Pentingnya Digital Listening Tools dalam Dunia Bisnis

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 23 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Digital listening tools. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital listening tools. Shutterstock.

"Digital listening tools akan sangat berguna bagi perusahaan, organisasi, atau individu yang ingin memahami apa yang sedang terjadi di dunia online"

Digital listening tools menjadi penting karena mampu menjawab pertanyaan seputar apa yang pelanggan bicarakan mengenai sebuah merek dan melalui saluran apa perbincangan tersebut terjadi. Mengingat, dalam dunia bisnis, penting bagi setiap merek untuk memantau percakapan tentang layanan atau produk mereka. Membuat banyaknya perusahaan atau agensi yang menyediakan layanan digital listening tools. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai digital listening tools dan mengapa sangat penting bagi dunia bisnis. Silahkan simak artikel ini sampai akhir ya.

Apa Itu Digital Listening Tools?

Digital listening tools merupakan alat-alat yang biasa digunakan untuk mendengarkan atau mengawasi apa yang sedang terjadi di media sosial, internet, dan platform lainnya secara online dan  data diperoleh juga akurat. Digital listening tools ini bisa termasuk ke dalam aplikasi atau perangkat lunak yang memungkinkan Anda mengikuti diskusi atau memantau brand atau topik tertentu di media sosial, atau alat yang membantu Anda mengukur tingkat engagement atau resonansi dari konten yang diposting bisnis Anda di platform online.

Jenis Digital Listening Tools yang Umum Digunakan

  • Social Media Listening Tools

Social media listening tools ini akan berguna bagi Anda dalam memantau apa yang sedang dibicarakan di media sosial mengenai brand atau topik dari bisnis Anda. Biasanya, social media listening tools ini akan memberikan laporan terkait jumlah posting yang dibuat tentang topik tersebut, jumlah kali topik tersebut dibicarakan, dan sumber-sumber yang paling aktif dalam diskusi.

  • Brand Monitoring Tools

Selanjutnya ada, brand monitoring tools dimana alat ini memungkinkan Anda untuk memantau bagaimana brand dari bisnis Anda dibicarakan di internet secara keseluruhan, termasuk di media sosial, forum, dan situs-situs lainnya. Brand monitoring tools ini biasanya juga berguna ketika akan memberikan laporan tentang tingkat engagement dan resonansi dari konten yang diposting tentang brand Anda.

  • Sentiment Analysis Tools

Sentiment analysis tools adalah alat yang memungkinkan Anda untuk menganalisis bagaimana tanggapan audiens dalam bisnis Anda tentang brand atau topik tertentu berdasarkan apa yang dibicarakan di internet. Dengan alat ini bisa membantu Anda mengetahui apakah audiens Anda secara umum positif atau negatif terhadap brand atau topik dari persaing ataupun dari bisnis Anda.

Digital listening tools akan sangat berguna bagi perusahaan, organisasi, atau individu yang ingin memahami apa yang sedang terjadi di dunia online dan bagaimana mereka dapat terlibat dengan audiens mereka di sana. Alat-alat ini juga bisa membantu dalam membuat keputusan bisnis atau mengambil tindakan berdasarkan apa yang diketahui dari analisis online.

Manfaat Digital Listening Tools dalam Bisnis

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan digital listening tools dalam bisnis:

  • Memahami Audiens dan Pasar

Manfaat pertama dengan menggunakan digital listening tools adalah memungkinkan bisnis Anda untuk memahami lebih dalam mengenai audiens dan pasar Anda, termasuk apa yang mereka inginkan, apa yang mereka pikirkan tentang brand Anda, dan bagaimana mereka bereaksi terhadap konten yang bisnis Anda posting.

  • Mengidentifikasi Peluang dan Ancaman

Dengan digital listening tools ini Anda dapat memantau apa yang sedang terjadi di media sosial dan internet pada saat itu juga, dan Anda dapat menemukan peluang-peluang baru untuk mempromosikan produk atau layanan Anda, atau mengidentifikasi ancaman yang mungkin timbul bagi bisnis Anda.

  • Meningkatkan Strategi Marketing

Digital listening tools dapat membantubisnis  Anda untuk meningkatkan strategi marketing bisnis Anda, yaitu dengan memberikan wawasan yang lebih baik tentang apa yang bekerja dan tidak bekerja bagi audiens Anda.

  • Meningkatkan Pelayanan Pelanggan

Manfaat berikutnya yang akan Anda dapatkan ialah Anda dapat memantau apa yang dibicarakan oleh pelanggan Anda di media sosial, Anda dapat menanggapi keluhan atau pertanyaan mereka dengan cepat dan memperbaiki masalah yang mungkin terjadi. Ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun loyalitas terhadap brand Anda.

  • Mengukur Tingkat Engagement

Digital listening tools mampu membantu Anda dalam mengukur tingkat engagement dari konten yang Anda posting di media sosial atau platform lainnya. Ini bisa membantu Anda menentukan apakah strategi marketing yang sudah Anda lakukan efektif atau tidak.

  • Meningkatkan SEO

Dengan memantau apa yang sedang dibicarakan di internet tentang brand atau topik yang terkait dengan bisnis Anda, Anda dapat menemukan kata kunci atau frasa yang bisa Anda gunakan dalam strategi SEO Anda untuk meningkatkan ranking website Anda di mesin pencari.

  • Menjadi Lebih Transparan

Digital listening tools memungkinkan Anda untuk terlibat dengan audiens Anda dan menjadi lebih transparan tentang apa yang sedang terjadi di bisnis Anda. Ini bisa membangun kepercayaan pelanggan dan membuat mereka merasa terlibat dengan brand Anda.

Nah itulah pembahasan terkait apa digital listening tools, Jenis-jenisnya, dan Manfaat yang akan Anda dapatkan. Jadi, sebelum Anda memilih digital listening tool yang tepat, Anda dapat mengidentifikasi kebutuhan bisnis Anda. Namun, yang perlu Anda ketahui, meskipun banyak pilihan layanan digital listening tools, Ripple10 adalah rekomendasi platform yang paling sesuai untuk Anda. Selamat mencoba!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami