9 Skill Wajib Seorang Data Analyst, Wajib Tahu!

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 26 Januari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Data analyst. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Data analyst. Shutterstock.

"Data analyst bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mengevaluasi data untuk membuat kesimpulan dan memberikan rekomendasi untuk perusahaan"

Saat ini peran seorang data analyst sangatlah dibutuhkan. Ini disebabkan perkembangan dunia digital yang sudah melesat pesat. Seorang data analyst sangat dibutuhkan dalam dunia digital karena data merupakan aset penting dalam mengambil keputusan dan meningkatkan kinerja bisnis saat ini. Pada bidang pekerjaan data, tugas seorang data analyst masih disegmentasikan lagi ke dalam beberapa bagian untuk mendapatkan konsentrasi yang lebih fokus, yakni data scientist, data presenter, dan data strategis. Artikel ini akan menjelaskan hal-hal terkait data analyst, mulai dari pengertian, deskripsi pekerjaan hingga skill yang wajib dimiliki seorang data analyst. Untuk kamu yang ingin menjadi seorang data analyst atau sedang menilai kinerja data analyst-mu, kamu wajib simak artikel ini sampai selesai!

Apa itu Data Analyst?

Data analyst adalah profesi yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mengevaluasi data untuk membuat kesimpulan dan memberikan rekomendasi untuk perusahaan atau organisasi. Mereka menggunakan berbagai teknik analisis statistik dan visualisasi untuk memahami dan mengevaluasi data untuk membantu perusahaan atau organisasi dalam mengambil keputusan yang lebih baik. Data analyst dapat bekerja dalam berbagai industri, termasuk teknologi, keuangan, retail, dan banyak lagi.

Baca Juga: 6 Peran Krusial Data Scientist dalam Analisis Data

Deskripsi Pekerjaan Data Analyst

Deskripsi pekerjaan data analyst dapat berbeda-beda tergantung pada industri atau perusahaan tempat mereka bekerja, tetapi beberapa tugas umum yang mungkin dilakukan oleh seorang data analyst termasuk:

  • Mengumpulkan dan menyimpan data dari berbagai sumber, seperti database, spreadsheet, atau sistem lainnya.
  • Menganalisis data menggunakan teknik statistik atau analisis data untuk menemukan pola dan tendensi.
  • Membuat laporan dan visualisasi data untuk mempermudah pemahaman tentang hasil analisis.
  • Memberikan rekomendasi untuk perusahaan atau organisasi berdasarkan hasil analisis data.
  • Bekerja sama dengan departemen lain dalam perusahaan untuk menentukan kebutuhan data dan cara mengumpulkan data yang sesuai.
  • Memelihara dan mengembangkan basis data perusahaan.
  • Melakukan pemeliharaan dan pembaruan terhadap perangkat lunak analisis data yang digunakan.
  • Melakukan analisis prediksi menggunakan algoritma Machine Learning.
  • Melakukan analisis data dengan menggunakan big data tools dan teknologi.
  • Melakukan tugas-tugas lain yang terkait dengan analisis data, seperti menjaga keamanan data dan memastikan kualitas data.

9 Skill Wajib Seorang Data Analyst

Seorang data analyst harus memiliki beberapa skill yang penting untuk melakukan tugasnya dengan baik, yaitu:

  1. Kemampuan analisis data: Data analyst harus mampu mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan data dalam bentuk yang mudah dipahami.
  2. Kemampuan pemrograman: Data analyst harus memiliki kemampuan dasar dalam pemrograman, seperti Python, R, SQL, dll untuk membuat script, mengambil data, dan memproses data.
  3. Kemampuan visualisasi data: Data analyst harus mampu menyajikan data dalam bentuk visual yang mudah dipahami seperti grafik, tabel, dll
  4. Kemampuan komunikasi: Data analyst harus mampu menyajikan hasil analisis data dalam bahasa yang mudah dipahami oleh audiensnya, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan.
  5. Kemampuan pemecahan masalah: Data analyst harus mampu menemukan dan menyelesaikan masalah yang mungkin muncul dalam proses analisis data.
  6. Kemampuan pembelajaran terus-menerus: Data analyst harus selalu belajar dan mengembangkan kemampuannya, karena teknologi dan metode analisis data selalu berkembang.
  7. Kemampuan bekerja dalam tim: Data analyst harus mampu bekerja sama dengan tim lain dalam menyelesaikan proyek dan menyajikan hasil analisis data.
  8. Kemampuan berpikir kritis: Data analyst harus mampu mengevaluasi keabsahan data dan hasil analisis data.
  9. Kebutuhan skill yang diperlukan bisa saja berbeda-beda tergantung pada posisi dan perusahaan yang bersangkutan.

Pendidikan dan Ilmu Wajib Seorang Data Analyst

Untuk menjadi data analyst, seseorang biasanya harus memiliki pendidikan yang sesuai dalam bidang ilmu terkait seperti matematika, statistik, atau ilmu komputer. Beberapa jenjang pendidikan yang dapat ditempuh oleh seorang data analyst diantaranya:

  • Sarjana (S1) dalam bidang ilmu Matematika, Statistik, Ilmu Komputer, atau bidang lain yang terkait dengan analisis data.
  • Program Magister (S2) dalam bidang analisis data, misalnya magister Ilmu Komputer dengan spesialisasi Data Science atau magister Statistika.
  • Program Pendidikan Profesional (Certificate) dalam bidang analisis data, misalnya Data Science, Big Data atau Business Intelligence.
  • Pelatihan atau kursus yang terkait dengan analisis data, seperti kursus analisis data menggunakan Python, R, SQL, atau alat analisis data lainnya.

Baca Juga: Simak 5 Tips Menjadi Seorang Data Strategist Terbaik

Dapatkan Aplikasi Digital Monitoring Terbaik di Ivosights!

Saat ini kamu bisa mendapatkan jasa dan layanan analisis data yang komprehensif untuk data report bisnis dan sosial media. Seperti halnya di Ivosights, kami menyajikan jasa comprehensive analytics untuk data yang mudah dipahami, serta rekomendasi strategi yang tepat demi bisnismu dengan bantuan deep analysis dari data analyst.

Ivosights comprehensive analytics hadir sebagai layanan yang dapat memudahkan kamu mengelola big data sekaligus menganalisisnya. Sebagai platform intelegensi digital, Ripple10 bisa membantu industrimu memenangkan kompetisi secara digital sebab Ripple10 bisa mengetahui sentiment netizen terhadap brand, mengetahui aktivitas digital kompetitor, mengetahui topik perbincangan netizen mengenai brand, hingga menjaga reputasi brand dari isu negatif yang berpotensi viral!

Didukung dengan fitur monitoring yang berguna, serta data strategis yang bisa memberikanmu rekomendasi langkah terbaik untuk mengembangkan bisnismu, Ivosights siap membantu! Segera hubungi Ivosights dan rasakan kemajuan pesat pada bisnismu melalui digital monitoring report terbaik!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami