Customer Engagement Tools pada Penerapan Strategi Customer Focus

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 29 Februari 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer engagement tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer engagement tools. Shutterstock.

"Terapkan strategi customer focus demi meningkatkan profit. Strategi ini dapat dicapai dengan customer engagement tools. Simak ulasannya di sini!"

Strategi customer focus merupakan kiat utama untuk menjaga stabilitas sebuah bisnis. Strategi ini mengacu pada memprioritaskan kebutuhan pelanggan dalam operasional bisnis. Apabila pelanggan puas dengan produk dan layanan yang diberikan perusahaan, akan mudah bagi pelanggan untuk dapat membeli dan menggunakan produk secara berulang. Layaknya efek domino, hal ini dapat membantu perusahaan menaikan profit. Dalam penerapannya, perusahaan dapat menggunakan customer engagement tools.

Keunggulan Customer Engagement Tools untuk Penerapan Strategi Customer Focus

Customer engagement tools dapat dijadikan salah satu tahapan pertama dan utama dalam penerapan strategi customer focus. Hal ini dikarenakan platform tersebut menuai berbagai macam manfaat. Baik untuk meningkatkan customer experience, maupun mengefektifkan sistem operasional bisnis.

Customer engagement tools merupakan suatu perangkat yang dibuat untuk mengelola komunikasi dan interaksi antara sebuah bisnis dan pelanggannya. Salah satu customer engagement tools lokal yang sudah digunakan oleh banyak perusahaan di Indonesia adalah Sociomile dari Ivosights. Sociomile terdiri dari beberapa jenis platform, yaitu Sociomile Omnichannel, Sociobot, dan Sociovoice.

Berikut adalah ulasan mengenai keunggulan platform tersebut:

  • Platform yang Mudah Diakses

Ivosights menciptakan customer engagement tools yang mudah diakses untuk para pemula. Sehingga, pelaku bisnis dapat menghemat waktu adaptasi terhadap platform dan dapat langsung menggunakannya sesuai dengan target dan kebutuhan perusahaan.

  • Fleksibilitas Platform yang Tinggi

Salah satu platform customer engagement tools milik Ivosights, Sociovoice, didukung oleh IP PBX telephony system technology. Platform sistem pusat panggilan masuk dan panggilan keluar ini dapat memberikan fleksibilitas bagi karyawan. Hal ini dikarenakan karyawan dapat mengakses platform ini dari mana saja dan kapan saja, sehingga karyawan dapat memberlakukan WFA (Work from Anywhere).

  • Lengkapnya Laporan Kinerja Karyawan

Perusahaan dapat menilai dan mengevaluasi kinerja karyawan melalui laporan yang disediakan oleh customer engagement tools. Laporan ini berisi berbagai macam metriks dan dapat dikustomisasi sesuai dengan alur kerja karyawan. Hal ini merupakan investasi jangka panjang bagi perusahaan untuk dapat terus meningkatkan pelayanannya. 

  • Customer Experience yang Positif dan Terjamin

Pelanggan merupakan salah satu pihak yang dapat merasakan keunggulan customer engagement tools secara langsung. Contohnya dengan penggunaan platform Sociobot, yaitu teknologi berbasis artificial intelligence (AI) yang aktif 24 jam dan berguna untuk memudahkan pelanggan untuk mendapat informasi tanpa perlu berinteraksi langsung dengan manusia di balik layar. Dengan menggunakan platform tersebut, pelanggan dapat menghemat waktu dan juga dapat dengan mudah memperoleh informasi kapan saja. Untuk itu, customer experience yang positif akan selalu terjamin.

  • Meningkatkan Profit Perusahaan

Pengadaan customer engagement tools yang tepat dapat memberikan efek positif jangka panjang bagi para pelaku bisnis. Untuk contoh konkretnya seperti sistem integrasi 13 kanal digital dan Sociobot pada Sociomile di Ivosights. Dengan menggunakan platform ini, perusahaan dapat menghemat biaya operasional. Hal ini dikarenakan perusahaan tidak perlu menyediakan agen customer service dalam jumlah yang banyak. Selain itu, peningkatan customer experience yang positif dapat membuat reputasi dan profit perusahaan naik.

Baca Juga: Pengaruh Customer Engagement Tools pada Peningkatan Brand Loyalty 

Implementasi Strategi Customer Focus

Terdapat beberapa jenis implementasi strategi customer focus, yaitu sebagai berikut:

  • Mengelola Sistem Customer Service dengan Baik

Customer service merupakan media yang menjadi garda terdepan antara sebuah perusahaan dan pelanggannya. Untuk mengimplementasikan customer focus, perusahaan perlu memilih sistem paling efektif, menghemat waktu, dan mengedepankan kebutuhan pelanggan dengan memberikan respon yang cepat dan tepat sasaran.

  • Memberikan Pengalaman Positif dengan Efek Personalisasi

Komunikasi personal dengan pelanggan dapat membuat pelanggan memiliki familiaritas terhadap suatu perusahaan. Hal ini dapat memberikan efek positif yang berpengaruh pada loyalitas pelanggan pada perusahaan. Perusahaan dapat membuat mencoba memahami pelanggan, adaptif terhadap isu dan tren, memberikan solusi pada suatu permasalahan dengan tepat, atau menyebarkan E-Mail berisi product campaign secara langsung.

  • Responsif terhadap Feedback

Pelanggan tentu memiliki opini positif atau negatif yang berbeda-beda.  Sebagai pelaku bisnis, opini atau feedback yang diberikan dapat dijadikan sebagai dorongan dan motivasi untuk perusahaan agar dapat meningkatkan kualitasnya. Dengan menjadi responsif terhadap feedback yang ada, pelanggan ikut andil dalam perkembangan produk dan layanan. Sehingga terjadi komunikasi 2 arah yang baik dan sehat.

Tertarik dengan Customer Engagement Tools? Ivosights solusinya!

Ivosights menciptakan Sociomile, solusi bagi pelaku bisnis supaya dapat dengan mudah mengelola sistem contact center yang berisi 13 kanal digital dan voice yang terintegrasi dalam satu dashboard. Sociomile juga menyediakan laporan lengkap serta fitur yang komplit seperti chatbot, help desk management, real-time wallboard, hingga ticketing system. Apabila menggunakan Sociomile dari Ivosights, Anda dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Tunggu apalagi? Hubungi Ivosights dan rasakan manfaat layanannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami