Pentingnya Mengintegrasikan Chatbot dengan Artificial Intelligence

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 28 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock

"Tingkatkan interaksi dengan pengguna melalui chatbot cerdas yang dibekali dengan teknologi artificial intelligence"

Perkembangan era kini memunculkan produk teknologi terkini berupa chatbot dan artificial intelligence (AI). Penggunaan dua produk ini semakin populer dalam berbagai sektor bisnis, termasuk layanan pelanggan. Ini disebabkan karena adanya potensi besar dari kedua produk ini untuk meningkatkan efisiensi dan kepuasan pengguna. Selain membahas pentingnya pengintegrasian chatbot dengan AI, kami juga akan menyajikan informasi berupa pengertian serta perbedaan mendasar antar keduanya.

Pengertian Chatbot

Chatbot didefinisikan sebagai sebuah program buatan komputer yang dirancang untuk dapat berkomunikasi dengan manusia dalam bahasa sehari-hari. Chatbot juga dapat dimanfaatkan untuk memberikan informasi, menjawab pertanyaan, dan memberikan layanan personal kepada pelanggan perusahaan. Untuk dapat beroperasi, chatbot menggunakan mekanisme berdasarkan aturan yang telah ditentukan dan artificial intelligence (AI) untuk memahami dan merespons keinginan pengguna yang bersifat lebih kompleks.

Pengertian Artificial Intelligence

Serupa dengan chatbot, artificial intelligence atau kecerdasan buatan adalah sebuah cabang ilmu komputer yang berfungsi mengembangkan sistem yang membutuhkan kecerdasan manusia. Teknologi AI mencakup pembelajaran mesin (machine learning), pemrosesan bahasa alami (natural language processing), pengenalan suara (voice recognition), dan sejumlah teknik lainnya.

Baca juga: Chatbot dan Artificial Intelligence, Apa Perbedaan Keduanya?

Perbedaan antara Chatbot dan Artificial Intelligence

Meskipun chatbot dan artificial intelligence saling terkait, keduanya memiliki perbedaan yang cukup dasar. Berikut ini adalah beberapa perbedaan utama antara chatbot dan artificial intelligence:

  • Fungsi Utama

Chatbot berfokus pada komunikasi dengan pengguna dalam bentuk percakapan. Chatbot juga dirancang untuk memberikan respons dan layanan berdasarkan feedback dari penggunanya. Sementara itu, artificial intelligence menggabungkan berbagai teknologi dan metode untuk menciptakan kecerdasan buatan yang dapat memecahkan masalah dan melaksanakan tugas yang diminta penggunanya.

  • Kemampuan Pemrosesan

Lalu, chatbot biasanya mengaplikasikan aturan yang telah ditentukan sebelumnya atau skrip terprogram untuk merespons masukan pengguna. Kemampuan chatbot juga terbatas dan kurang bisa merespons pertanyaan kompleks. Di sisi lain, artificial intelligence memiliki kemampuan pemrosesan data yang lebih canggih dan dapat belajar dari pengalaman serta beradaptasi dengan situasi yang baru.

  • Kompleksitas Respons

Terakhir, chatbot cenderung memberikan respons secara sederhana. Respons chatbot ini sering terbatas pada kumpulan pertanyaan dan jawaban yang telah diprogram di dalamnya. Sementara itu, artificial intelligence lebih mampu memberikan respons lebih kompleks dan dapat memahami bahasa alami serta konteks percakapan yang lebih luas.

Baca juga: Cara Menggunakan Artificial Intelligence pada Contact Center

Manfaat Mengintegrasikan Chatbot dengan Artificial Intelligence

Jika Anda melakukan integrasi chatbot dengan artificial intelligence, Anda akan mendapatkan sejumlah manfaat untuk perkembangan perusahaan Anda. Manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Peningkatan Efisiensi

Mengintegrasikan chatbot dengan AI dapat menjadikan chatbot lebih canggih untuk merespons berbagai pertanyaan kompleks yang diajukan penggunanya. Kemampuan yang didapatkan dari AI membuat chatbot dapat memahami bahasa secara lebih baik, mengenali pola percakapan, dan memberikan respons yang lebih tepat dan relevan. Dengan begitu, perusahaan tidak terlalu membutuhkan adanya agen manusia untuk mendampingi chatbot dalam penggunaannya.

  • Peningkatan Pengalaman Pengguna

Kedua, integrasi chatbot dengan artificial intelligence memungkinkan pengguna semakin nyaman untuk berinteraksi dengan chatbot. Chatbot juga dapat memahami preferensi pengguna, memberikan rekomendasi yang bersifat personal, serta menyediakan solusi yang relevan dengan kebutuhan penggunanya.

  • Analisis dan Pemahaman Data

Integrasi AI dalam chatbot memungkinkan pengumpulan dan analisis data yang lebih canggih. Dengan menggunakan teknik natural language processing dan machine learning, chatbot dapat menganalisis percakapan pengguna, mengidentifikasi pola, dan menghasilkan informasi-informasi penting lainnya. Data-data yang terkumpul ini nantinya akan digunakan untuk memahami preferensi pelanggan, memperbaiki respons dan layanan, serta mengidentifikasi peluang bisnis baru.

Kini Telah Hadir, Chatbot Berbasis Artificial Intelligence

Melakukan integrasi chatbot dengan artificial intelligence dapat memberikan manfaat-manfaat di atas bagi perusahaan Anda. Penting bagi Anda untuk memilih platform chatbot yang mendukung integrasi AI. Dengan mengikuti langkah ini, Anda dapat mengoptimalkan kinerja chatbot di perusahaan Anda.

Salah satu platform chatbot yang mendukung integrasi AI bisa Anda dapatkan di Ivosights. Kami menyediakan sebuah layanan contact center Sociomile yang dilengkapi dengan sistem chatbot bernama Sociobot. Sociobot merupakan sebuah layanan chatbot berbasis artificial intelligence sehingga terbukti lebih canggih dibandingkan chatbot biasa.

Chatbot ini juga dapat memahami dan memproses permintaan pengguna, serta memberikan jawaban yang relevan dengan cepat. Dengan chatbot ini, Anda dapat meningkatkan efisiensi operasional layanan pelanggan sekaligus memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan perusahaan Anda. Layanan pelanggan yang baik akan menaikkan tingkat penjualan produk dan layanan perusahaan

Nah, apakah Anda berminat? Lakukan pertimbangan bersama tim kerja Anda dengan baik untuk memilih Sociobot. Anda juga dapat menghubungi tim kami untuk mendapatkan informasi lengkap terkait layanan yang satu ini.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami