Peran AI dan Machine Learning dalam Sistem Contact Center Modern

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 12 Juni 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Contact Center. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - Contact Center. Shutterstrock

"AI dan machine learning dapat mendukung perkembangkan contact center perusahaan. Sehingga, perusahaan dapat meningkatkan efektivitas komunikasi dengan pelanggan"

Dalam era digital yang terus berkembang dan persaingan bisnis yang semakin sengit, sangat penting bagi perusahaan untuk menemukan cara untuk menjaga stabilitas operasional mereka. Salah satu langkah yang dapat diambil adalah menggunakan software contact center yang tepat dan komprehensif untuk membantu mengelola hubungan dengan pelanggan dan memaksimalkan potensi bisnis.

Mengenal Sistem Contact Center Modern dengan Bantuan AI

Dalam operasional bisnis, contact center memegang peranan penting dalam memediasi komunikasi antara perusahaan dan pelanggan. Melalui contact center, pelanggan dapat mengakses informasi terkait produk dan layanan, menyampaikan keluhan dan masukan, serta meminta dukungan. Selain itu, perusahaan dapat menggunakan pusat kontak untuk keperluan promosi, memberikan penawaran khusus, dan menyampaikan informasi penting lainnya kepada pelanggan. Contact center yang ideal dan efektif dapat membantu perusahaan mencapai kepuasan pelanggan. Ini bisa berdampak pada loyalitas pelanggan terhadap merek, yang pada akhirnya mendukung profitabilitas perusahaan.

Baca Juga: Arti Multichannel dalam Contact Center 

Peran AI dan Machine Learning dalam Contact Center

AI dan machine learning berperan penting dalam sistem contact center modern. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Dukungan Otomatisasi

Keberadaan AI dan machine learning pada sistem contact center modern berperan dalam mendukung otomatisasi operasional bisnis. Contohnya seperti pengadaan bot yang dapat membantu menangani pertanyaan dan tugas rutin bisnis dan memberikan respons instan. 

  • Peningkatan Customer Experience

Customer experience yang positif dapat mendorong pelanggan untuk terus bertransaksi pada brand tertentu. Tak hanya itu, pelanggan dapat merekomendasikan brand tersebut pada orang lain atau dinamakan word of mouth marketing. Algoritme machine learning dapat membantu mewujudkan customer experience positif dengan cara menganalisis data pelanggan untuk memberikan pengalaman yang dipersonalisasi, seperti rekomendasi yang disesuaikan. AI juga dapat membantu menilai emosi dan sentimen pelanggan dari interaksi yang tercipta.

  • Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas Bisnis

Bantuan machine learning dapat membantu perusahaan memperkirakan volume panggilan pada contact center, serta membantu penjadwalan agen yang efisien, dan memastikan bahwa contact center memiliki staf yang memadai setiap saat. AI juga membantu perusahaan untuk memiliki sistem operasional yang efisien dengan produktivitas yang terjamin.

  • Analisis dan Wawasan Tingkat Lanjut

AI juga dapat berperan penting dalam menganalisis sejumlah besar data dari interaksi pelanggan. Sehingga, perusahaan dapat mengetahui tren, pola, dan wawasan. Sehingga dapat membantu bisnis mengambil keputusan yang tepat tentang bisnisnya. Algoritma machine learning pada contact center juga dapat memantau kinerja agen.

  • Dukungan Proaktif dalam Menangani Krisis Digital

AI dan machine learning dapat membantu perusahaan mendapatkan dukungan secara proaktif, terutama dalam menangani krisis digital. AI dapat memprediksi potensi masalah atau krisis sebelum krisis muncul dan membesar. Sehingga, bisnis dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan mencegah tersebarnya masalah secara proaktif.

  • Dukungan Omnichannel

Sistem contact center omnichannel pada umumnya menggunakan alat bantu AI dan machine learning untuk mendukung operasional bisnis. Dengan dukungan omnichannel, perusahaan dapat memiliki saluran komunikasi yang beragam. Sehingga, pelanggan dapat menjalin komunikasi dengan intensitas yang lebih tinggi.

  • Kemampuan Natural Language Processing (NLP)

Pengadopsian AI dan machine learning tidak dapat dipisahkan keberadaannya dari teknologi Natural Language Processing (NLP) atau pemrosesan bahasa alami. NLP memungkinkan bot contact center untuk mendeteksi bahasa manusia yang natural, juga menghasilkan respons yang sesuai dengan bahasa alami. Sehingga, interaksi yang terjalin tidak bersifat terlalu kaku.

  • Pelatihan dan Pengembangan

Dengan bantuan AI dan machine learning, perusahaan dapat terbantu dalam aspek pelatihan dan pengembangan sistem contact center. AI dapat membantu menyediakan modul pelatihan untuk agen dan juga membantu proses pelatihan agen contact center. 

Baca Juga: 8 Tips Kelola Contact Center Bisnis untuk Tingkatkan Kepuasan Konsumen 

Tertarik Menggunakan Software Contact Center dengan Dukungan AI dan Machine Learning? Segera Hubungi Ivosights!

Sociomile adalah suatu platform contact center omnichannel yang dapat mengintegrasikan berbagai jenis kanal digital dalam 1 dashboard dan didukung oleh salah satu teknologi berbasis AI, yaitu Sociobot. Sociobot adalah software yang menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP) dan Machine Learning (ML) untuk memberikan informasi kepada pelanggan tanpa interaksi manusia. Mengadopsi teknik pattern matching dan metode Decision Tree-Based, Sociobot berguna untuk mengelompokkan teks dan memandu pengguna melalui pertanyaan bertingkat untuk menghasilkan respons akurat dan relevan. Dengan kombinasi NLP dan pattern matching, Sociobot dapat menghasilkan respons akurat dan efektif. Tak hanya memudahkan karyawan untuk dapat mengaksesnya secara efisien, platform tersebut merupakan solusi bagi perusahaan untuk menciptakan interaksi dan hubungan positif dengan pelanggan. Tunggu apalagi? Hubungi Ivosights untuk langkah menuju bisnis dengan operasional yang efisien!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami