Customer Retention! Cara Untuk Membangun Kembali Daya Tarik Pelanggan!

Sociomation


Penulis : Administrator - Kamis, 13 April 2023
Ket: Ilustrasi - Customer retention. Shutterstock
Ket: Ilustrasi - Customer retention. Shutterstock

"Customer retention merupakan bentuk kemampuan dalam perusahaan untuk membuat para pelanggan kembali menggunakan bisnis dan tidak beralih kepada para kompetitor!"

Seorang pelanggan atau customer merupakan satu-satunya kunci bagi para pengusaha atau perusahaan untuk bertahan dalam bisnis atau usaha yang dijalaninya. Karena dari pelanggan lah, income atau masukan pengusaha atau perusahaan didapatkan. Dengan ini, para pengusaha pastinya melakukan berbagai macam cara untuk mempertahankan eksistensi dari customer atau pelanggan. Customer retention merupakan salah satu cara yang baik yang dapat dilakukan oleh pengusaha atau perusahaan.

Apa Itu Customer Retention

Customer retention atau retensi merupakan sebuah strategi bisnis yang bertujuan untuk mempertahankan customer yang sudah ada dan menghindari mereka dari beralihnya ke kompetitor. Hal ini melibatkan sebuah upaya untuk memperkuat hubungan antara perusahaan dan customer dengan memberikan pelayanan yang baik, pengalaman yang menyenangkan, dan nilai yang tinggi. Customer retention sangat penting bagi keberhasilan jangka panjang suatu bisnis karena mempertahankan para pelanggan yang sudah ada biasanya lebih efektif dan lebih ekonomis dibanding mencari customer lain yang baru. Dalam suatu bisnis yang bersaing ketat, mempertahankan customer bisa menjadi perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan suatu perusahaan.

Baca Juga: Apa Itu Customer Retention dan Keuntungannya

Upaya yang Dapat Dilakukan untuk Customer Retention

  • Menawarkan Layanan yang Berkualitas Tinggi

Customer akan tetap bersama perusahaan apabila mereka merasa puas dengan produk atau jasa yang dimiliki. Oleh karena itu, perusahaan harus memastikan bahwa produk atau jasa yang mereka tawarkan memiliki kualitas baik dan konsisten.

  • Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Perusahaan harus memastikan bahwa pelanggan merasa senang dan terpuaskan dengan pengalaman mereka saat berinteraksi dengan perusahaan. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pelayanan yang baik, responsif, dan efisien.

  • Program Loyalitas

Program loyalitas yang efektif dapat membantu mempertahankan customer. Program tersebut biasanya memberikan insentif atau keuntungan kepada customer yang setia, seperti potongan harga, hadiah bonus, sampai akses ke penawaran khusus.

  • Komunikasi yang Efektif

Sebuah komunikasi yang efektif antara perusahaan dan customer dapat membantu mempertahankan pelanggan. Perusahaan harus berkomunikasi secara teratur dengan pelanggan, memberikan informasi mengenai produk atau jasa yang baru, menyelesaikan masalah pelanggan dengan cepat dan memuaskan, serta meminta feedback dari pelanggan.

  •  Menyesuaikan Produk atau Jasa

 Perusahaan harus memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan dan menyesuaikan produk atau layanan mereka dengan itu. Ini dapat membantu membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.

  • Memberikan Pengalaman yang Konsisten

Pelanggan akan lebih cenderung untuk tetap bersama perusahaan jika mereka merasa bahwa pengalaman mereka dengan perusahaan selalu konsisten dan dapat diandalkan.

  • Menjaga Harga yang Kompetitif

Perusahaan harus memastikan bahwa harga yang mereka tawarkan untuk produk atau jasa mereka kompetitif dengan pesaing mereka. Ini dapat membantu pertahanan pelanggan yang cenderung mencari harga terbaik.

Platform yang Dapat Dilakukan Untuk Customer Retention

  • Email Marketing

Email marketing adalah platform yang populer untuk customer retention karena memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan melalui email. Perusahaan dapat mengirim email untuk memberitahu pelanggan tentang penawaran khusus, produk baru, atau menawarkan diskon untuk pelanggan yang setia.

  • Program Loyalitas

Program loyalitas adalah platform yang populer untuk customer retention karena dapat membantu memotivasi pelanggan untuk tetap setia dengan memberikan insentif atau keuntungan khusus.

  • Media Sosial

Media sosial adalah platform yang populer untuk customer retention karena memungkinkan perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Perusahaan dapat menggunakan media sosial untuk menyelesaikan masalah pelanggan, mempromosikan produk atau layanan baru, atau mengumpulkan umpan balik pelanggan.

  • Live Chat

Live chat adalah platform yang populer untuk customer retention karena memungkinkan pelanggan untuk berbicara langsung dengan perusahaan. Ini dapat membantu perusahaan menyelesaikan masalah pelanggan dengan cepat dan memuaskan.

  • Aplikasi Mobile

Aplikasi mobile adalah platform yang populer untuk customer retention karena memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan perusahaan dari mana saja. Perusahaan dapat menggunakan aplikasi mobile untuk memberikan penawaran khusus, menampilkan produk baru, atau memberikan pengalaman yang lebih personal dan terpadu untuk pelanggan.

Baca Juga: Memilih Customer Service Platform yang Ideal untuk Brand Anda

Dapatkan Platform untuk Melakukan Customer Retention di Ivosights!

Ivosights sebagai perusahaan yang menghadirkan produk dalam bentuk platform yang berfungsi sebagai media untuk membantu perusahaan dan para pebisnis untuk mengembangkan usahanya dan membantu dari segi aspek. Dengan platform yang dapat mengelola database para pelanggan, anda dapat melakukan customer retention dengan mudah dan sangat efektif. Dengan itu, keuntungan dan income dari pelanggan anda akan bertambah serta loyalitas yang semakin erat. Dengan berbagai macam fiturnya, anda dapat menarik para pelanggan untuk selalu berada di tempat yang sama. Anda dapat konsultasikan terlebih dahulu kepada tim kami yang sangat ahli dalam bidangnya, atau segera cek platform kami di media sosial dan laman web!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami