Penerapan Customer Engagement Tools Berbasis AI pada Bisnis Pariwisata

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 20 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer engagement. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer engagement. Shutterstock.

"Industri pariwisata dapat memanfaatkan teknologi berbasis AI dalam penerapan customer engagement tools guna meningkatkan kepuasan pelanggan. Simak di sini!"

Indonesia merupakan negara dengan ribuan destinasi wisata yang tak hanya digemari masyarakat lokal, tetapi juga internasional. Maraknya bisnis di industri pariwisata seperti agen perjalanan, tour guide, dan perhotelan membuat bisnis perlu berlomba-lomba meraup profit. Salah satu strategi untuk meningkatkan profit adalah dengan meningkatkan kepuasan atau customer experience pelanggan melalui penggunaan customer engagement tools.

Mengenal Customer Engagement Tools Berbasis AI

Customer engagement tools merupakan platform yang diciptakan untuk sebuah bisnis agar dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik bersama pelanggannya. Perangkat ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman positif pelanggan. Perusahaan di industri pariwisata seperti travel agent, tour guide, dan perhotelan perlu menggunakan customer engagement tools untuk memastikan layanan dan produknya dapat dinikmati dengan baik oleh pelanggan.

Baca Juga: Membangun Bisnis yang Berkelanjutan: Peran Customer Engagement Tools

Salah satu customer engagement tools lokal yang sudah digunakan oleh banyak perusahaan di Indonesia adalah Sociomile dari Ivosights. Sociomile menyediakan satu perangkat turunan bernama Sociobot, yaitu customer engagement berbasis artifical intelligence (AI) yang memungkinkan pelanggan untuk terkoneksi dengan perusahaan, mendapatkan informasi, dan melakukan transaksi tanpa perlu berinteraksi langsung dengan agen. Sociobot terbukti dapat meningkatkan interaksi pelanggan hingga 21%. Asisten digital ini tersedia pada berbagai kanal digital seperti WhatsApp, Telegram, situs web, dan kanal lainnya sesuai dengan permintaan klien. 

 

Baca Juga: Pengaruh Customer Engagement Tools pada Peningkatan Brand Loyalty 

Keunggulan Sociobot pada Bisnis di Industri Pariwisata

Penggunaan Sociobot dapat memberikan dampak positif terhadap perusahaan dan pelanggan secara langsung. Berikut adalah keunggulan yang akan didapatkan dari penggunaan teknologi berbasis AI tersebut:

  • Menghemat Waktu Pelanggan

Dengan menggunakan Sociobot, pelanggan tidak perlu berkonsultasi secara langsung dengan agen ataupun menunggu antrian dan giliran untuk berkomunikasi. Atas dasar itu, pelanggan dapat menghemat waktu yang cukup banyak.

  • Tersedia Selama 24 Jam

Pelanggan dapat meraih informasi mengenai paket perjalanan, fasilitas tour guide, maupun informasi penginapan pada waktu yang fleksibel selama 24 jam. Dengan bot, bisnis dapat selalu melayani interaksi pelanggan tanpa perlu menyediakan agen yang tersedia non stop tanpa batasan waktu.

  • Meningkatkan Customer Experience

Memilih destinasi wisata, penginapan, hingga fasilitas wisata dapat memakan waktu yang cukup lama, terutama dengan segala pertimbangan yang dirasakan seseorang sebelum berangkat berlibur. Dengan chat bot, pelanggan dapat secara proaktif mendapatkan rekomendasi dan bantuan secara cepat dan tepat. Terutama dengan adanya teknologi natural language processing yang membuat bot dapat mengerti pertanyaan pelanggan meskipun menggunakan bahasa Indonesia non-formal.

  • Menghemat Biaya Pelayanan

Tak hanya menguntungkan pelanggan, keberadaan bot juga menguntungkan pihak perusahaan. ChatBot dapat menekan biaya operasional layanan interaksi hingga mencapai 30%. Hal ini dikarenakan dengan adanya bot, perusahaan tidak perlu memperkerjakan agen dalam jumlah yang berlebih.

  • Meningkatnya Keuntungan

Dengan meningkatkan customer experience, reputasi bisnis juga akan ikut meningkat hingga berpengaruh besar terhadap peningkatan jumlah penjualan dan keuntungan yang didapatkan perusahaan. Terutama dalam peak season seperti libur hari raya, tahun baru, maupun long weekend.

Penerapan Sociobot pada Bisnis di Industri Pariwisata

Sociobot dapat diterapkan dalam beberapa jenis tahapan operasional di bisnis pada industri pariwisata, yaitu sebagai berikut:

  • Menyusun Frequently Asked Questions 

Frequently Asked Questions (FaQs) di sini mengacu pada pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan pelanggan pada perusahaan. Dengan menyiapkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, agen dapat menghemat waktu dan tenaga untuk tidak perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berulang. Penggunaan bot pada penyusunan jawaban dan pertanyaan ini juga akan mempermudah pelanggan untuk mendapat informasi dengan cepat. Dalam industri pariwisiata, FaQ yang biasanya muncul berkaitan dengan jenis paket perjalanan, harga, fasilitas, kelebihan dan kekurangan layanan, penawaran diskon, dan lain-lain.

  • Proses Reservasi dan Transaksi

Selanjutnya, perusahaan dapat mempersiapkan sistem reservasi atau transaksi dengan menggunakan Sociobot. Dengan teknologi pattern matching dan decision tree-based yang digunakan Sociobot, pelanggan dapat dengan mudah menekan beberapa tombol widget yang berhubungan satu sama lain untuk proses transaksi. Misalnya, tombol widget pertama berupa pilihan jenis paket perjalanan yang ingin dipesan, tombol widget kedua berupa jumlah paket yang hendak dipesan, tombol widget ketiga berkaitan dengan waktu dan tanggal, lalu tombol widget terakhir mengenai proses pembayaran.

  • Penyebaran Survei

Bisnis yang bergerak di industri perhotelan, perjalanan, dan pariwisata menjadikan kepuasan pelanggan sebagai tolak ukur keberhasilan suatu layanan. Untuk mengetahui keberhasilan dan kepuasan tersebut, perusahaan dapat mengandalkan bot untuk menyebarkan tautan survei atau review terhadap para pelanggan. Review tersebut dapat digunakan sebagai testimoni yang dapat diunggah pada situs web atau media sosial perusahaan untuk menarik pelanggan baru lainnya.

Baca Juga: Simak Jenis-jenis Survei Kepuasan Pelanggan Yuk!

Tertarik Gunakan Customer Engagement Tools Berbasis AI? Ivosights solusinya!

Sociomile adalah suatu platform contact center yang memadukan berbagai jenis kanal digital dalam 1 dashboard dan menggunakan salah satu teknologi berbasis AI, yaitu Sociobot. Tak hanya memudahkan karyawan untuk dapat mengaksesnya secara efisien, platform tersebut merupakan solusi bagi perusahaan untuk menciptakan interaksi dan hubungan positif dengan pelanggan. Tunggu apalagi? Hubungi Ivosights untuk langkah menuju bisnis dengan operasional yang efisien!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami