Mengenal Bahaya Malware Bagi Contact Center

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 27 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Contact Center. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Contact Center. Shutterstock.

"Malware dapat merusak sistem contact center dan mempengaruhi kinerja agen contact center, bahkan bisa berdampak pada keamanan data pelanggan"

Dalam era digital yang semakin maju di masa kini, penggunaan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan semakin tidak terhindarkan. Hal ini juga berlaku dalam industri layanan pelanggan atau contact center, yang semakin bergantung pada teknologi untuk mempercepat proses penanganan masalah pelanggan. Namun, kemajuan teknologi juga membawa risiko baru, salah satunya adalah malware. Malware dapat merusak sistem contact center dan mempengaruhi kinerja agen contact center, bahkan bisa berdampak pada keamanan data pelanggan. Oleh karena itu, penting bagi pemilik bisnis untuk mengenal bahaya malware terhadap contact center dan bagaimana cara melindungi sistem contact center dari serangan malware.

Apa Itu Malware?

Malware atau malicious software adalah program komputer berbahaya yang dirancang untuk merusak, mengganggu, atau mencuri data pada sistem yang terinfeksi. Malware bisa mencakup virus, worm, Trojan, ransomware, dan spyware.

Malware bisa merusak sistem contact center. Misalnya, malware bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat keras seperti server atau router, yang akan mempengaruhi kinerja agen contact center dan memperlambat proses penanganan masalah pelanggan. Selain itu, malware bisa juga menyebabkan gangguan pada operasi layanan pelanggan, misalnya dengan membuat sistem menjadi tidak responsif atau mematikan sementara sistem layanan pelanggan. Selain itu, jika malware berhasil mengakses data pelanggan, maka akan berdampak pada keamanan data pelanggan, dan bisa merusak reputasi bisnis. Oleh karena itu, pemilik bisnis harus memperhatikan dan melindungi sistem contact center mereka dari serangan malware.

Baca Juga: Amankan WhatsApp Business API, Ini 7 Tips Mengatasi Serangan Phising

Jenis Gangguan Malware Terhadap Contact Center

Berikut adalah beberapa jenis gangguan malware yang dapat terjadi pada contact center:

  • Virus

Virus adalah jenis malware yang menyebar dengan menyisipkan diri ke dalam file atau program yang sah, sehingga virus dapat menyebar ke sistem lain melalui file yang terinfeksi. Virus dapat menyebabkan kerusakan pada sistem contact center dan memperlambat kinerja layanan pelanggan.

  • Trojan

Trojan adalah jenis malware yang menyamar sebagai program atau file yang sah, sehingga pengguna akan menginstal atau menjalankan Trojan tanpa menyadari bahwa itu adalah malware. Trojan bisa digunakan untuk mencuri data penting, seperti kata sandi atau informasi keuangan, dan merusak sistem contact center.

  • Ransomware

Ransomware adalah jenis malware yang mengenkripsi file pada sistem teknologi, sehingga pengguna tidak dapat mengakses file tersebut tanpa membayar tebusan kepada penyerang. Ransomware bisa menyebabkan gangguan pada operasi layanan pelanggan dan mempengaruhi kinerja agen layanan pelanggan.

  • Spyware

Spyware adalah jenis malware yang mengumpulkan informasi tentang pengguna sistem contact center dan kemudian mengirimkannya kepada penyerang. Spyware bisa digunakan untuk mencuri informasi penting tentang pelanggan, seperti data pribadi atau keuangan, dan merusak reputasi bisnis contact center.

  • Worm

Worm adalah jenis malware yang menyebar dengan cepat melalui jaringan atau internet, dan bisa menyebabkan kerusakan pada sistem contact center. Worm bisa menyebar melalui email atau pesan instan, sehingga pengguna tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi worm.

Cara Kerja Malware Dalam Merusak Contact Center

Cara kerja malware dapat bervariasi tergantung pada jenisnya, namun secara umum, ada beberapa tahapan umum dalam cara kerja malware:

  • Infeksi

Malware biasanya menyebar melalui email spam, situs web yang tidak aman, atau aplikasi yang terinfeksi. Saat pengguna mengklik tautan atau mengunduh file yang terinfeksi, malware akan memasuki sistem komputer pengguna.

  • Penyebaran

Setelah malware masuk ke dalam sistem, ia akan mencoba menyebar ke komputer lain melalui jaringan atau internet, atau melalui file yang terinfeksi yang dibagikan ke perangkat lain.

  • Pengambilan kontrol

Setelah malware berhasil menyebar ke sistem, ia akan mencoba mengambil kontrol atas sistem dan mengambil akses ke data atau informasi penting. Hal ini bisa menyebabkan penurunan kinerja sistem, gangguan pada operasi layanan pelanggan, atau pencurian data.

  • Pemantauan

Beberapa jenis malware, seperti spyware, akan mencoba memantau aktivitas pengguna pada sistem. Informasi yang dikumpulkan kemudian dapat digunakan untuk mencuri informasi pribadi, informasi keuangan, atau informasi bisnis.

  • Penghapusan atau penyebaran lebih lanjut

Beberapa malware memiliki tujuan untuk menghapus file penting atau merusak sistem, sementara jenis malware lainnya dapat mengambil alih sistem dan menggunakan komputer sebagai bagian dari jaringan botnet yang digunakan untuk melakukan serangan lebih lanjut.

Baca Juga: Yuk Simak Apa Saja Implementasi Firewall dalam Call Center!

Tertarik Memiliki Contact Center yang Aman di Perusahaan Anda?

Ivosights melalui layanan Sociomile siap membantu Anda untuk mewujudkan tujuan bisnis. Dengan dukungan sumber daya manusia dan sistem yang profesional dan canggih, Ivosights akan membantu Anda dalam meningkatkan keuntungan bisnis.

Sistem contact center Sociomile dari Ivosights adalah sistem contact center dengan layanan terlengkap di bidangnya yang bertujuan untuk membantu suatu brand atau perusahaan berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai kanal secara efektif dan efisien, tidak perlu membuka berbagai platform yang berbeda-beda dalam satu waktu, Anda dapat melakukannya hanya melalui satu dashboard.

Sociomile mengintegrasikan 13 kanal digital dan voice dalam satu dashboard, terlengkap untuk sistem sejenis. Hal lain yang membuat Sociomile semakin menarik adalah bahwa Sociomile dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan setiap perusahaan yang berbeda-beda.

Ivosights menyediakan beragam modul yang siap diimplementasikan sesuai workflow yang Anda inginkan, baik Dashboard, Flow Ticket, maupun Reporting yang dikembangkan secara cepat dengan dukungan tim lokal. Ayo hubungi Ivosights sekarang dan rasakan manfaat layanan Sociomile dari Ivosights segera!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami