Yuk, Gunakan Template Kreatif agar Bisnis Tetap Lancar di Ramadan!

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Rabu, 29 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Template creative. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Template creative. Shutterstock.

"Bisnis saat Ramadan memiliki persaingan yang cukup ketat. Untuk itu, yuk, gunakan template kreatif agar bisnis tetap lancar saat Ramadan"

Persaingan bisnis yang ketat saat Ramadan membuat banyak pemilik bisnis berlomba-lomba membuat sesuatu yang menarik perhatian pelanggan agar bisnis mereka tetap laku dan memiliki banyak pelanggan setia. Hal ini juga dilakukan semata-mata agar bisnis mereka tidak tertimpa bisnis milik orang lain serta keuntungan tetap mereka dapatkan di Bulan Suci ini. Ada banyak cara yang pemilik bisnis lakukan, salah satunya adalah menggunakan template kreatif untuk menarik minat pelanggan. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu Template Kreatif?

Template kreatif adalah sebuah template yang digunakan untuk menarik perhatian pelanggan agar sebuah produk atau barang menjadi lebih menarik saat dipromosikan. Template kreatif juga digunakan dalam kegiatan pemasaran agar para pelanggan mengetahui tentang apa yang sedang dipromosikan serta memiliki tujuan utama agar para pelanggan tertarik sehingga menimbulkan keuntungan dan respon yang positif. Template kreatif ini bisa digunakan dalam sebuah pesan otomatis di WhatsApp Business atau pada caption di media sosial. 

Biasanya, pemilik bisnis menggunakan template kreatif sebagai sebuah salam atau greetings utama jika ada pelanggan yang melakukan pemesanan pertama kali. Tanpa template kreatif, pemilik bisnis tentu akan kesulitan jika harus menulis kembali pesan atau salam utama dalam berinteraksi perdana dengan pelanggan. Singkatnya, template kreatif memiliki tujuan agar pelanggan merasa lebih tertarik terhadap suatu produk, barang, atau layanan jasa suatu bisnis.

Baca Juga: Apa Saja Digital Monitoring Tools yang Berguna?

Manfaat Penggunaan Template Kreatif

  • Menumbuhkan Rasa Penasaran Pelanggan

Template kreatif memiliki manfaat utama yaitu untuk menumbuhkan rasa penasaran pelanggan karena biasanya, dalam sebuah template akan disisipkan sebuah promo khusus yang menjadi daya tarik utama.

  • Membuat Pelanggan Tertarik

Selain untuk menumbuhkan rasa penasaran pelanggan, penggunaan template kreatif ini juga bertujuan untuk membuat pelanggan tertarik karena template hadir saat mereka melakukan pemesanan pertama.

  • Sebagai Pesona dan Keunggulan Brand

Sebuah brand tentunya menggunakan template kreatif untuk menunjukkan pesona dan keunggulan mereka agar mampu menyapa dengan baik pelanggan yang ingin memesan. Tanpa template kreatif, pemilik bisnis tidak memiliki daya tarik yang ditonjolkan kepada pelanggan.

  • Ajakan Persuasif yang Menarik

Salah satu manfaat dan tujuan utama dari penggunaan template kreatif adalah untuk melakukan persuasif dengan cara menarik. Template biasanya juga berisikan ajakan seperti “yuk, bergabung sekarang untuk mendapatkan diskon 50%” dan lain-lain.

Cara Menulis Template Kreatif yang Baik dan Benar saat Ramadan

  • Melakukan Digital Monitoring Terlebih Dahulu

Melakukan digital monitoring bukan hanya untuk melihat perilaku masyarakat atau tren-tren terkini saja. Kegiatan yang satu ini juga bisa dilakukan untuk melihat para pesaing dalam menuliskan template kreatif mereka sehingga pemilik bisnis dapat membuat pertimbangan sebelum menulis template.

  • Memasukkan Nilai-Nilai Islami

Ada baiknya penulisan template kreatif saat Ramadan memasukkan nilai-nilai islami agar Umat Muslim dapat menilai dan menumbuhkan rasa penasaran terhadap produk-produk yang dijual.

Baca Juga: Istilah dalam Digital Monitoring, Wajib Tahu!

  • Memberikan Diskon dan Promo Khusus Ramadan

Ramadan adalah saat yang tepat untuk memberikan banyak diskon dan promo khusus sehingga mampu menaikkan penjualan untuk bisnis. Tidak ada salahnya menaruh diskon dan promo khusus Ramadan pada template kreatif bisnis Anda.

  • Masukkan Foto dan Video yang Menarik

Bersamaan dengan adanya template, masukkanlah foto dan video yang memiliki unsur Ramadan agar lebih menarik perhatian pelanggan.

Yuk Bagikan Template Kreatif Bisnismu Menggunakan WhatsApp Business!

Jika Anda ingin bisnis berjalan lancar, gunakanlah WhatsApp Business API! Ivosights akan membantu Anda dalam proses dan layanan WhatsApp Business API agar urusan Anda jadi jauh lebih mudah. Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan saat berlangganan WhatsApp Business API adalah akun verified yang akan menambahkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda, integrasi ke CRM, dashboard untuk melakukan bulk messaging, hingga adanya report untuk campaign bisnis yang Anda jalani. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya layanan WhatsApp Business API!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami