Ocean Framework: Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Selasa, 27 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Ocean framework. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Ocean framework. Shutterstock.

"Ocean framework adalah metode yang digunakan untuk menilai dan meningkatkan pengalaman pelanggan"

Pada setiap bisnis dan instansi dibutuhkan laporan tahunan sebagai bahan monitoring perusahaan selama kurang lebih satu tahun. Di era digital ini, tentunya semua laporan sudah tersedia dalam bentuk digital juga. Bahkan data dan bahan-bahannya juga bersumber dari internet dan digital.

Digital monitoring sendiri adalah proses pengawasan atau pemantauan aktivitas digital, termasuk aktivitas di media sosial, situs resmi, atau aplikasi lainnya. Digital monitoring biasanya dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi tentang bagaimana produk atau layanan kamu diterima oleh pasar, atau untuk mengetahui tanggapan dan opini pelanggan atau klien kamu terhadap bisnismu. Digital monitoring dapat dilakukan secara manual atau dengan menggunakan alat atau software khusus yang disebut sebagai digital monitoring tools.

Pada digital monitoring report atau laporan analisa media, dibutuhkan yang namanya analisis ocean framework. Hal ini banyak memberikan keunggulan pada laporan itu sendiri. Buat kamu yang belum mengetahuinya, jangan khawatir! Pada artikel ini kamu akan mempelajari hal-hal mengenai ocean framework mulai dari pengertian, tujuan hingga fungsinya!

Pengertian Ocean Framework

Ocean framework adalah metode yang digunakan untuk menilai dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Framework ini dikembangkan oleh Bruce Temkin, seorang ahli di bidang customer experience, dan didasarkan pada empat prinsip utama: outcomes (hasil), effort (usaha), emotions (emosi), dan ease (kemudahan).

Prinsip-prinsip ini merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi pengalaman pelanggan dan dapat diukur dengan menggunakan kuesioner yang disebut Customer Experience Management (CEM) Benchmark.

Outcomes adalah hasil yang diinginkan pelanggan dari interaksi dengan perusahaan, seperti solusi yang efektif untuk masalah yang dihadapi pelanggan. Effort adalah usaha yang harus dilakukan pelanggan untuk mencapai hasil yang diinginkan, seperti waktu yang dihabiskan untuk mencari informasi atau mengajukan keluhan. Emotions adalah emosi yang dirasakan pelanggan selama berinteraksi dengan perusahaan, seperti kegembiraan, kemarahan, atau kekecewaan. Ease adalah kemudahan yang dirasakan pelanggan dalam berinteraksi dengan perusahaan, seperti kemudahan mengakses informasi atau proses pembelian yang sederhana.

Ocean framework membantu perusahaan menilai pengalaman pelanggan dengan mengukur tingkat hasil, usaha, emosi, dan kemudahan yang dirasakan pelanggan selama berinteraksi dengan perusahaan. Dengan mengetahui tingkat pengalaman pelanggan dalam empat prinsip ini, perusahaan dapat mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan mengembangkan strategi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Tujuan Ocean Framework

Ocean framework dapat digunakan dalam laporan analisa media untuk menilai dan meningkatkan pengalaman pelanggan yang terkait dengan media yang digunakan perusahaan. Beberapa tujuan yang mungkin ingin dicapai perusahaan dengan menggunakan ocean framework dalam laporan analisa media adalah:

  • Meningkatkan kepuasan pelanggan: Dengan mengukur tingkat hasil, usaha, emosi, dan kemudahan yang dirasakan pelanggan selama berinteraksi dengan media yang digunakan perusahaan, perusahaan dapat mengetahui apa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan bagi pelanggan dan mengembangkan strategi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan: Dengan mengetahui apa yang membuat pelanggan merasa puas dengan pengalaman yang mereka dapatkan saat berinteraksi dengan media yang digunakan perusahaan, perusahaan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan dan menarik pelanggan baru.
  • Meningkatkan reputasi perusahaan: Dengan meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan, perusahaan dapat membangun reputasi yang baik di kalangan pelanggan, yang dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan dan menarik pelanggan baru.

Fungsi Ocean Framework

Ocean framework adalah sebuah metode yang digunakan untuk menganalisis media, terutama media sosial. Framework ini menyediakan struktur untuk memahami bagaimana media sosial dapat mempengaruhi masyarakat dan bagaimana masyarakat menggunakan media sosial untuk berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain.

Ocean framework terdiri dari enam dimensi yang membantu dalam analisis media:

  • Observasi: Menganalisis bagaimana media sosial digunakan oleh masyarakat dan bagaimana media tersebut mempengaruhi perilaku dan pandangan masyarakat.
  • Content: Menganalisis apa yang disampaikan oleh media sosial dan bagaimana pesan tersebut disampaikan kepada masyarakat.
  • Audience: Menganalisis siapa yang menggunakan media sosial dan bagaimana media tersebut digunakan oleh audiens.
  • Network: Menganalisis bagaimana media sosial terhubung dengan satu sama lain dan bagaimana informasi disebarluaskan di antara jaringan media sosial.
  • Technology: Menganalisis bagaimana teknologi media sosial digunakan dan bagaimana teknologi tersebut mempengaruhi cara masyarakat menggunakan media sosial.
  • Environment: Menganalisis bagaimana lingkungan eksternal, seperti kebijakan dan regulasi, mempengaruhi penggunaan media sosial dan bagaimana media sosial mempengaruhi lingkungan.

Menggunakan ocean framework dapat membantu dalam mengumpulkan dan menganalisis data tentang media sosial untuk memahami bagaimana media sosial mempengaruhi masyarakat dan bagaimana masyarakat menggunakan media sosial untuk berkomunikasi dan berinteraksi. Ini bisa menjadi alat yang berguna dalam laporan analisa media sosial.

Dapatkan Laporan Analisa Media Akhir Tahunmu di Ivosights!

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kamu ketahui tentang ocean framework. Selain hal-hal di atas, laporan analisa media jika disebar ke pelanggan juga bisa memberikan gambaran lebih mengenai perusahaan. Nah, untuk kamu perusahaan yang membutuhkan laporan analisa media dengan ocean framework yang jelas, kamu bisa mengandalkan Ivosights!

Ivosights Comprehensive Analytics hadir sebagai layanan yang dapat memudahkan Anda dalam pengelolaan dan analisis Big Data. Dengan support dari source yang beragam, analisis mendalam dengan berbagai macam metode, dan pengolahan data yang profesional, Ivosights dapat menyajikan data yang mudah dipahami, serta rekomendasi strategi yang tepat. Kunjungi website kami untuk mengetahui info lengkap tentang comprehensive analytic pada situr resmi kami!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami