dengan niat jahat.

  • Transparansi dan Komunikasi

Transparansi dalam digital monitoring menjadi penting. Penting untuk berkomunikasi secara jelas dan transparan kepada individu yang dipantau tentang tujuan, metode, dan implikasi pemantauan. Penjelasan yang jelas dan komunikasi yang terbuka dapat membantu dalam membangun kepercayaan, menghindari ketidakpercayaan, atau konflik yang mungkin muncul terkait dengan pemantauan.

Yuk, Gunakan Ripple10 untuk Pengalaman Digital Monitoring yang Lebih Baik!

Alih-alih melakukan digital monitoring secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi kebanggan kami yang satu ini mampu melacak trending yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! 

Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami