6 Cara Gunakan Digital Monitoring Report untuk Analisis Pesaing

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 31 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.

"Digital monitoring report adalah laporan data yang dihasilkan dari proses pemantauan sumber online. Data ini juga bisa digunakan untuk analisis pesaing bisnis Anda."

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, penting bagi perusahaan untuk selalu mengawasi pesaing mereka. Memahami apa yang pesaing lakukan dan bagaimana masyarakat merespons tindakan mereka dapat memberikan keuntungan kompetitif yang besar. Salah satu cara untuk melakukan hal ini adalah dengan menggunakan digital monitoring report. Digital monitoring report memiliki atau mencakup banyak sekali data laporan, bahkan itu termasuk tentang pesaing. Data pesaing ini penting untuk melihat pertumbuhan mereka dan strategi apa yang mereka jalankan.

Apa itu Digital Monitoring Report?

Digital monitoring report adalah laporan yang dihasilkan dari proses digital monitoring, yaitu pengumpulan dan analisis data dari berbagai sumber online. Proses ini melibatkan penggunaan alat dan teknologi khusus, seperti social listening tools, sentiment analysis, dan keyword tracking, untuk memantau dan mengumpulkan data dari platform online yang berbeda. Data yang diambil meliputi mencakup berbagai aspek, seperti percakapan tentang merek atau produk pesaing, tanggapan masyarakat terhadap kampanye pemasaran mereka, dan umpan balik dari pelanggan tentang pengalaman mereka menggunakan produk atau layanan pesaing.

Dengan digital monitoring report, Anda dapat memahami bagaimana pesaing Anda dipersepsikan oleh masyarakat dan pelanggan. Anda dapat melihat sejauh mana performa pesaing dalam berbagai aspek bisnis mereka, seperti kepuasan pelanggan, popularitas merek, dan efektivitas kampanye pemasaran.

Bagaimana Digital Monitoring Report dapat melihat performa pesaing?

  • Analisis Sentimen

Salah satu cara untuk menggunakan digital monitoring report adalah dengan melakukan analisis sentimen terhadap percakapan tentang pesaing. Dengan menganalisis sentimen, Anda dapat mengetahui apakah masyarakat merespons secara positif, negatif, atau netral terhadap merek atau produk pesaing. Jika terdapat sentimen negatif, Anda dapat mencari tahu penyebabnya dan melihat apakah ada peluang bagi bisnis Anda untuk menarik pelanggan yang tidak puas dengan pesaing.

  • Kompetitor Analysis

Dengan menggunakan digital monitoring report, Anda dapat melakukan analisis terhadap pesaing Anda. Anda dapat memantau aktivitas mereka, seperti kampanye pemasaran, promosi, dan peluncuran produk baru. Dengan demikian, Anda dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan pesaing Anda, serta melihat perberbedaan mereka dengan bisnis Anda.

  • Pemantauan Keyword

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan digital monitoring report untuk memantau keyword tertentu yang terkait dengan pesaing Anda. Misalnya, Anda dapat memantau nama merek mereka atau produk tertentu yang mereka miliki. Dengan demikian, Anda dapat melihat bagaimana pesaing Anda tampil dalam hasil pencarian dan berapa banyak perhatian yang mereka dapatkan dari masyarakat.

Baca juga: 5 Tips Visualisasi untuk Data Report Perusahaan, dijamin Mudah Dibaca!

Cara Menggunakan Digital Monitoring Report untuk Analisis Pesaing

1. Tentukan Pesaing Utama

Langkah pertama adalah menentukan pesaing utama Anda. Identifikasi merek atau perusahaan lain yang beroperasi dalam pasar yang sama atau memiliki produk atau layanan yang serupa dengan bisnis Anda.

2. Lakukan Pemantauan Teratur

Lakukan pemantauan yang teratur terhadap percakapan dan aktivitas online pesaing Anda. Gunakan alat digital monitoring yang tepat untuk mengumpulkan data secara otomatis dan menyajikannya dalam bentuk laporan yang mudah dipahami. Untuk ini, Anda bisa menggunakan alat digital monitoring Ripple10.

3. Analisis Sentimen

Lakukan analisis sentimen terhadap percakapan tentang pesaing Anda. Identifikasi sentimen positif, negatif, dan netral yang terkait dengan merek atau produk mereka. Perhatikan apakah terdapat keluhan atau masalah yang muncul secara konsisten, dan pertimbangkan untuk memanfaatkan informasi ini dalam strategi pemasaran Anda. Gunakan digital listening yang andal seperti Ripple10.

4. Kompetitor Analysis

Lakukan analisis mendalam terhadap pesaing Anda. Perhatikan bagaimana mereka berbeda dari bisnis Anda dalam hal produk, harga, promosi, dan layanan. Carilah kekuatan dan kelemahan pesaing, serta peluang untuk membedakan diri dari mereka.

5. Pemantauan Keyword

Lakukan pemantauan terhadap keyword yang terkait dengan pesaing Anda. Perhatikan bagaimana pesaing tampil dalam hasil pencarian dan apakah mereka mendapatkan lebih banyak perhatian dari masyarakat. Jika Anda melihat bahwa pesaing Anda mendominasi pencarian untuk keyword tertentu, pertimbangkan untuk mengoptimalkan konten dan strategi SEO Anda untuk meningkatkan visibilitas online.

6. Ambil Tindakan

Setelah Anda mengumpulkan dan menganalisis data dari digital monitoring report, ambil tindakan yang sesuai. Perbaiki kelemahan bisnis Anda, manfaatkan peluang yang ada, dan gunakan wawasan dari laporan untuk menginformasikan strategi pemasaran dan bisnis Anda ke depan.

Baca juga: Cara Menghindari Vanity Metrics Masuk ke dalam Report

Gunakan Digital Monitoring Report dari Ivosights!

Digital monitoring report adalah alat yang sangat berguna untuk memahami performa pesaing Anda. Dengan melakukan cara-cara yang sudah diberikan di atas, Anda dapat memperoleh wawasan berharga tentang pesaing Anda dan bagaimana merek atau produk mereka dipersepsikan oleh masyarakat. Dengan informasi ini, Anda dapat mengambil tindakan yang tepat untuk meningkatkan strategi pemasaran dan bisnis Anda secara keseluruhan.

Untuk melakukan semua hal yang disebutkan di atas tentunya Anda juga membutuhkan sebuah alat digital listening yang dapat melakukan analisis sentimen, social listening, dan keyword tracking. Jangan khawatir, Anda bisa melakukan semua hal di atas dengan hanya satu alat, yaitu dengan Ripple10.

Ripple10 memungkinkan Anda melakukan analisis sentimen, keyword tracking, dan social listening dalam satu dashboard. Ini juga dapat menghasilkan data-data yang sangat penting, yaitu data digital monitoring report yang di dalamnya ada data performa kompetitor. Dari Ripple10 juga Anda akan bisa melihat akun-akun yang berpengaruh terhadap isu bisnis Anda atau bisnis kompetitor.

Alat digital listening akan menjadi masalah baru ketika Anda tidak dapat mengolah datanya, ini akan menjadi percuma atau bahkan mungkin malah menghasilkan interpretasi data yang salah. Untuk itu Anda harus menggunakan layanan jasa digital monitoring report dari Ivosights. Karena dengan menggunakan data digital monitoring dari Ivosights, Anda akan mendapatkan hasil analisis yang lengkap dan akurat.

Data report digital monitoring dari Ivosights terpercaya karena diolah oleh para ahli di bidangnya, analisis data juga dilakukan dengan menggunakan metode analisis yang relevan dan akurat. Tak hanya hasil analisis data, dengan menggunakan jasa data report digital monitoring dari Ivosights, Anda juga akan mendapatkan rekomendasi untuk strategi kampanye berikutnya. Jika Anda tertarik terhadap produk-produk di atas, yaitu Ripple10 dan digital monitoring report, atau mungkin produk Ivosights yang lainnya, Anda dapat menghubungi tim Ivosights segera!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami