Mengenal Pentingnya Customer Lifetime Value bagi Perusahaan

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 23 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer lifetime value. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer lifetime value. Shutterstock.

"Customer Lifetime Value (CLV) adalah nilai yang diestimasikan dari seluruh pemasukan yang diharapkan dari pelanggan selama masa kerjasama dengan perusahaan"

Customer Lifetime Value (CLV) membantu bisnis mengembangkan strategi untuk mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada sambil mempertahankan margin keuntungan. Customer lifetime value akan menilai keseluruhan untuk bisnis selama seluruh periode hubungan mereka. Ini adalah metrik penting karena biaya mempertahankan pelanggan yang sudah ada lebih murah daripada mendapatkan pelanggan baru, jadi meningkatkan nilai pelanggan yang sudah ada adalah cara yang bagus untuk mendorong pertumbuhan. Untuk mengetahui lebih jauh mengapa customer lifetime value sangat penting, silahkan baca artikel ini sampai akhir ya.

Apa Itu Customer Lifetime Value?

Customer lifetime value adalah nilai yang diestimasikan dari seluruh pemasukan yang diharapkan dari pelanggan selama masa kerjasama dengan perusahaan. Customer lifetime value merupakan salah satu statistik utama yang harus dilacak sebagai bagian dari program pengalaman pelanggan. Customer lifetime value merupakan ukuran seberapa berharganya seorang pelanggan bagi perusahaan Anda, tidak hanya berdasarkan pembelian demi pembelian tetapi di seluruh hubungan.

Customer lifetime value ini mencerminkan nilai jangka panjang dari pelanggan bagi perusahaan, yang dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis, seperti menentukan berapa banyak uang yang harus diinvestasikan untuk memperoleh pelanggan baru atau mengelola pelanggan yang sudah ada.

Manfaat Customer Lifetime Value

Berikut adalah beberapa manfaat adanya customer lifetime value bagi perusahaan:

  • Mampu Menentukan Biaya yang Dikeluarkan

Customer lifetime value akan membantu perusahaan Anda dalam menentukan seberapa banyak uang yang harus diinvestasikan dalam mencari pelanggan baru merujuk pada kemampuan customer lifetime value dalam membantu perusahaan menentukan berapa banyak uang yang harus diinvestasikan dalam aktivitas pemasaran dan penjualan yang bertujuan untuk mencari pelanggan baru.

Dengan mengetahui customer lifetime value, perusahaan Anda dapat memperhitungkan seberapa banyak pemasukan yang diharapkan dari setiap pelanggan baru selama masa kerjasama dengan perusahaan, sehingga perusahaan dapat menentukan berapa banyak uang yang harus diinvestasikan dalam mencari pelanggan baru yang sesuai dengan nilai yang diharapkan.

  • Membantu Mengelola Pelanggan yang Sudah Ada

Customer lifetime value merupakan nilai yang dihitung dengan memprediksi berapa banyak uang yang akan dikeluarkan oleh pelanggan selama masa hubungan dengan perusahaan. Membantu mengelola pelanggan yang sudah ada dalam customer lifetime value artimya ialah dapat membantu perusahaan Anda dalam mengelola hubungan dengan pelanggan yang sudah ada sehingga dapat meningkatkan nilai customer lifetime value dari pelanggan tersebut.

Ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan meningkatkan frekuensi pembelian pelanggan. Dengan membantu mengelola pelanggan yang sudah ada dalam customer lifetime value ini, perusahaan Anda akan dapat memperpanjang masa hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan keuntungan yang diperoleh dari pelanggan tersebut.

  • Membantu Menentukan Strategi Pemasaran

Membantu menentukan strategi pemasaran dalam customer lifetime value maksudnya dapat membantu perusahaan Anda dalam menentukan cara terbaik untuk meningkatkan nilai customer lifetime value dari pelanggan melalui kegiatan pemasaran.

Ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti menyegarkan strategi pemasaran yang sudah ada, mengembangkan strategi pemasaran yang baru, dan menyesuaikan strategi pemasaran sesuai dengan perubahan dalam pasar atau preferensi pelanggan. Dengan membantu menentukan strategi pemasaran yang tepat dalam customer lifetime value, perusahaan Anda akan dapat memaksimalkan nilai customer lifetime value dari pelanggan dan meningkatkan keuntungan yang diperoleh dari pelanggan tersebut.

  • Membantu Menentukan Harga Produk atau Jasa

Customer lifetime value ini akan membantu perusahaan Anda dalam menentukan harga yang tepat untuk produk atau jasa yang ditawarkan sehingga dapat meningkatkan nilai customer lifetime value dari pelanggan.

Ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti menganalisis biaya produksi atau layanan, mempertimbangkan nilai tambah yang diberikan oleh produk atau layanan tersebut, dan membandingkan dengan harga produk atau layanan yang ditawarkan oleh pesaing. Dengan membantu menentukan harga yang tepat untuk produk atau jasa dalam customer lifetime value, perusahaan dapat memaksimalkan nilai customer lifetime value dari pelanggan dan meningkatkan keuntungan yang diperoleh dari pelanggan tersebut.

  • Membantu Menentukan Keputusan Bisnis

Customer lifetime value akan membantu perusahaan Anda ketika mengambil keputusan yang tepat untuk meningkatkan nilai customer lifetime value dari pelanggan. Ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengevaluasi produk atau layanan yang diberikan, menentukan target pasar yang tepat, dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.

Kenapa Customer Lifetime Value Begitu Penting?

Pada akhirnya, Anda tidak perlu terjebak dalam perhitungan yang rumit – Anda hanya perlu memperhatikan nilai yang diberikan pelanggan selama hubungan seumur hidup mereka dengan Anda. Dengan memahami pengalaman pelanggan dan mengukur feedback di semua titik call center, Anda dapat mulai memahami pendorong utama customer lifetime value.

Customer lifetime value adalah metrik yang bagus untuk digunakan saat Anda memiliki hubungan tahunan dengan pelanggan misalnya untuk langganan TV berbayar atau kontrak ponsel. Dan itu bagus untuk melihat tanda-tanda awal perdebatan katakanlah, misalnya, Anda melihat pengeluaran menurun setelah tahun pertama karena mereka semakin jarang menggunakan langganan.

Kesimpulan

Pastinya dengan menggunakan indikator ini diharapkan perusahaan mampu untuk menganggulangi loyalitas pelanggan. Serta dapat memanfaatkannya untuk menjadi strategi jangka panjang. Ivosights adalah salah satu perusahaan yang mengimplementasikan customer lifetime value agar dapat diterpakan dengan baik. Pastinya dengan menggunakan Sociomile, perusahaan kamu akan lebih terjaga dan dapat mengimplementasikan customer lifetime value dengan baik.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami