Kenali Lebih Dekat Fitur OCEAN Analysis dalam Digital Listening Tools

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 05 September 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital listening tools. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital listening tools. Shutterstock

"Ingin tahu lebih banyak tentang fitur OCEAN Analysis dalam digital listening tools? Temukan definisi, manfaat, dan langkah-langkah penggunaannya dalam artikel ini"

Dalam dunia yang semakin terhubung, memahami apa saja yang dikatakan konsumen tentang brand atau produk yang disediakan oleh bisnis Anda di platform digital sangatlah penting untuk diperhatikan. Untuk memantau dan menganalisis percakapan pelanggan bisnis Anda di dunia digital, gunakan sebuah alat pembantu sepertiĀ  digital listening tools. Digital listening tools juga dibekali dengan beberapa fitur pelengkap, salah satunya adalah OCEAN Analysis. Untuk mengenal lebih jauh mulai dari pengertian hingga manfaat menggunakan fitur ini, silakan simak dahulu artikel di bawah ini.

Definisi dari Digital Listening Tools

Digital listening tools adalah sebuah software atau platform yang dapat digunakan untuk memantau, menganalisis, dan merespons percakapan yang terjadi di berbagai platform digital seperti media sosial, forum, blog, dan lainnya. Umumnya, penggunaan digital listening tools ditujukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang sentimen, preferensi, dan kebutuhan pelanggan. Melalui tools ini, bisnis dapat mengetahui secara langsung berbagai umpan balik pelanggan dan tren yang berkembang dalam dunia digital.

Apa Itu OCEAN Analysis dalam Digital Listening Tools?

Sementara itu, OCEAN Analysis merupakan salah satu fitur yang dibekali ke dalam digital listening tools. Singkatan OCEAN merujuk kepada lima dimensi kepribadian manusia yang meliputi Openness, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, dan Neuroticism. OCEAN Analysis mampu melakukan analisis dan menggambarkan kepribadian dan audiens berdasarkan percakapan dan interaksi online mereka.

Baca juga: Ocean Framework: Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya

Beberapa Dimensi yang Dianalisis dengan Fitur OCEAN Analysis

Berikut ini adalah beberapa dimensi yang dianalisis dengan fitur OCEAN Analysis:

  • Openness

Dimensi openness mengukur sejauh mana seseorang merasa terbuka terhadap pengalaman baru, gagasan, dan kreativitas. Dengan menggunakan dimensi ini dalam OCEAN analysis, Anda dapat mengidentifikasi apakah audiens bisnis Anda cenderung memiliki pandangan yang terbuka atau lebih konservatif tentang topik tertentu dalam percakapan mereka secara digital.

  • Conscientiousness

Kemudian ada dimensi conscientiousness yang menunjukkan sejauh mana seseorang cermat, teratur, dan memiliki kendali diri. Dengan menerapkan dimensi ini dalam OCEAN Analysis, Anda dapat mengetahui apakah audiens lebih mengutamakan kualitas dalam pembicaraan mereka atau cenderung spontan dan santai.

  • Extraversion

Dimensi extraversion dalam OCEAN Analysis mencerminkan sejauh mana seseorang energik, ramah, dan berkomunikasi dengan mudah. Memperhatikan dimensi ini dalam OCEAN Analysis akan memudahkan Anda untuk mengidentifikasi apakah audiens bisnis lebih ekstrovert dan cenderung aktif di platform online atau sebaliknya.

  • Agreeableness

Aspek agreeableness menunjukkan sejauh mana seseorang bersikap kooperatif, ramah, dan ingin membantu orang lain. Melalui fitur OCEAN Analysis, Anda dapat mengenali audiens mana saja yang bersikap positif dan kooperatif dalam percakapan digital.

  • Neuroticism

Terakhir adalah dimensi neuroticism yang mencerminkan sejauh mana seseorang emosional dan rentan terhadap perubahan suasana hati. Dengan OCEAN Analysis, Anda dapat mengidentifikasi audiens mana yang cenderung lebih sensitif dan menunjukkan perasaan negatif dalam percakapan mereka.

Keunggulan Fitur OCEAN Analysis dalam Digital Listening Tools

Berikut ini adalah tujuh keunggulan utama dari fitur OCEAN Analysis dalam digital listening tools:

  • Pemahaman Mendalam tentang Konsumen

Fitur OCEAN Analysis memudahkan Anda, sebagai pihak bisnis, untuk memahami konsumen Anda dengan lebih mendalam. Lima dimensi ini dapat memberikan informasi mendalam tentang preferensi, sikap, dan perilaku konsumen sehingga Anda dapat merancang strategi pemasaran yang lebih efektif.

  • Personalisasi Konten yang Lebih Baik

Berusaha memahami kepribadian konsumen melalui OCEAN Analysis membuat pihak bisnis Anda menyediakan konten terkait pesan, tawaran, dan kampanye yang lebih personal dan relevan dengan preferensi dan kecenderungan masing-masing individu. Dengan begitu, keterlibatan dan respons positif dari pelanggan Anda akan meningkat.

  • Pengenalan Tren dan Peluang

Fitur ini memudahkan Anda untuk mengidentifikasi perkembangan tren dan peluang yang ada di pasar. Dengan menganalisis perilaku konsumen dalam lima jenis dimensi OCEAN, Anda dapat mengidentifikasi tren konsumen dan memanfaatkan situasi ini untuk mengambil tindakan proaktif.

  • Segmentasi Pasar yang Lebih Akurat

Kemudian, fitur OCEAN Analysis memudahkan bisnis Anda untuk melakukan segmentasi pasar secara lebih akurat. Dengan ini, semua konsumen dapat dikelompokkan masing-masing berdasarkan dimensi kepribadian yang relevan. Hal ini juga akan membantu Anda dalam mengidentifikasi segmen pasar yang paling berpotensi dan merancang strategi yang sesuai.

  • Peningkatan Retensi Pelanggan

Dengan memahami dimensi neuroticism dan agreeableness konsumen melalui OCEAN Analysis, Anda dapat merancang strategi retensi pelanggan dengan lebih baik. Selain itu, Anda juga dapat mengidentifikasi faktor apa saja yang memengaruhi loyalitas pelanggan dan mencari cara untuk memperkuat hubungan jangka panjang dengan mereka.

  • Pengukuran Efektivitas Kampanye

Fitur OCEAN Analysis memudahkan Anda untuk mengukur efektivitas kampanye bisnis dengan lebih akurat. Dengan begitu, Anda dapat melihat bagaimana berbagai dimensi kepribadian memengaruhi respons dan interaksi konsumen terhadap kampanye pemasaran bisnis Anda. Selain itu, fitur ini juga membantu Anda melakukan penyesuaian yang diperlukan.

  • Inovasi Produk yang Lebih Baik

Dengan memahami apa saja preferensi dan kecenderungan pelanggan melalui fitur ini, Anda dapat merancang produk bisnis supaya jadi lebih inovatif dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Anda juga dapat mengidentifikasi kekosongan dalam pasar dan mengembangkan solusi yang lebih relevan.

Baca juga: 8 Tipe Pelanggan yang Harus Diketahui Telesales!

Langkah-Langkah Gunakan Fitur OCEAN Analysis dalam Digital Listening Tools

Berikut ini adalah sejumlah langkah-langkah dalam menggunakan fitur OCEAN Analysis dalam digital listening tools:

  • Pilih Platform yang Mendukung OCEAN Analysis

Pastikan platform digital listening tools yang bisnis Anda gunakan sudah memiliki kemampuan untuk menganalisis dan menginterpretasikan data berdasarkan dimensi OCEAN. Pertimbangkan juga untuk memilih platform yang dapat menghasilkan laporan dan visualisasi yang jelas mengenai aspek-aspek kepribadian dalam OCEAN Analysis ini.

  • Kumpulkan Data Dari Berbagai Sumber

Kemudian, lakukan pengumpulan data terkait dimensi OCEAN ini dari berbagai sumber, seperti media sosial, platform online, survei pelanggan, dan interaksi langsung.

  • Gunakan Algoritma Analisis yang Terpercaya

Gunakan algoritma analisis yang terpercaya untuk menghitung skor OCEAN konsumen dari data-data yang telah dikumpulkan tadi. Dengan begitu, algoritma ini akan membantu Anda untuk menganalisis kata-kata, frasa, dan pola perilaku untuk mengidentifikasi dimensi kepribadian yang relevan menurut OCEAN Analysis.

  • Interpretasikan Hasil dengan Cermat

Setelah algoritma berhasil menghasilkan skor akhir OCEAN, interpretasikan hasilnya dengan cermat. Perhatikan bagaimana skor masing-masing dimensi mewakili kepribadian pelanggan bisnis. Hasil akhir OCEAN Analysis ini akan membantu Anda untuk memahami preferensi, sikap, dan perilaku pelanggan bisnis secara lebih mendalam.

  • Bandingkan dengan Data Lain

Bandingkan hasil OCEAN Analysis dengan data-data lain yang Anda miliki, seperti data demografis, pembelian sebelumnya, dan histori interaksi. Menggunakan jenis-jenis data ini akan memberikan Anda pandangan yang lebih lengkap tentang pelanggan bisnis.

  • Identifikasi Pola dan Tren

Analisalah pola dan tren hasil OCEAN Analysis. Apakah ada pola tertentu dalam perilaku atau preferensi konsumen berdasarkan dimensi OCEAN tertentu? Identifikasi tren ini untuk mengambil langkah-langkah strategi bisnis yang akan digunakan berikutnya.

  • Terapkan pada Strategi Pemasaran

Kemudian, gunakan informasi dari hasil OCEAN Analysis ini untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif. Sesuaikan pesan, tawaran, dan konten dengan preferensi pelanggan bisnis Anda yang diungkapkan melalui dimensi OCEAN.

  • Uji dan Evaluasi Secara Berkala

Seperti halnya dengan semua strategi bisnis, lakukan pengujian dan evaluasi hasil dari penggunaan fitur OCEAN Analysis secara berkala. Jangan lupa untuk memantau respons konsumen terhadap strategi bisnis yang telah Anda rancang dan lakukan penyesuaian bila diperlukan.

  • Pelajari dari Pengalaman

Terakhir, pelajari pengalaman dan perhatikan setiap feedback yang diberikan oleh pelanggan. Terapkan pengetahuan ini pada penggunaan fitur OCEAN Analysis berikutnya.

Dapatkan Fitur OCEAN Analysis dalam Digital Listening Tools Andalan dari Ivosights

Setelah membaca penjelasan di atas, tentunya Anda dapat mengenal fitur OCEAN Analysis ini secara mendalam. Fitur ini sangat berguna dalam membantu Anda menganalisis perilaku pelanggan Anda, mulai dari kepribadian hingga preferensinya. Dengan begitu, Anda dapat mempersonalisasikan konten strategi bisnis Anda secara lebih baik.

Seperti yang telah dibicarakan di atas, Anda bisa mendapatkan fitur OCEAN Analysis ini dalam platform digital listening tools, salah satunya Ripple10. Tools satu ini dibekali dengan sejumlah kegunaan untuk menganalisis sentimen pelanggan, perusahaan kompetitor bisnis, audiens bisnis, hingga menggunakan metode OCEAN Analysis untuk menganalisis karakteristik pelanggan Anda. Untuk mengetahui keunggulan lainnya dari platform satu ini, silakan hubungi tim Ivosights. Anda juga bisa meminta untuk melakukan demo sistem Ripple10 ini secara langsung!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami