Ini Beberapa Kesulitan Pelanggan Saat Menghubungi Contact Center!

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 16 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Contact center. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Contact center. Shutterstock.

"Contact center berfungsi memberikan layanan pelanggan yang berkualitas dan membantu perusahaan menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan mereka"

Contact center adalah bagian penting yang selalu dimiliki perusahaan. Contact center menjadi penting karena fungsinya yang memberikan layanan pelanggan yang berkualitas dan membantu perusahaan untuk menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan mereka.

Dengan adanya contact center, pelanggan dapat menghubungi perusahaan untuk mendapatkan bantuan atau informasi yang mereka butuhkan, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Contact center juga dapat membantu perusahaan untuk mengumpulkan informasi penting dari pelanggan, seperti umpan balik atau keluhan pelanggan, yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Meskipun demikian, saat ini contact center juga menjadi aspek yang kerap kali dikeluhkan oleh pelanggan karena beberapa masalah yang dihadapi mereka. Contact center sebagai ujung tombak image perusahaan tentunya memegang peranan penting untuk menggaet hati pelanggan. Salah langkah bisa membuat semuanya menjadi fatal!

Pada artikel ini kita akan berfokus pada kualitas agen telesales. Untuk meningkatkan kualitasnya memang bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti pelatihan dan evaluasi. Akan tetapi, agen telesales bisa mempelajari dan mendalami tugasnya dengan lebih memahami kesulitan yang dihadapi pelanggan. Mengapa? Karena kesalahan adalah pelajaran yang berharga bagi siapapun yang ingin berkembang. Untuk kamu para agen telesales yang ingin mengembangkan diri, kamu wajib membaca artikel ini sampai selesai!

Kesulitan Pelanggan Menelepon Contact Center

Biasanya, pelanggan yang menelpon contact center dapat mengalami beberapa kesulitan, seperti kesulitan untuk terhubung dengan operator, kesulitan untuk mengerti instruksi yang diberikan oleh operator, atau bahkan kesulitan untuk menjelaskan masalah yang dialami secara jelas dan terperinci kepada operator. Selain itu, pelanggan juga dapat mengalami kesulitan jika terdapat kemacetan jaringan atau gangguan teknis lainnya yang menyebabkan percakapan tidak dapat dilanjutkan dengan lancar.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi keluhan umum pelanggan saat mendapat kendala menelepon contact center:

  • Sulit Terhubung

Ada beberapa alasan mengapa pelanggan mungkin mengalami kesulitan untuk terhubung dengan contact center. Salah satu alasannya adalah jumlah pelanggan yang mencoba untuk terhubung dengan contact center mungkin sedang sangat tinggi, sehingga membuat antrean menjadi panjang dan memakan waktu lebih lama untuk terhubung dengan agen telesales.

  • Tidak Mengerti Instruksi

Ada beberapa alasan mengapa pelanggan mungkin tidak mengerti instruksi yang diberikan oleh agen telesales di contact center. Salah satu alasannya adalah karena operator mungkin tidak memberikan instruksi secara jelas dan gamblang, atau pelanggan mungkin memiliki bahasa asing sebagai bahasa utama mereka sehingga mengalami kesulitan untuk memahami instruksi yang diberikan oleh operator. Mungkin juga pelanggan tidak familiar dengan produk atau layanan yang ditawarkan, sehingga mengalami kesulitan untuk mengikuti instruksi yang diberikan oleh operator.

  • Jaringan yang Lemah

Ada beberapa alasan mengapa jaringan contact center mungkin tidak bagus. Salah satu alasannya adalah karena jaringan internet di tempat contact center tersebut mungkin mengalami gangguan atau interupsi, sehingga menyebabkan kualitas jaringan menjadi buruk. Mungkin juga karena perangkat yang digunakan untuk mengakses jaringan internet di contact center tersebut tidak memiliki spesifikasi yang cukup baik, sehingga menyebabkan jaringan menjadi lambat atau tidak stabil. Ada juga kemungkinan bahwa sistem telepon di contact center tersebut mengalami kerusakan atau gangguan, sehingga menyebabkan pelanggan sulit untuk terhubung dengan agen telesales.

Akan tetapi, hal ini bisa diatasi, lho! Untuk membuat jaringan contact center menjadi bagus, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan.

Pertama, pastikan bahwa jaringan internet yang digunakan di contact center memiliki kecepatan yang cukup tinggi dan stabil. Jika perlu, kamu dapat menggunakan jaringan internet dengan kecepatan yang lebih tinggi atau menambah bandwidth untuk meningkatkan kualitas jaringan. Kedua, pastikan bahwa perangkat yang digunakan untuk mengakses jaringan internet di contact center memiliki spesifikasi yang cukup baik, sehingga dapat mengakses jaringan dengan lancar dan stabil. Ketiga, pastikan bahwa sistem telepon di contact center tersebut dalam kondisi yang baik dan tidak mengalami kerusakan atau gangguan, sehingga pelanggan dapat terhubung dengan operator dengan lancar.

Dapatkan Teknologi Contact Center Terbaik di Ivosights

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu perhatikan sebagai agen telesales. Kesulitan-kesulitan itu bisa membantumu memahami pekerjaan lebih dalam. Selain meningkatkan product knowledge, dibutuhkan sistem ticketing dan juga teknologi canggih yang bisa memperkuat kinerja contact center perusahaan.

Ivosights menginovasikan Sociomile sebagai salah satu solusi terbaik contact center perusahaanmu. Dengan menggunakan SocioMile, kamu dapat mengakses fitur canggih seperti pemantauan suara pelanggan secara real-time, sistem penugasan otomatis, dan integrasi dengan aplikasi CRM untuk mengelola interaksi pelanggan secara efektif. Dengan teknologi-teknologi terbaru yang memungkinkan kamu mendapat fasilitas dan sistem terbaik, ayo segera gunakan Sociomile dan rasakan manfaatnya untuk bisnis kamu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami