Inilah 4 Kemampuan Digital Listening Tools untuk Dukung Bisnis Anda!

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 19 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital Listening. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital Listening. Shutterstock

"Digital listening tools memiliki beberapa kegunaan untuk melakukan monitoring ulasan pelanggan terkait brand, produk, dan layanan bisnis Anda."

Di era digital, bisnis dimudahkan dengan adanya teknologi. Selain bisnis tidak perlu melakukan promosi produk atau layanannya secara langsung, perencanaan bisnis dan sistem database klien kini juga dimudahkan dengan adanya teknologi. Dengan ini, pekerjaan dalam bisnis akan menjadi lebih mudah dan efektif. Salah satu teknologi ini berupa digital listening tools. Digital Listening Tools adalah software atau platform yang digunakan untuk memantau, menganalisis, dan menginterpretasi data digital yang dihasilkan oleh pengguna internet. Dengan tools ini, Anda dapat mengambil keputusan bisnis dengan tepat. Selain itu, Anda juga dapat memahami keinginan pelanggan, mengidentifikasi peluang pasar, mengoptimalkan strategi pemasaran, dan meningkatkan efisiensi operasional.

Pengertian Digital Listening

Digital listening, social listening atau media monitoring, merupakan sebuah proses memantau, menganalisis, dan memahami percakapan yang terjadi secara online tentang brand, produk, layanan, atau topik tertentu. 

Digital listening melibatkan penggunaan algoritma NLP dan teknik analisis sentimen untuk mengumpulkan, menyortir, dan menganalisis data yang dihasilkan oleh percakapan online. Tujuan utama digital listening adalah untuk memahami persepsi, preferensi pengguna, serta mengidentifikasi tren, masalah, atau peluang yang mungkin mempengaruhi reputasi, strategi pemasaran, atau pengambilan keputusan bisnis.

Baca juga: Bagaimana Memilih Digital Listening Tools yang Tepat?

Kemampuan Digital Listening Tools

  • Memahami kebutuhan pelanggan

Dengan digital listening tools, bisnis dapat mengumpulkan dan menganalisis data tentang preferensi, kebutuhan, dan masalah pelanggan. Dengan data-data ini, bisnis dapat menyesuaikan produk, layanan, dan strategi pemasaran dengan lebih baik.

  • Mendeteksi tren pasar

Digital listening tools  membantu bisnis dalam memonitor dan mengidentifikasi tren pasar yang sedang berkembang. Dengan menganalisis data dari berbagai sumber digital, perusahaan dapat mengetahui perubahan keinginan pelanggan, pergeseran dalam perilaku konsumen, dan tren industri.

  • Meningkatkan kepuasan pelanggan

Bisnis diharuskan memantau dan merespon konsumen secara aktif dengan memperhatikan feedback pelanggan melalui digital listening tools. Digital listening tools dapat mengidentifikasi masalah, merespon pertanyaan dan keluhan dengan cepat, serta memberikan dukungan pelanggan yang efisien.

  • Menguatkan strategi pemasaran dan komunikasi

Digital listening tools membuat bisnis paham akan efektivitas promosi pemasaran dan komunikasi terhadap pelanggan. Dengan menganalisis respon dan interaksi pelanggan terhadap konten yang disebarkan, perusahaan dapat mengevaluasi dan memperbaiki strategi pemasaran mereka.

Tantangan Penggunaan Digital Listening Tools

Penggunaan digital listening tools juga memiliki beberapa tantangan, yaitu sebagai berikut:

  • Keterbatasan bahasa dan konteks 

Digital listening tools memiliki keterbatasan dalam memahami bahasa alami dan konteks tertentu. Misalnya, mereka mungkin kesulitan dalam memahami nuansa, humor, atau frasa yang tidak umum. Hal ini dapat menghasilkan analisis dan respons yang kurang relevan.

  • Overload data

Seiring dengan pertumbuhan jumlah data digital, digital listening tools dapat menghadapi overload data. Analisis dan pengelolaan volume data dalam jumlah besar dapat menjadi tantangan, terutama jika tidak ada sistem yang tepat untuk menyaring dan menganalisis data dengan efisien.

  • Tantangan privasi dan etika

Penggunaan digital listening tools dapat menghadapi tantangan terkait privasi dan etika. Pengumpulan dan penggunaan data pelanggan harus mematuhi peraturan privasi yang berlaku dan memperhatikan kekhawatiran pelanggan terkait privasi informasi pribadi mereka.

  • Kerumitan dan biaya penerapan

Penggunaan digital listening tools dapat melibatkan kompleksitas dan biaya. Bisnis perlu mempertimbangkan faktor-faktor seperti biaya software, integrasi dengan sistem yang sudah ada, pelatihan karyawan, dan pemeliharaan. Bisnis juga harus memastikan bahwa tim mereka memiliki keahlian yang memadai untuk mengelola dan menginterpretasi data yang dihasilkan oleh digital listening tools.

Baca juga: Pentingnya Digital Listening Tools dalam Dunia Bisnis

Manfaat Penggunaan Digital Listening Tools

Penggunaan digital listening tools dalam bisnis merupakan langkah yang penting dan strategis dalam menghadapi tantangan di era digital. Berikut ini adalah manfaat penggunaan digital listening tools bagi bisnis:

  • Memahami kebutuhan pelanggan

  • Membangun hubungan yang kuat

  • Mengidentifikasi peluang dan tantangan

  • Memperbaiki reputasi

  • Membantu pengambilan keputusan bisnis

  • Peningkatan kinerja bisnis

  • Memperkuat citra merek

  • Mencapai kesuksesan jangka panjang

Gunakan Layanan Ripple10 untuk Monitoring Bisnis Anda!

Penting bagi bisnis untuk mempertimbangkan penggunaan digital listening tools sebagai bagian dari strategi pemasaran dan manajemen pelanggan mereka. Pastikan platform yang Anda gunakan sudah terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Kesesuaian dengan bisnis dan fitur yang komplit akan meningkatkan kemudahan penjualan produk Anda.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang customer engagement, Ivosight memiliki produk digital listening tools bernama Ripple10. Tidak hanya bisa melakukan crawling data lokal secara akurat, Ripple10 memiliki fitur-fitur lainnya, seperti Sentiment & Digital Health Index, Audience Analysis, Buzzer Tracking & Monitoring, dan Alert System. Semua fitur-fitur layanan Ripple10 ini bisa didapatkan dengan menghubungi Ivosight sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami