Pengaruh Software CRM Berbasis AI pada Kesuksesan Bisnis

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 21 Maret 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM. Shutterstock.

"Pemanfaatan Software CRM Berbasis AI dapat memberikan banyak pengaruh pada kesuksesan suatu bisnis. Simak ulasannya di sini!"

Kesetiaan pelanggan akan meningkat secara signifikan jika perusahaan mampu mengelola sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM) dengan baik. Untuk mencapai tujuan ini, perusahaan dapat memanfaatkan software CRM sebagai alat pendukungnya.

Apa itu Software CRM Berbasis AI?

CRM atau customer relationship management adalah strategi yang dilakukan perusahaan atau seluruh pelaku bisnis untuk dapat mengelola interaksi dan hubungan dengan pelanggan orang-orang yang berpotensi akan menjadi pelanggan mereka. Secara umum, strategi ini bertujuan untuk meningkatkan profit perusahaan melalui peningkatan kepuasan pelanggan. Biasanya, perusahaan akan menggunakan berbagai jenis software untuk dapat menunjang kegiatan tersebut. 

Salah satu software CRM karya anak bangsa Indonesia adalah Sociobot, software CRM berbasis artifical intelligence (AI) yang memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan informasi tanpa perlu menciptakan percakapan dengan manusia asli. Sociobot beroperasi dengan menerapkan teknologi Natural Language Processing (NLP), yang memungkinkan ChatBot untuk berkomunikasi sekaligus mendeteksi bahasa secara alami dengan menggunakan sistem kecerdasan buatan Machine Learning (ML). Selain itu, Sociobot juga mengadopsi teknik pencocokan pola atau pattern matching yang mengelompokkan teks sesuai dengan pola yang telah ditentukan sebelumnya dan memastikan respons yang tepat terhadap permintaan pelanggan. Meskipun terdapat keterbatasan dalam pencocokan makna dan konteks, Ivosights telah mengembangkan metode yang menggabungkan pattern matching dengan NLP untuk meningkatkan akurasi respons ChatBot.

Selain itu, metode Decision Tree-Based digunakan dalam Sociobot, di mana pengguna diarahkan melalui serangkaian widget dengan teks jawaban otomatis, mirip dengan operasi cabang-cabang pepohonan. Misalnya, ketika pengguna mencari informasi produk, Sociobot akan bertanya jenis produk yang dicari, kemudian memandu pengguna melalui pertanyaan turunan hingga mencapai informasi spesifik yang diinginkan. 

Baca Juga: 7 Manfaat CRM Software untuk Menjaga Stabilitas Bisnis Jasa 

Pengaruh Software CRM Berbasis AI

Terdapat beberapa jenis pengaruh yang dapat dirasakan para pelaku bisnis pengguna software CRM berbasis AI, yaitu sebagai berikut:

  • Ketersediaan 24/7

Software CRM berbasis AI menyediakan ketersediaan tanpa batas. Sehingga, pelanggan dapat mendapatkan informasi kapanpun tanpa terbatas di jam kerja. Perusahaan juga perlu menyusun jawaban dan pola yang beragam dan lengkap supaya pelanggan tidak terpaku pada informasi yang minim. Ketersediaan selama 24 jam ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan dalam hal pengambilan informasi. Dalam penggunaannya, Sociobot terbukti dapat meningkatkan interaksi pelanggan hingga 21%. 

  • Customer Service Efisien

Asisten digital ini dapat secara mudah memahami serta memproses permintaan pengguna, serta memberikan jawaban yang relevan dalam jangka waktu yang singkat. Apabila terdapat pertanyaan yang sulit dijawab oleh AI, pertanyaan akan diteruskan secara otomatis kepada agen yang sudah terintegrasi dengan sistem contact center, Sociomile Omni-channel. Software tersebut merupakan dasbor yang berisi integrasi 13 kanal digital. Dengan menggunakan software tersebut karyawan dapat menampung permintaan pelanggan dengan cepat dan efisien.

  • Meningkatkan Skalabilitas

Penggunaan AI memungkinkan perusahaan untuk dapat menangani berbagai macam permintaan pelanggan secara bersamaan. Sehingga, bisnis dapat meningkatkan operasional tanpa perlu meningkatkan biaya. Hal ini sangat menguntungkan perusahaan terutama selama periode puncak atau peak-season dan ketika perusahaan mengalami lonjakan pertanyaan secara tiba-tiba.

  • Penghematan Biaya

Dengan kecepatan dan efektivitas teknologi AI yang tak terbantahkan, perusahaan dapat mengurangi biaya layanan. Perusahaan tak lagi perlu merekrut staf customer service dalam jumlah besar hanya untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Sebaliknya, dana tersebut bisa dialokasikan untuk biaya operasional bisnis lainnya atau untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan yang ditawarkan.

Implementasi Software CRM Berbasis AI pada Bisnis

Software CRM berbasis AI ini dapat diimplementasikan pada beberapa jenis kegiatan dalam tahapan operasional bisnis, yaitu sebagai berikut:

  • Menyusun Frequently Asked Questions 

Frequently Asked Questions (FaQs) merupakan pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pelanggan pada perusahaan. Dengan menyediakan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut pada software CRM, agen dapat menghemat waktu dan energi dengan tidak perlu menjawab pertanyaan yang sama berulang kali. Penggunaan bot dalam menyusun jawaban dan pertanyaan ini juga akan membantu pelanggan untuk dengan mudah mendapatkan informasi secara cepat.

  • Proses Reservasi dan Transaksi

Perusahaan dapat mengintegrasikan bot untuk menyediakan sistem reservasi atau transaksi yang mudah digunakan. Dengan teknologi Pattern Matching dan Decision Tree-Based yang diterapkan Sociobot, pelanggan bisa dengan simpel menavigasi melalui beberapa tombol widget terkait untuk melakukan transaksi. Contohnya, pertama-tama, pelanggan memilih jenis produk yang ingin dibeli melalui tombol widget, lalu memilih jumlah produk pada tombol widget berikutnya, disusul dengan pilihan warna atau ukuran produk pada tombol widget ketiga, dan terakhir, menyelesaikan proses pembayaran melalui tombol widget terakhir.

  • Penyebaran Survei

Untuk menilai seberapa baik produk dan layanan perusahaan telah memenuhi harapan dan kepuasan pelanggan, perusahaan bisa menggunakan CRM berbasis AI ini untuk mengirimkan tautan survei atau permintaan ulasan kepada pelanggan. Ulasan ini bisa dijadikan sebagai testimonial yang bisa dipublikasikan di situs web atau platform media sosial perusahaan. Sehingga membantu menarik minat pelanggan baru untuk bergabung.

Tertarik Menggunakan Software CRM Berbasis AI? Segera Hubungi Ivosights!

Sociomile adalah suatu platform contact center yang memadukan berbagai jenis kanal digital dalam 1 dashboard dan menggunakan salah satu teknologi berbasis AI, yaitu Sociobot. Tak hanya memudahkan karyawan untuk dapat mengaksesnya secara efisien, platform tersebut merupakan solusi bagi perusahaan untuk menciptakan interaksi dan hubungan positif dengan pelanggan. Tunggu apalagi? Hubungi Ivosights untuk langkah menuju bisnis dengan operasional yang efisien!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami