Digital Monitoring Bagi Pemerintahan: Saring Keluhan Masyarakat

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 27 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.

"Bukan hanya untuk bisnis, intip manfaat digital monitoring bagi pemerintahan dalam artikel di bawah ini"

Seperti yang kita ketahui, digital monitoring memiliki banyak manfaat. Perannya dalam memantau dan menganalisis media sosial terhadap tujuan spesifik tertentu juga membuat kegiatan yang satu ini digunakan untuk berbagai bidang, mulai dari industri hiburan, bisnis, hingga pemerintahan. Tanpa adanya digital monitoring, akan sulit menemukan potensi terhadap sesuatu yang sedang dituju. Yuk, simak peran digital monitoring bagi pemerintahan.

Penjelasan Mengenai Digital Monitoring

Digital monitoring merupakan suatu kegiatan menganalisis dan pemantauan aktivitas masyarakat secara digital melalui media sosial, web, hingga forum. Kegiatan ini dilakukan untuk menganalisa perilaku masyarakat terhadap suatu tren, barang, hingga kegiatan sosial yang disebarluaskan secara daring. Kegiatan digital monitoring juga dilakukan untuk berbagai macam bidang, seperti hiburan, bisnis, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Kegiatan yang satu ini juga sangat bergantung terhadap masyarakat untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya, suatu bisnis makanan meluncurkan produk terbaru, tetapi mereka masih membutuhkan analisis dan riset lebih lanjut terhadap respon masyarakat setelah mengeluarkan produk tersebut, maka akan dilakukan digital monitoring untuk memantau respon masyarakat apakah produk tersebut mendapat respon positif atau sentimen negatif.

Baca Juga: Pahami Fitur Early Alert Notification pada Aplikasi Digital Monitoring

Alasan Pemerintahan Membutuhkan Digital Monitoring

  • Memantau Masyarakat di Media Sosial

Selain dengan melakukan pemantauan secara langsung, pemerintah melakukan digital monitoring adalah untuk memantau masyarakat secara daring atau lewat media sosial. Pemantauan secara daring ini dibutuhkan untuk melihat perilaku masyarakat mengenai pemerintahan sehingga salah satu tujuannya adalah akan lebih mudah untuk menemukan buzzer atau orang-orang yang melakukan kegiatan persuasif yang negatif mengenai pemerintahan.

  • Untuk Menganalisis Percakapan Masyarakat Mengenai Pemerintah

Percakapan masyarakat di media sosial merupakan salah satu yang termudah untuk melihat dan menganalisis apakah mereka mengatakan sesuatu yang baik atau buruk mengenai pemerintahan. Dengan kegiatan digital monitoring, pemerintah dapat dengan mudah menganalisis percakapan masyarakat mengenai pemerintahan.

  • Mengetahui Sentimen Terkini Masyarakat Terhadap Pemerintah

Masyarakat tentu memiliki sentimen positif dan negatif mengenai pemerintah. Menggunakan digital monitoring akan mempercepat kegiatan pemerintah dalam memantau dan mengetahui sentimen yang ada di masyarakat akhir-akhir ini.

Manfaat Digital Monitoring bagi Pemerintahan

  • Menyaring Pendapat dan Keluhan Masyarakat

Media sosial adalah satu tempat yang paling mudah bagi masyarakat untuk menyaring pendapat dan keluhan terhadap pemerintah. Memiliki banyak pengguna, akan lebih mudah bagi kita dalam menyampaikan sesuatu dan memiliki dukungan dari orang lain. Untuk itu, salah satu manfaat digital monitoring bagi pemerintahan adalah menyaring pendapat dan keluhan masyarakat mengenai pemerintahan.

  • Mempercepat Pemberian Tanggapan kepada Masyarakat di Media Sosial

Beberapa minggu lalu, media sosial sempat heboh mengenai pengenaan pajak atas piala kontes menyanyi terhadap WNI di Jepang oleh petugas bea cukai. Hal ini menjadi perbincangan lantaran banyaknya masyarakat awam yang tidak mengetahui dan tidak setuju adanya peraturan ini. Dengan menggunakan digital monitoring, pihak bea cukai dapat dengan mudah memberikan tanggapan kepada masyarakat di media sosial mengenai hal ini sehingga dapat dengan mudah menyelesaikan kesalahpahaman yang ada.

Baca Juga: Cara Melakukan Digital Monitoring di Instagram, Wajib Tahu!

  • Menghindari Hoax yang Tersebar di Media Sosial

Hoax atau penyebaran berita yang tidak sesuai fakta memang dapat dengan mudah menjalar di media sosial. Manfaat lain dengan menggunakan digital monitoring, pemerintah dapat dengan mudah menghindari hoax yang tersebar di media sosial sehingga dapat meluruskan fakta yang ada mengenai pemerintahan.

  • Sebagai Report Mengenai Opini dan Gagasan dari Masyarakat 

Opini dan gagasan masyarakat juga biasanya disebarluaskan dengan bebas di media sosial. Dengan digital monitoring hal ini bisa memudahkan pihak pemerintahan sebagai bahan report yang nantinya bisa akan dipilah dan disortir lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Gunakan Ripple10 untuk Digital Monitoring yang Lebih Baik!

Alih-alih melakukan digital monitoring secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi kebanggan kami yang satu ini mampu melacak trending yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! 

Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami