Ketahui Keunggulan Aplikasi CRM Berbasis Cloud

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 27 Februari 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM. Shutterstock.

"CRM berbasis cloud memiliki banyak keunggulan yang dapat Anda manfaatkan untuk manajemen hubungan bisnis dengan pelanggan"

Salah satu hal terpenting dalam menjalankan bisnis yang efektif adalah memelihara hubungan pelanggan yang baik. Memelihara hubungan yang baik dan kuat dengan pelanggan adalah kunci bagi bisnis yang ingin mencapai kesuksesan jangka panjang. Dengan perkembangan teknologi, perusahaan dapat menggunakan berbagai alat yang canggih untuk mengelola interaksi dengan pelanggan mereka. Penggunaan alat-alat ini dapat membantu bisnis untuk menciptakan customer management yang lebih teratur, efektif, dan juga efisien. Salah satu alat yang dapat digunakan bisnis untuk hal ini adalah CRM application atau aplikasi CRM.

Dengan banyaknya jenis-jenis aplikasi CRM yang beredar di pasaran, aplikasi CRM berbasis cloud atau cloud CRM menjadi salah satu pilihan unggul bagi perusahaan yang ingin mengimplementasikan aplikasi CRM dalam sistem kerja mereka. Simak berbagai keunggulan aplikasi CRM berbasis cloud yang dapat membantu manajemen hubungan pelanggan bisnis Anda!

Apa itu Aplikasi Aplikasi CRM Berbasis Cloud?

CRM application atau customer relationship management application adalah aplikasi yang bertujuan untuk membantu perusahaan mengelola hubungan bisnis dengan pelanggan. Aplikasi CRM berbasis cloud memiliki sistem yang dioperasikan di cloud oleh penyedia layanan. Hal ini berarti penyedia layanan menyimpan seluruh data-data di cloud dan pengguna dapat mengakses data ini selama memiliki koneksi internet.

Baca Juga: Apa Itu CRM? Pentingnya CRM untuk Sebuah Bisnis!

Keunggulan Aplikasi CRM Berbasis Cloud

Aplikasi CRM berbasis cloud memiliki banyak keunggulan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Aksesibel dan Mudah Digunakan

CRM berbasis cloud memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi CRM dari perangkat manapun yang memiliki koneksi internet. Hal ini membuat aplikasi CRM mudah untuk digunakan siapapun dan dimanapun.

  • Peningkatan Fleksibilitas dan Skalabilitas

Implementasi sistem cloud pada aplikasi CRM menjadikan cloud-based CRM sangat fleksibel. Aplikasi CRM berbasis cloud memberikan kesempatan bagi pengguna untuk melakukan kustomisasi sesuai kebutuhan bisnis mereka. Pengguna juga dapat menyesuaikan kapasitas operasional aplikasi CRM berbasis cloud dengan mudah.

  • Kemampuan Integrasi Data

Salah satu fitur unggul yang dimiliki aplikasi CRM berbasis cloud adalah kemampuan untuk mengintegrasikan CRM berbasis cloud dengan sistem atau platform lain. Hal ini memudahkan bisnis untuk melakukan manajemen data secara efisien.

  • Cost-Effective

Aplikasi CRM berbasis cloud cenderung memiliki biaya awal yang lebih rendah dan perusahaan tidak perlu berinvestasi untuk infrastruktur IT yang mahal. Hal ini menjadikan aplikasi CRM berbasis cloud sangat cocok untuk usaha kecil dan menengah. Tidak hanya itu saja, fitur-fitur aplikasi CRM berbasis cloud juga memungkinkan bisnis untuk mendata riwayat aktivitas pelanggan dan data-data penting lainnya dalam satu tempat sehingga bisnis hanya perlu berinvestasi satu kali untuk mendapatkan semua fitur unggulan yang dibutuhkan untuk meningkatkan profit dan produktivitas bisnis mereka.

  • Keamanan Data yang Terjamin

Aplikasi CRM berbasis cloud menyediakan sistem proteksi data yang lebih terjamin dan berlapis. CRM berbasis cloud menyediakan fitur enkripsi data dan juga back-up data secara otomatis. Hal ini membuat aplikasi CRM berbasis data unggul dalam keamanan data.

  • Membantu Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dengan data yang lebih terintegrasi dan akses yang lebih mudah, aplikasi CRM berbasis cloud dapat membantu bisnis untuk meningkatkan produktivitas kerja bisnis mereka. Hal ini membuat bisnis dapat merespons kebutuhan pelanggan dengan lebih efektif dan efisien, menjamin kepuasan pelanggan yang dapat menjadi potensi peningkatan profitabilitas pada jangka panjang.

Fitur-Fitur Aplikasi CRM Berbasis Cloud

Keunggulan-keunggulan aplikasi CRM berbasis cloud di atas didukung oleh fitur-fiturnya. Berikut adalah fitur-fitur aplikasi CRM berbasis cloud yang paling penting:

  • Contact Management System

Contact management system atau manajemen kontak adalah fitur pada aplikasi CRM berbasis cloud yang memungkinkan bisnis untuk menginput, mengatur, dan mengelola informasi kontak pelanggan. Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk mengatur strategi kampanye bisnis berdasarkan kebutuhan dan pengelompokan pelanggan. Manajemen kontak yang teratur juga dapat memudahkan operasi kerja sehingga meningkatkan produktivitas.

  • Sales Management

Fitur sales management pada aplikasi CRM berbasis cloud memungkinkan bisnis untuk melacak proses penjualan dari awal sampai akhir. Anda dapat menggunakan informasi yang didapatkan dari fitur ini untuk mengevaluasi penjualan dan menyusun strategi yang sesuai untuk meningkatkan penjualan berikutnya.

  • Manajemen Tiket

Aplikasi CRM berbasis cloud juga memiliki fitur manajemen tiket yang memungkinkan Anda untuk melacak dan mengatur keluhan pelanggan dari awal hingga akhir. Manajemen tiket yang teratur memudahkan customer support untuk melayani kebutuhan pelanggan dengan lebih cepat dan efektif. Hal ini dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan. 

  • Otomatisasi Alur Kerja

Aplikasi CRM berbasis cloud juga memiliki fitur otomatisasi penjualan dan juga alur kerja atau proses bisnis yang berhubungan dengan customer management. Anda dapat melakukan kustomisasi atau penyesuaian proses bisnis yang dapat diotomatisasi, mempersingkat alur kerja dan meningkatkan produktivitas.

  • Laporan dan Analisis Data

Fitur analytics report yang dimiliki aplikasi CRM berbasis cloud adalah salah satu fitur yang sangat penting bagi bisnis. Dengan fitur ini, Anda akan mendapatkan laporan dan analisis data-data yang tersimpan dalam aplikasi CRM. Laporan dan analisis data ini dapat digunakan untuk melakukan evaluasi kerja dan juga sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan strategi penjualan atau peningkatan bisnis berikutnya.

  • Integrasi dengan Kanal Lain

Seperti yang sudah disebutkan di atas, aplikasi CRM berbasis cloud memiliki fitur yang memungkinkan integrasi sistem dengan sistem yang sudah ada maupun kanal atau platform lain. Anda dapat mengintegrasikan cloud based CRM dengan project manager yang dimiliki, email, dan juga sosial media. Fitur ini dapat membantu efisiensi alur kerja dan memastikan aksesibilitas data.

Baca Juga: Tools Apa Saja yang Dapat Disambungkan ke CRM? Cek Disini!

Dapatkan Keunggulan Aplikasi CRM untuk Bisnis Anda dengan Sociomile!

Dengan berbagai fitur-fitur unggul, aplikasi CRM menjadi barang wajib untuk mengoptimalkan proses pemeliharaan hubungan bisnis dengan pelanggan. Implementasi sistem cloud pada aplikasi CRM memungkinkan CRM yang lebih aksesibel dan efektif yang dapat membantu mengatur dan menguatkan hubungan bisnis dengan pelanggan. Sociomile memanfaatkan fitur-fitur terunggul CRM berbasis cloud dan memadukannya dengan fitur-fitur inovatif CRM lain untuk menghasilkan sistem contact center omni-channel yang optimal untuk bisnis Anda. Jangan lewatkan kesempatan mengelola hubungan pelanggan dengan mudah dan efektif untuk mencapai kesuksesan bisnis jangka panjang. Hubungi Ivosights sekarang juga untuk mendapatkan CRM unggul untuk bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami