Contact center adalah salah satu bagian yang penting dalam dunia bisnis. Hal ini karena agen contact center merupakan bagian dari perusahaan yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Dengan begitu, penting bagi perusahaan untuk dapat menyediakan layanan contact center yang berkualitas yang bukan hanya informatif, tetapi juga selalu proaktif. Simak artikel ini untuk mengetahui 5 tips membentuk contact center yang lebih proaktif!

Apa Itu Contact Center?

Contact center adalah departemen yang menangani pertanyaan pelanggan. Contact center merupakan bagian dari fungsi layanan pelanggan berupa pusat komunikasi di mana interaksi antara perusahaan dan pelanggan terjadi.

Manfaat Contact Center untuk Bisnis

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari adanya contact center:

Contact center yang baik membantu perusahaan untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan mereka. Melalui contact center, pelanggan dapat menghubungi perusahaan untuk mendapatkan bantuan, memberikan keluhan, atau memberikan feedback. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk memastikan bahwa mereka tetap terhubung dengan pelanggan mereka bahkan setelah transaksi selesai.

Dengan adanya contact center, perusahaan dapat memberikan ruang bagi pelanggan untuk mendapatkan customer support dan memenuhi kebutuhan mereka. Contact center yang baik dapat memberikan pelayanan pelanggan yang cepat, efisien, dan ramah, yang berkontribusi kepada kepuasan pelanggan.

Pemenuhan kebutuhan dan keinginan tidak hanya terjadi sebelum dan ketika transaksi berlangsung, tetapi juga setelah transaksi. Pelanggan dapat menghubungi contact center untuk mengkomunikasi kebutuhan dan keinginan mereka pasca transaksi, seperti bertanya seputar produk yang diinginkan atau memberikan feedback mengenai produk yang didapatkan.

Melalui contact center, perusahaan dapat menyampaikan keluhan atau masalah yang mereka hadapi terkait produk atau jasa yang didapatkan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memberikan respons dan penanganan yang cepat terhadap krisis tersebut.

Contact center dapat menjadi ruang bagi pelanggan untuk menyampaikan umpan balik terhadap produk atau jasa yang mereka dapatkan. Perusahaan dapat mengumpulkan umpan balik dari pelanggan tersebut dan memanfaatkannya untuk lebih mengembangkan produk atau jasa mereka. Dengan begitu, perusahaan dapat memberikan produk atau jasa yang berkualitas yang dapat memuaskan pelanggan mereka.

Contact center dapat membantu perusahaan untuk tetap terhubung dengan pelanggan mereka pasca transaksi. Komunikasi dan interaksi yang baik memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan customer engagement, memastikan bahwa pelanggan tetap terlibat dan terhubung. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk membangun hubungan yang mendalam yang meningkatkan kepercayaan pelanggan dan loyalitas mereka.

Baca Juga: Definisi dan Manfaat Omni-channel Contact Center

Tips Membentuk Contact Center Proaktif

Berikut 5 tips membentuk contact center proaktif yang dapat Anda lakukan:

Tips utama untuk membentuk contact center proaktif adalah memastikan agen memahami kebutuhan pelanggan. Dengan memahami kebutuhan pelanggan, agen dapat mengetahui kapan harus menghubungi pelanggan dan informasi atau produk apa yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Agen contact center juga perlu mampu menyediakan informasi yang paling relevan dan terkini. Informasi ini dapat berupa produk atau jasa terbaru, penawaran tertentu, event, dan lain sebagainya. 

Untuk menjadi agen contact center yang proaktif, agen harus dapat mengidentifikasi masalah dan menyelesaikannya dengan baik. Maka dari itu, penting bagi agen untuk memperhatikan keluhan pelanggan dengan cermat agar bisa mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi dan menyelesaikannya dengan efisien.

Salah satu cara untuk bisa menjadikan contact center lebih proaktif adalah dengan melakukan survei kepuasan secara rutin. Survei ini dapat menjadi bahan evaluasi yang menandakan contact center berusaha untuk secara proaktif terus mengembangkan kualitas layanan mereka.

Selain membantu pelanggan menyelesaikan masalah, contact center yang proaktif juga harus bisa menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan membangun kepercayaan dan kepuasan pelanggan, menghargai dan memperlakukan mereka dengan baik, serta menjadi sumber informasi yang bermanfaat bagi pelanggan.

Tingkatkan Kualitas Contact Center Anda dengan Ivosights BPO Contact Center!

Contact center proaktif merupakan kunci pemberian layanan pelanggan yang optimal dan memuaskan. Dengan adanya contact center yang proaktif, perusahaan dapat menjadi sumber informasi yang bermanfaat dan terpercaya bagi pelanggan sehingga hubungan pelanggan tetap terjaga. Jika Anda ingin meningkatkan kualitas contact center perusahaan Anda, Anda dapat menggunakan Ivosights BPO Contact Center. Ivosights BPO Contact Center adalah solusi efektif dan efisien untuk menjaga bisnis tetap terhubung dengan pelanggan guna meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan dengan beragam layanan. Layanan dari Ivosights melibatkan penyediaan Agen Layanan Pelanggan yang berkualitas dan terlatih, fungsi manajemen & operasional, penyediaan fasilitas dan lokasi, serta teknologi lengkap guna menunjang kelancaran operasional Contact Center baik Inbound maupun Outbound. Hubungi Ivosights dan dapatkan BPO Contact Center sekarang juga!