5 Cara Kelola Isu Negatif Bisnis dengan Digital Listening Tools

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 22 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital listening. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital listening. Shutterstock

"Menggunakan digital listening tools akan memudahkan Anda untuk mengurangi dan mengatasi isu-isu negatif yang dibicarakan oleh audiens secara digital"

Dalam era digital saat ini, reputasi bisnis dapat dengan mudah terpengaruh oleh berbagai informasi yang tersebar di media sosial, ulasan online, dan platform lainnya. Informasi yang tersebar juga dapat berbentuk positif maupun negatif. Secara lebih jelasnya, bisnis harus memerhatikan beberapa isu-isu negatif yang dapat mempengaruhi reputasinya secara keseluruhan. Supaya perusahaan dapat melakukan pemantauan sekaligus mengelola isu-isu negatif yang muncul, digital listening tools merupakan sebuah alat pembantu yang sangat penting. Untuk itu, Anda akan dikenalkan dahulu dengan pengertian dari digital listening tools itu sendiri.

Apa Itu Digital Listening Tools?

Digital listening tools merupakan sebuah perangkat lunak yang dirancang untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data dari berbagai sumber online seperti media sosial, platform berita, blog, dan forum. Tools ini memungkinkan perusahaan Anda untuk memantau percakapan yang terjadi seputar brand dan memahami bagaimana para pelanggan serta audiens merespons produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda.

Mengapa Anda Harus Memantau Isu Negatif Bisnis?

Mengelola isu negatif dengan cepat dan efektif merupakan langkah krusial untuk menjaga reputasi bisnis Anda. Isu negatif bisnis berpotensi untuk merusak reputasi perusahaan Anda dalam waktu singkat. Ulasan negatif, keluhan pelanggan yang tersebar luas, dan konten merugikan lainnya juga dapat memengaruhi persepsi masyarakat terhadap produk atau layanan Anda. Oleh karena itu, penting untuk tetap terhubung dengan sentimen publik dan merespons dengan bijaksana terhadap setiap komentar atau keluhan yang muncul.

Baca juga: Pahami Citra Bisnis Anda Melalui Sentimen Analysis dalam Middle Report

Kegunaan Digital Listening Tools dalam Mengelola Isu Negatif Bisnis

Salah satu manfaat utama dari digital listening tools adalah kemampuannya dalam memantau isu negatif yang mungkin muncul terkait bisnis Anda. Dengan tools ini, Anda dapat secara aktif memantau apa saja yang dikatakan oleh pelanggan, pesaing, dan masyarakat secara umum tentang brand perusahaan Anda. Adanya tools ini juga memberi Anda informasi tentang potensi masalah yang muncul dan memberi Anda kesempatan untuk menindaklanjutinya dengan cepat.

Cara Menggunakan Digital Listening Tools untuk Mengelola Isu Negatif Bisnis

Berikut ini adalah beberapa cara menggunakan digital listening tools untuk mengelola isu negatif bisnis:

  • Monitoring Aktif

Pertama-tama, pastikan  bahwa Anda melakukan monitoring aktif menggunakan digital listening tools. Pantau setiap penyebutan brand Anda dan perhatikan tren yang muncul.

  • Analisis Sentimen

Gunakan alat analisis sentimen untuk menilai apakah percakapan seputar brand Anda bersifat positif, negatif, atau netral. Hal ini akan membantu Anda mengidentifikasi area mana saja yang memerlukan perhatian khusus.

  • Deteksi Dini

Dengan digital listening tools ini, Anda dapat mendeteksi isu negatif sejak dini dan merespons dengan cepat sebelum bertransformasi menjadi krisis yang lebih besar.

  • Keterlibatan Aktif

Lakukan interaksi dengan pelanggan dan pihak terkait lainnya yang memberikan umpan balik negatif. Tunjukkan bahwa perusahaan Anda peduli dan siap untuk memperbaiki situasi.

  • Strategi Perbaikan

Gunakan informasi penting yang diperoleh dari digital listening tools untuk merancang strategi perbaikan yang lebih baik. Tindakan nyata yang diambil berdasarkan data akan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Bagaimana Caranya untuk Menindaklanjuti Isu Negatif Bisnis?

Setelah mendapatkan informasi dari digital listening tools, langkah berikutnya adalah menindaklanjuti isu negatif dengan tindakan yang tepat. Berikut adalah panduan singkat tentang bagaimana Anda dapat melakukan hal tersebut:

  • Identifikasi Akar Permasalahan

Mulanya, berusahalah untuk memahami akar permasalahan dari isu negatif yang muncul. Apakah itu masalah produk, layanan pelanggan, atau hal lainnya?

  • Buat Rencana Tindakan

Tetapkan rencana tindakan yang jelas dan terperinci untuk mengatasi masalah tersebut. Libatkan tim internal yang relevan jika diperlukan.

  • Komunikasikan Langkah Anda

Berkomunikasilah secara terbuka kepada pelanggan dan audiens tentang langkah-langkah yang Anda ambil untuk memperbaiki situasi.

  • Lakukan Evaluasi

Setelah itu, lakukan evaluasi untuk melihat apakah langkah-langkah tersebut efektif. Pantau perkembangannya juga secara teratur.

Baca juga: Respon Komentar Negatif dan Positif Netizen dengan Digital Monitoring!

Gunakan Digital Listening Tools untuk Mengelola Isu Negatif Bisnis!

Dalam menghadapi tantangan isu negatif bisnis, langkah-langkah pengelolaan yang tepat menjadi kunci untuk menjaga reputasi perusahaan. Menggunakan digital listening tools dapat membawa perubahan signifikan dalam cara Anda merespons dan mengatasi isu-isu ini. Dengan memanfaatkan tools ini, Anda tidak hanya memantau percakapan pelanggan secara efektif, tetapi juga dapat mengambil tindakan responsif dengan cepat.

Melalui integrasi dengan digital listening tools seperti Ripple10, Anda akan memiliki pandangan yang lebih jelas tentang persepsi pelanggan dan dampak isu negatif terhadap citra brand Anda. Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Anda akan membangun fondasi yang kuat untuk menjaga reputasi bisnis Anda dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Jika Anda tertarik untuk mengoptimalkan pengelolaan isu negatif dan mengalami langsung kekuatan Ripple10, jangan ragu untuk menghubungi tim Ivosights. Dengan melakukan demo sistem Ripple10, Anda akan memahami bagaimana tools ini dapat membantu Anda menghadapi tantangan dengan lebih percaya diri dan sukses. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengambil langkah menuju pengelolaan isu yang lebih baik dan reputasi bisnis yang lebih kuat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami