Penjualan Menurun Saat Ramadan? Andalkan Digital Monitoring!

Ripple10


Penulis : Administrator - Rabu, 29 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.

"Tidak melulu sukses, ada kalanya penjualan menurun saat Ramadan. Yuk, andalkan digital monitoring agar hal ini tidak lagi menjadi masalah"

Ada kalanya penjualan dari bisnis tertentu mengalami penurunan saat Ramadan. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor pendukung sehingga hal ini terjadi. Ada banyak cara yang harus dilakukan pemilik bisnis agar keuntungan tetap bertambah meskipun penjualan menurun. Selain itu, persaingan bisnis yang ketat saat Ramadan menjadikan hal ini sebagai salah satu dampak dari banyaknya bisnis yang menjamur saat Ramadan. Untuk itu, diperlukan digital monitoring agar bisnis yang Anda miliki terhindar dari masalah ini. Yuk, simak penjelasan dalam artikel ini!

Alasan Mengapa Penjualan Menurun saat Ramadan

  • Tidak Sesuai Pasar

Saat Ramadan, ada beberapa bisnis yang sangat dicari oleh masyarakat. Hal ini membuat bisnis-bisnis lain yang tidak memiliki peranan besar dalam Bulan Suci ini mengalami kemunduran dari segi penjualan. Menurunnya penjualan tidak lain karena tidak sesuai target pasar saat Ramadan.

  • Memiliki Saingan yang Jauh Lebih Unggul

Selain tidak sesuai dengan target pasar, alasan lain mengapa penjualan menurun saat Ramadan juga bisa dikaitkan dengan saingan yang jauh lebih unggul dibandingkan bisnis yang dimiliki. Hal ini bisa dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti pesaing sudah memiliki nama yang besar sehingga dikenal baik oleh masyarakat atau pesaing memang memiliki citra yang baik saat Ramadan.

Baca Juga: Apa itu Word Cloud? Kenali Fungsinya untuk Aplikasi Digital Monitoring

  • Pelanggan Setia Berkurang

Pelanggan setia yang berkurang juga bisa menjadikan alasan mengapa penjualan menurun saat Ramadan. Meskipun alasannya tidak bisa dipastikan, tetapi pelanggan setia berkurang mungkin bisa didasari oleh kurang kreatifnya bisnis dalam menarik pelanggan saat Ramadan sehingga pelanggan setia beralih ke pemilik bisnis lain.

  • Tidak Melakukan Riset Terhadap Pasar Sebelum Melakukan Bisnis

Ada banyak pebisnis dadakan yang ingin ikut merasakan keuntungan besar saat Bulan Suci tiba. Namun, hal ini bisa berdampak pada penurunan penjualan yang hanya akan merugikan. Tidak melakukan riset pasar sebelum melakukan bisnis dan hanya ikut-ikutan tentunya tidak membuat bisnis yang dijalani untung.

Alasan Mengapa Bisnis Membutuhkan Digital Monitoring

Digital monitoring merupakan suatu proses pemantauan dan menganalisis aktivitas secara daring seperti pemantauan di dalam suatu media sosial, situs web, dan apa-apa saja yang telah dipublikasikan secara online yang mudah dilihat oleh masyarakat. Kegiatan yang satu ini sangat berguna bagi perusahaan untuk memahami analitik perilaku masyarakat serta untuk memantau kompetitor bisnis yang serupa. Berikut ini, kami akan menjelaskan secara singkat mengenai beberapa alasan mengapa bisnis membutuhkan digital monitoring:

  • Untuk Memantau Apa Saja yang Diperlukan Pelanggan

Alasan pertama mengapa bisnis membutuhkan digital monitoring adalah untuk memantau apa saja yang diperlukan oleh pelanggan. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan keuntungan bisnis karena sesuai dengan keinginan pasar.

  • Menganalisis Cara Menarik Minat Pelanggan

Alasan lain mengapa bisnis membutuhkan digital monitoring adalah untuk menganalisis cara menarik minat pelanggan dengan cara yang baik dan benar. Dengan menganalisis, pemilik bisnis akan lebih mudah dalam melakukan tindakan persuasif yang sesuai.

Baca Juga: Istilah dalam Digital Monitoring, Wajib Tahu!

  • Mengetahui Tren Terbaru saat Ramadan

Tren saat Ramadan biasanya banyak dan menjamur karena banyak orang ingin meramaikan datangnya Bulan Suci ini dengan hal-hal baru yang menarik. Ini bisa dimanfaatkan oleh bisnis dengan menggunakan digital monitoring sehingga kegiatan promosi dan pemasaran bisa disesuaikan dengan tren-tren Ramadan.

  • Menghindari Promosi Serupa dengan Pesaing

Alasan terakhir mengapa bisnis membutuhkan digital monitoring adalah untuk menghindari promosi serupa dengan pesaing. Ini bertujuan agar bisnis bisa tetap orisinil dan berbeda dari bisnis-bisnis lain.

Yuk, Beralih ke Ripple10 untuk Peningkatan Penjualan Saat Ramadan!

Alih-alih melakukan digital monitoring secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi kebanggan kami yang satu ini mampu melacak trending yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! 

Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya layanan WhatsApp Business API dan Ripple10!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami