5 Peran Penting Data Analyst untuk Para Pebisnis di Media Sosial

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 31 Januari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Analisis Data. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Analisis Data. Shutterstock.

"Bisnis media sosial adalah bisnis yang menggunakan media sosial sebagai platform utama untuk menjalankan aktivitas bisnis, seperti pemasaran"

Bisnis media sosial adalah bisnis yang menggunakan media sosial sebagai platform utama untuk menjalankan aktivitas bisnis, seperti pemasaran, pengembangan merek, dan penjualan produk atau layanan. Bisnis ini melibatkan interaksi dengan audiens melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan platform lain untuk mencapai tujuan bisnis seperti meningkatkan brand awareness, memperoleh pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan. Bisnis media sosial mengandalkan data dan analisis untuk memahami audiens dan membuat keputusan bisnis yang efektif. Berikut ini kamu akan mengetahui peran penting data analyst untuk para pebisnis di media sosial!

Baca Juga: Pengertian dan Karakteristik Big Data Analytics

5 Peran Data Analyst untuk Bisnis Media Sosial

Peran data analyst dalam bisnis media sosial antara lain:

  • Analisis audiens

Data analyst bisa melakukan analisis audiens yang berguna. Analisis audiens diperlukan dalam bisnis media sosial karena analisis audiens bisa membantu pebisnis memahami segmen pasar lewat demografi, perilaku, dan preferensi audiens untuk membuat strategi pemasaran yang efektif dan terfokus pada segmen pasar yang tepat. Selain itu analisis audiens dapat membantu bisnis memahami bagaimana audiens bereaksi terhadap konten dan menjadi acuan dalam membuat strategi pemasaran.

Analisis audiens juga dapat meningkatkan engagement. Analisis audiens membantu bisnis memahami bagaimana audiens berinteraksi dengan merek dan membantu meningkatkan engagement dengan audiens. Ditambah, jika analisis audiens dilakukan, efektivitas iklan dapat meningkat. Analisis audiens membantu memastikan bahwa iklan ditujukan ke audiens yang tepat dan membantu meningkatkan efektivitas iklan.

Bukan cuma itu, analisis audiens membantu bisnis memahami bagaimana audiens bereaksi terhadap produk dan layanan sehingga membantu meningkatkan return on investment (ROI). Data analyst dapat menganalisis data demografis dan perilaku audiens untuk memahami segmen pasar dan membuat strategi pemasaran yang efektif

Baca Juga: 9 Skill Wajib Seorang Data Analyst, Wajib Tahu!

  • Analisis konten

Selain itu, data analyst juga mampu menganalisis konten. Analisis konten diperlukan dalam bisnis media sosial karena analisis konten dapat membantu pebisnis memahami preferensi audiens dan bantu membuat konten menarik bagi audiens dan menjadi acuan untuk pembuatan konten selanjutnya.

Selain bisa meningkatkan engagement, analisis konten juga bisa membuat strategi pemasaran Membuat strategi pemasaran konten yang mempengaruhi perilaku audiens dan membantu membuat strategi pemasaran yang efektif.

Analisis konten membantu bisnis memahami bagaimana konten mempengaruhi kinerja akun media sosial dan membantu mengoptimalkan kinerja akun.Data analyst dapat menganalisis data interaksi pengguna dengan konten untuk menentukan konten apa yang paling populer dan menjadi acuan untuk pembuatan konten selanjutnya

  • Analisis keuangan

Data analyst dapat menganalisis data keuangan untuk membantu perusahaan memahami bagaimana bisnis mereka berkembang dan membuat keputusan strategis. Analisis keuangan sendiri dibutuhkan untuk mengukur kinerja keuangan, membuat keputusan bisnis yang bijaksana, dan mengidentifikasi peluang bisnis. Analisis keuangan membantu bisnis memahami bagaimana alokasi sumber daya mereka mempengaruhi kinerja keuangan dan membantu membuat keputusan bisnis yang bijaksana. Selain itu, analisis keuangan membantu bisnis memahami bagaimana memanfaatkan peluang bisnis yang ada untuk memperluas bisnis.

  • Analisis kinerja

Data analyst dapat menganalisis data performa akun media sosial dan kampanye iklan untuk memahami bagaimana bisnis berinteraksi dengan audiens dan mengoptimalkan strategi pemasaran. Analisis kinerja dibutuhkan karena dapat membantu memahami bagaimana suatu sistem, proses, atau bisnis berjalan dan mengukur kinerjanya, membantu menentukan area yang perlu ditingkatkan dan membantu membuat rencana untuk peningkatan, membantu memahami bagaimana proses dapat dioptimalkan dan membantu mengoptimalkan proses hingga membantu membuat keputusan yang bijaksana berdasarkan data dan analisis.

  • Analisis kompetitor

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat berbisnis di media sosial adalah menganalisis kompetitor. Data analyst dapat menganalisis data bisnis kompetitor untuk memahami bagaimana perusahaan lain berkembang dan membuat strategi untuk meningkatkan posisi bisnis. Dengan menganalisis kompetitor, pebisnis bisa memahami bagaimana meningkatkan posisi kompetitif mereka dan membantu membuat strategi untuk mengalahkan pesaing, memahami keunggulan kompetitif mereka dan membantu menentukan area yang perlu ditingkatkan hingga memahami tren pasar dan membantu membuat rencana untuk mengatasi tren yang tidak menguntungkan.

Dapatkan Aplikasi Digital Monitoring Terbaik di Ivosights!

Saat ini kamu bisa mendapatkan jasa dan layanan analisis data yang komprehensif untuk data report bisnis dan sosial media. Seperti halnya di Ivosights, kami menyajikan jasa comprehensive analytics untuk data yang mudah dipahami, serta rekomendasi strategi yang tepat demi bisnismu dengan bantuan deep analysis dari data analyst.

Ivosights comprehensive analytics hadir sebagai layanan yang dapat memudahkan kamu mengelola big data sekaligus menganalisisnya. Sebagai platform intelegensi digital, Ripple10 bisa membantu industrimu memenangkan kompetisi secara digital sebab Ripple10 bisa mengetahui sentimen netizen terhadap brand, mengetahui aktivitas digital kompetitor, mengetahui topik perbincangan netizen mengenai brand, hingga menjaga reputasi brand dari isu negatif yang berpotensi viral!

Didukung dengan fitur monitoring yang berguna, serta data strategis yang bisa memberikanmu rekomendasi langkah terbaik untuk mengembangkan bisnismu, Ivosights siap membantu! Segera hubungi Ivosights dan rasakan kemajuan pesat pada bisnismu melalui digital monitoring report terbaik!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami