Alasan Digital Monitoring Sangat Penting untuk Bisnis di Bulan Ramadhan

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 17 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.

"Digital monitoring sangat penting bagi pertumbuhan bisnis terutama saat bulan ramadhan. Yuk, simak penjelasannya di artikel di bawah ini!"

Ramadan adalah salah satu bulan suci yang dirayakan oleh umat muslim dengan melakukan kegiatan berpuasa selama 30 hari. Saat Ramadan, ada banyak bisnis yang akan sangat diuntungkan karena naiknya permintaan yang lebih besar jika dibandingkan dengan bulan lain selain Ramadan, beberapa diantaranya adalah bisnis makanan dan minuman. Dengan menggunakan digital monitoring, bisnis-bisnis tersebut dapat dengan mudah menjangkau target saat bulan Ramadan.

Penjelasan Mengenai Digital Monitoring

Digital monitoring adalah suatu proses kegiatan menganalisis dan memantau informasi yang telah disebarkan melalui media sosial, website, atau tempat-tempat lain yang mudah dijangkau oleh masyarakat. Dengan menggunakan digital monitoring, bisnis dapat dengan mudah menjangkau target pasar yang sesuai sehingga produk atau layanan jasa bisa lebih laku dan diterima di kalangan masyarakat. 

Banyak bisnis yang akan sangat diuntungkan dengan menggunakan teknik digital monitoring seperti bisnis pakaian, makanan, hingga bisnis hiburan. Singkatnya, digital monitoring sangat berguna untuk memastikan brand yang mereka miliki dapat sesuai target pasaran serta dapat memaksimalkan penjualan dengan melihat perilaku masyarakat.

Baca Juga: Pahami Fitur Early Alert Notification pada Aplikasi Digital Monitoring

Media Sosial yang Cocok untuk Digital Monitoring

  • Instagram

Aplikasi yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan target digital monitoring karena memiliki banyak pengguna dan tersebar di seluruh dunia. Selain itu, Instagram memiliki banyak fitur yang akan memudahkan kegiatan digital monitoring seperti adanya tagar yang seringkali digunakan orang untuk menunjukkan sesuatu seperti makanan atau tempat wisata yang sedang mereka kunjungi. Selain itu, Instagram juga memiliki halaman yang bisa dilihat oleh penggunanya di seluruh dunia yaitu explore. Disana, kamu dapat memanfaatkan peluang bisnis untuk melakukan digital monitoring untuk tren apa saja yang sedang banyak dibicarakan atau dilakukan oleh masyarakat.

  • TikTok

Siapa yang tidak mengenal aplikasi TikTok? Aplikasi yang satu ini sekarang menjadi kiblat untuk tren dan challenge yang populer di kalangan masyarakat. Melakukan digital monitoring di TikTok, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan selain melihat perilaku masyarakat. Kamu akan dengan mudah melihat apa yang sedang viral akhir-akhir ini karena TikTok memiliki tagar yang sedang trending saat ini.

  • Twitter  

Twitter juga salah satu aplikasi yang memudahkan kegiatan digital monitoring. Aplikasi yang satu ini memiliki banyak fitur yang bisa memantau apa saja yang sedang dilakukan atau banyak dibicarakan di kalangan masyarakat. Tagar atau trending di Twitter menjadi salah satu acuan para pebisnis untuk melihat perilaku masyarakat apakah ada berita atau sesuatu hal yang menarik sehingga bisa trending di masyarakat. 

Alasan Digital Monitoring Sangat Penting untuk Bisnis Saat Ramadan

Ramadan adalah bulan yang sangat membawa berkah untuk umat muslim dan sekitarnya. Pasalnya, di bulan ini ada banyak bisnis yang ‘kecipratan’ untung dan laku pada produk yang mereka jual. Banyaknya iklan yang berbau ramadhan juga meningkatkan permintaan terutama di bidang makanan hingga pakaian. Berikut ini, kami akan menjelaskan alasan digital monitoring sangat penting untuk bisnis saat Ramadan:

  • Melihat Tren Terbaru Selama Ramadan

Digital monitoring yang tepat akan membawamu melihat tren terbaru selama Ramadan. Biasanya, di bulan suci ini akan ada banyak jenis tren baru yang dilakukan oleh masyarakat seperti challenge atau OOTD terbaik untuk lebaran. Kreasi makanan yang simpel tetapi mengenyangkan untuk sahur juga biasanya menjadi tren paling banyak ditonton oleh masyarakat. Tren-tren tersebut inilah yang akan membawa kegiatan digital monitoring menjadi lebih bermanfaat terutama untuk relasi bisnis dengan tren tersebut.

Baca Juga: Cara Memahami Audiens dengan Digital Monitoring Report

  • Meningkatkan Penjualan dengan Target Audiens yang Sesuai

Digital monitoring tentu akan meningkatkan penjualan dengan target audiens yang sesuai, terutama saat Ramadan. Perusahaan dapat melihat media sosial mana yang sesuai dengan penjualan produk yang sedang dijalani. Dengan begitu, perusahaan dapat dengan mudah menyebarkan iklan dan promosi yang sesuai dengan target audiens per masing-masing media sosial.

  • Meningkatkan Brand Awareness Selama Ramadan

Akan ada brand-brand yang sangat diminati dan dicari selama ramadhan seperti sirup Marjan, biskuit Khong Guan, dan lain-lain. Dengan digital monitoring, brand-brand tersebut bisa semakin meningkatkan brand awareness mereka selama ramadhan dan tentunya akan menghasilkan dampak positif seperti meningkatnya penjualan.

Melakukan digital monitoring memang tidak mudah, tetapi dengan menggunakan Ripple10, kamu akan lebih mudah memantau tren-tren terkini dan meningkatkan brand awareness di kalangan masyarakat. Yuk, hubungi Ivosights sekarang juga untuk mendapatkan layanan yang satu ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami