Ini Strategi Untuk Tingkatkan Keamanan Data Workstation Contact Center

BPO Contact Center

,

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 10 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - BPO Contact Center. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - BPO Contact Center. Shutterstock

"Anda perlu menjaga keamanan data para pelanggan perusahaan termasuk dalam pengelolaan workstation layanan contact center"

Walaupun membuat dunia kita semakin modern, perkembangan teknologi juga meningkatkan potensi adanya resiko dalam keamanan data. Hal ini juga menjadi perhatian bagi perusahaan saat mengelola  workstation  contact center. Sebagai solusinya, Anda dapat meningkatkan standar keamanan data dengan mengikuti tips-tips dan regulasi yang berlaku di bawah ini.

Pentingnya Keamanan Data di Workstation Contact Center

Keamanan data di workstation contact center merupakan sesuatu yang sangat penting. Hal ini dikarenakan workstation berfungsi sebagai tempat para agen bekerja dan mengakses data-data pribadi pelanggan perusahaan.  Penjagaan kerahasiaan data-data ini berguna supaya meminimalisir atau menghilangkan resiko kebocoran serta penyalahgunaan data tersebut. Jika sampai terjadi pelanggaran keamanan data, perusahaan akan mengalami kerugian finansial dan penurunan reputasi.

Baca juga: Mengenal Pentingnya Workstation Solution pada Contact Center

Beberapa Strategi Keamanan Data untuk Workstation Contact Center

Untuk meningkatkan keamanan data pelanggan dalam workstation contact center, Anda perlu menerapkan beberapa langkah di bawah ini:

  • Implementasi Keamanan Fisik

Pertama, lakukan pengecekan terhadap keamanan fisik workstation contact center. Pastikan akses ke area workstation hanya diberikan kepada karyawan atau agen yang memang berwenang dalam perusahaan. Untuk menambah keamanan, terapkan juga sistem keamanan berupa kartu akses atau sidik jari untuk membatasi akses masuk. Anda juga dapat memasang kamera CCTV.

  • Penggunaan Keamanan Jaringan

Selanjutnya, perkuat keamanan jaringan di workstation contact center dengan menggunakan firewall kuat untuk melindungi jaringan dari berbagai serangan keamanan. Lakukan pembaruan software keamanan dan pindai malware secara berkala.

  • Enkripsi Data

Adanya enkripsi data dapat mengkonversi data tersebut menjadi format yang tidak dapat dibaca oleh pihak luar yang tidak berwenang. Gunakan juga protokol enkripsi yang kuat untuk melindungi data pelanggan.

  • Pelatihan Keamanan Data

Selain menerapkan teknologi keamanan terkini, libatkan para agen juga untuk menjaga keamanan data di workstation dengan cara mengadakan pelatihan relevan secara berkala. Dengan ini, kesadaran agen tentang ancaman keamanan dan upaya untuk mencegahnya akan meningkat. Berikan sosialisasi juga tentang cara mengidentifikasi serangan phishing, menjaga kerahasiaan kata sandi, dan tata cara pelaporan kejadian yang mencurigakan.

  • Pemantauan Aktivitas

Kemudian, pantau seluruh aktivitas workstation contact center dengan cara memonitor akses, penggunaan aplikasi, serta aktivitas agen. Adanya pemantauan yang baik akan memudahkan Anda untuk segera bertindak jika terjadi pelanggaran keamanan.

Apa Saja Regulasi dan Standar Keamanan dalam Contact Center?

Selain menerapkan cara-cara yang tertera di atas, Anda juga perlu memperhatikan regulasi dan standar keamanan yang berlaku. Beberapa regulasi dan standar yang harus diperhatikan antara lain sebagai berikut:

  • General Data Protection Regulation (GDPR)

GDPR merupakan sebuah peraturan perlindungan data yang berlaku di Uni Eropa. Peraturan ini mengatur tentang pengumpulan, penggunaan, dan penyimpanan data pribadi pelanggan. Peraturan ini berlaku untuk semua perusahaan yang beroperasi di wilayah Uni Eropa maupun pelanggan perusahaan yang tinggal dari wilayah tersebut.

  • Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS)

PCI DSS berlaku untuk perusahaan yang memproses transaksi kartu kredit karena peraturan ini mengatur tentang keamanan data kartu kredit, termasuk proteksi data saat disimpan dan ditransmisikan.

  • ISO/IEC 27001

ISO/IEC 27001 adalah sebuah standar internasional yang berfungsi sebagai manajemen keamanan informasi. Standar ini memberikan kerangka kerja komprehensif untuk mengelola risiko keamanan informasi. Dengan adanya standar ini, perusahaan dapat terbantu dalam menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data di workstation contact center.

Baca juga: Tools Keamanan Contact Center Selain Firewall, Wajib Tahu!

Kelola Perangkat Workstation Anda dengan Baik Bantuan Kami!

Dengan menyimak artikel di atas, Anda sudah mengetahui bagaimana pentingnya keamanan data dalam pengelolaan workstation contact center. Menerapkan beberapa cara di atas akan menghindarkan berbagai serangan keamanan yang dapat merusak perangkat workstation contact center perusahaan Anda.

Supaya pengelolaan workstation perusahaan Anda terjaga, serahkan saja pada kami, Ivosights. Kami menyediakan layanan BPO Contact Center sebagai end-to-end solution yang memberikan dukungan teknologi terlengkap. Dengan ini, kinerja dan kualitas pelayanan pelanggan yang dihasilkan oleh para agen akan meningkat. Segera lakukan konsultasi terkait kebutuhan contact center Anda untuk mendapatkan solusi terbaik di Ivosights.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami