Mengenal Lebih Dalam Jenis-jenis Server Contact Center

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 27 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Contact center. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Contact center. Shutterstock.

"Salah satu teknologi yang membantu perusahaan dalam memberikan layanan pelanggan yang efektif dan efisien adalah server contact center"

Dalam era digital seperti sekarang ini, layanan pelanggan menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Salah satu teknologi yang membantu perusahaan dalam memberikan layanan pelanggan yang efektif dan efisien adalah server contact center. Namun, tidak semua perusahaan mengenal jenis-jenis server contact center yang tersedia. Oleh karena itu, pada artikel ini Ivosights akan mengajak Anda mengenal lebih dalam jenis-jenis server contact center yang ada dan bagaimana memilih server yang tepat untuk kebutuhan perusahaan Anda.

Apa Itu Server Contact Center?

Server contact center adalah sebuah sistem yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola interaksi dengan pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi seperti telepon, email, pesan teks, atau media sosial. Server ini berfungsi untuk mengatur antrian panggilan, memproses informasi pelanggan, dan menghubungkan agen layanan pelanggan dengan pelanggan yang membutuhkan bantuan. Dengan menggunakan server contact center, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam memberikan layanan pelanggan yang berkualitas tinggi.

Baca Juga: Meningkatkan Customer Experience Dengan Inbound Contact Center

Jenis-jenis Server Contact Center

Berikut adalah penjelasan rinci mengenai jenis-jenis server contact center yang perlu Anda ketahui:

#1 On-premise contact center server

On-premise contact center server adalah server yang terletak di lokasi fisik perusahaan. Perusahaan akan membeli perangkat keras dan perangkat lunak untuk diinstal di server mereka sendiri. Server ini mengendalikan seluruh interaksi pelanggan secara internal, sehingga memberikan perusahaan lebih banyak kontrol dan keamanan dalam memproses data pelanggan. Namun, pengaturan on-premise contact center server membutuhkan investasi awal yang besar dan perlu perawatan dan pemeliharaan yang berkelanjutan.

#2 Cloud-based contact center server

Cloud-based contact center server adalah server yang disediakan oleh penyedia layanan cloud. Server ini menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak penyedia layanan yang disimpan di data center penyedia layanan. Perusahaan akan mengakses server ini melalui internet dan membayar biaya berlangganan bulanan atau tahunan. Cloud-based contact center server lebih fleksibel dan mudah diakses dari mana saja. Namun, keamanan data pelanggan tergantung pada penyedia layanan cloud.

#3 Hybrid contact center server

Hybrid contact center server adalah kombinasi dari on-premise contact center server dan cloud-based contact center server. Perusahaan dapat menyimpan data pelanggan yang sensitif di server on-premise sementara data pelanggan yang tidak terlalu sensitif disimpan di cloud-based contact center server. Hybrid contact center server memberikan fleksibilitas dan keamanan yang lebih tinggi untuk perusahaan. Namun, konfigurasi hybrid contact center server membutuhkan keahlian teknis yang cukup.

Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing Jenis Server

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis server contact center:

#1 On-premise contact center server

Kelebihan:

  • Memberikan perusahaan lebih banyak kontrol dan keamanan atas data pelanggan
  • Perusahaan dapat mengkonfigurasi server sesuai kebutuhan bisnis mereka
  • Biaya berlangganan bulanan atau tahunan tidak diperlukan

Kekurangan:

  • Membutuhkan investasi awal yang besar untuk membeli perangkat keras dan perangkat lunak server
  • Perlu perawatan dan pemeliharaan yang berkelanjutan
  • Sulit untuk diakses dari luar kantor

#2 Cloud-based contact center server

Kelebihan:

  • Mudah diakses dari mana saja melalui internet
  • Tidak memerlukan investasi awal yang besar
  • Memiliki biaya berlangganan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis

Kekurangan:

  • Keamanan data pelanggan tergantung pada penyedia layanan cloud
  • Tidak memberikan kontrol yang sama atas data pelanggan seperti on-premise contact center server
  • Membutuhkan koneksi internet yang stabil

Baca Juga: Omni-channel Contact Center Dapat Meningkatkan Customer Experience

#3 Hybrid contact center server

Kelebihan:

  • Memberikan fleksibilitas dan keamanan yang lebih tinggi
  • Perusahaan dapat menyimpan data pelanggan yang sensitif di server on-premise sementara data pelanggan yang tidak terlalu sensitif disimpan di cloud-based contact center server
  • Memungkinkan perusahaan untuk memilih jenis server yang paling cocok untuk kebutuhan bisnis mereka

Kekurangan:

  • Membutuhkan keahlian teknis yang cukup untuk mengkonfigurasi server
  • Memerlukan biaya awal yang lebih besar dibandingkan dengan cloud-based contact center server
  • Memerlukan pemeliharaan dan pemantauan yang berkelanjutan

Tertarik Memiliki Layanan Contact Center Terbaik di Perusahaan Anda?

Ivosights melalui layanan Sociomile siap membantu Anda untuk mewujudkan tujuan bisnis. Dengan dukungan sumber daya manusia dan sistem yang profesional dan canggih, Ivosights akan membantu Anda dalam meningkatkan keuntungan bisnis.

Sistem contact center Sociomile dari Ivosights adalah sistem contact center dengan layanan terlengkap di bidangnya yang bertujuan untuk membantu suatu brand atau perusahaan berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai kanal secara efektif dan efisien, tidak perlu membuka berbagai platform yang berbeda-beda dalam satu waktu, Anda dapat melakukannya hanya melalui satu dashboard.

Sociomile mengintegrasikan 13 kanal digital dan voice dalam satu dashboard, terlengkap untuk sistem sejenis. Hal lain yang membuat Sociomile semakin menarik adalah bahwa Sociomile dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan setiap perusahaan yang berbeda-beda.

Ivosights menyediakan beragam modul yang siap diimplementasikan sesuai workflow yang Anda inginkan, baik Dashboard, Flow Ticket, maupun Reporting yang dikembangkan secara cepat dengan dukungan tim lokal. Ayo hubungi Ivosights sekarang dan rasakan manfaat layanan Sociomile dari Ivosights segera!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami