Pentingnya Omni-channel untuk Masa Depan Perusahaan

Sociomile | Kamis, 22 September 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Omni-channel. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Omni-channel. Shutterstock.

Karena teknologi periklanan digital terus meningkat dan berinovasi, teknologi ini telah menghasilkan manfaat besar bagi pengiklan: wawasan konsumen yang lebih baik, kemampuan penargetan yang lebih baik, pengukuran yang lebih baik, dan pemahaman yang lebih baik tentang atribusi.

Inovasi ini sangat penting karena perjalanan konsumen beradaptasi dan berubah dengan kecepatan yang sangat cepat. Diperkirakan dibutuhkan sebanyak 60 titik kontak dengan konsumen sebelum Anda melakukan penjualan. Jadi, sebagai pengiklan, rasanya mustahil untuk mengikuti titik kontak apa yang paling penting.

Dimana konsumen berbelanja? Online? Di toko? Platform media sosial apa yang sedang tren saat ini? Apakah konsumen benar-benar menonton lebih banyak CTV daripada televisi linier? Kemungkinan besar pertanyaan di bagian paling atas daftar Anda: bagaimana saya bisa menyatukan semua titik kontak yang berbeda ini untuk menciptakan satu pengalaman berbelanja yang mulus bagi konsumen saya?

Inilah sebabnya mengapa pemasaran omni-channel penting. Pemasaran multisaluran memungkinkan pengiklan untuk dengan cepat menyesuaikan kampanye iklan mereka tanpa kehilangan wawasan, data, atau poin pembelian apa pun. Ini memungkinkan perjalanan pembelian yang mulus bagi konsumen, di setiap langkah.

Sebagai mitra pemasaran omnichannel teratas, daftar alasan kami mengapa pemasaran omnichannel penting hampir tidak ada habisnya. Tapi, kami telah mempersempit daftar itu menjadi lima alasan teratas, teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut.

Apa Itu Omnichannel?

Omnichannel adalah pendekatan pemasaran yang membahas pengalaman pelanggan di setiap saluran – browser desktop, seluler, ritel, media sosial, podcast, dan lainnya yang mungkin Anda gunakan – dan bagaimana pelanggan bertransisi di antara setiap saluran saat mereka melakukan pembelian.

5 Alasan Kenapa Omnichannel Sangat Penting

#1 Shopping Omnichannel

“Omni” yang berarti “dalam segala hal atau tempat” tidak dapat lebih sempurna mendefinisikan pengalaman berbelanja yang dimiliki konsumen saat ini. Konsumen melakukan pembelian di kereta saat bepergian ke tempat kerja, melalui perangkat Amazon Alexa mereka di ruang tamu mereka, di mal di dalam toko, melalui layanan streaming musik mereka. Di mana pun mereka bisa, konsumen melakukan pembelian.

Sebuah merek dapat mencakup semua basisnya dengan solusi pemasaran multisaluran, namun, integrasi back-end yang diperlukan untuk menyatukan seluruh pengalaman akan hilang. Jadi, meskipun mungkin tampak jelas, Alasan nomor satu mengapa pemasaran omnichannel penting adalah karena pengalaman berbelanja saat ini adalah omnichannel.

Sebagai pengiklan, adalah tugas kami untuk tetap selangkah lebih maju dari konsumen untuk memastikan kami bertemu mereka dengan penawaran produk dan iklan kapan pun sesuai. Proses periklanan kita harus mencerminkan cara konsumen berbelanja dalam upaya untuk tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan dan menjadi yang teratas di mata konsumen.

#2 Data Collection and Analysis

Seperti disebutkan di atas, pemasaran omnichannel penting karena memberi pengiklan analisis gambaran lengkap yang kuat tentang kampanye iklan mereka. Lewatlah sudah hari-hari menganalisis setiap saluran satu per satu, mengatur beberapa spreadsheet dan dek yang mengevaluasi taktik atau kampanye mana yang berhasil mendorong ROI.

Solusi pemasaran omnichannel memberi Anda pandangan 360 derajat terpadu tentang konsumen yang terlibat dengan merek Anda – di setiap langkah perjalanan pelanggan. Alat analitik tunggal, memungkinkan Anda untuk menghubungkan dan memvisualisasikan perilaku dan minat konsumen di semua kampanye, yang memungkinkan Anda menyesuaikan kampanye dengan lebih baik di masa mendatang untuk memenuhi preferensi mereka.

#3 Personalisasi

Dalam sebuah studi baru-baru ini, 90% konsumen mengatakan bahwa pesan dari perusahaan yang tidak relevan secara pribadi dengan mereka adalah “mengganggu”. Dan, karena demografi cenderung lebih muda, kebutuhan akan iklan yang dipersonalisasi menjadi lebih penting. Dalam studi yang sama, 67% Milenial dan Gen Z menyatakan bahwa mereka mengharapkan penawaran dari perusahaan untuk selalu dipersonalisasi.

Dengan informasi ini, jelas bahwa memiliki pengalaman iklan yang dipersonalisasi bukan lagi kemewahan, melainkan kebutuhan bagi merek. Ini adalah tugas yang agak tinggi untuk dilakukan pengiklan. Namun, dengan solusi pemasaran omnichannel terstruktur, penayangan iklan yang dipersonalisasi di banyak perangkat dan saluran dimungkinkan.

#4 Bersinergi

Saat diterapkan, pemasaran omnichannel memastikan bahwa setiap langkah perjalanan pelanggan mencerminkan pesan, penawaran produk, dan nada yang sama. Jika seorang konsumen berbicara dengan perwakilan pelanggan, mereka akan tahu produk mana yang telah dibeli konsumen.

Tim sales dapat mengirim email yang lebih disesuaikan karena mereka akan mengetahui produk atau layanan mana yang dijelajahi konsumen. Baik itu email, panggilan perwakilan pelanggan, iklan, atau papan reklame – nadanya sama. Secara keseluruhan, kesatuan lintas departemen ini mengarah pada pengalaman layanan pelanggan yang lebih baik dan kesadaran merek yang lebih baik untuk perusahaan Anda.

#5 Cost Effective

Tidak ada yang lebih membuat pengiklan frustrasi daripada tayangan iklan yang sia-sia. Solusi pemasaran multisaluran menghilangkan dugaan di mana Anda harus menempatkan iklan Anda. Alat data dan analitik memastikan bahwa Anda menjangkau pemirsa yang terlibat, di saluran pilihan mereka. Seiring dengan perubahan preferensi konsumen dan pemirsa tersebut, penempatan iklan Anda juga akan berubah. Jika satu minggu iklan Facebook Anda mengungguli SEM, ubah anggaran dengan cepat dan mudah untuk memastikan Anda memanfaatkan audiens Facebook yang aktif itu.

Anda tidak lagi harus menunggu siklus kampanye prabayar berakhir, dengan solusi pemasaran omnichannel, uang tersebut dapat dengan mudah dialihkan ke taktik atau saluran yang berkinerja lebih baik. Kemampuan untuk dengan cepat mengubah dan merespons kampanye Anda untuk memenuhi konsumen memungkinkan ROI keseluruhan yang lebih baik untuk perusahaan Anda – alasan lain mengapa pemasaran omnichannel penting tidak hanya bagi pengiklan tetapi juga bagi organisasi secara keseluruhan.

Kesimpulan

Jadi itulah hal-hal yang penting mengenai omnichannel karena hal tersebut sangat pentign untuk dilakukan. Pastinya dengan penerapan yang strategis dan brilian kamu juga terampil untuk mendapatkan sesuata agar dapat diimplementasikan dengan baik. Sociomile dari Ivosights adalah solusi untuk Anda yang ingin melakukan skala omnichannel yang secara meluas dan faktual. Pastinya dengan omnichannel akan bisa skalabilitas kan perusahaan dengan baik.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.