Jenis-Jenis Perusahaan yang Perlu Melakukan Competitive Analysis

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 02 Mei 2023
Ket: Ilustrasi - Competitive Analysis. Shutterstock
Ket: Ilustrasi - Competitive Analysis. Shutterstock

"Dengan competitive analysis, perusahaan anda dapat mengetahui setiap gerakan para kompetitor, segera cek poin berikut!"

Dunia bisnis merupakan salah satu bidang yang cukup luas cakupannya. Luasnya cakupan tersebut melahirkan banyaknya kompetitor. Kompetitor yang berfungsi sebagai pesaing dalam bisnis dapat menjadi tolak ukur pada suatu bisnis. Bisnis akan memiliki tolak ukur untuk mengevaluasi dan bermotivasi pada usaha yang dijalaninya akibat lahirnya banyak kompetitor. Hal tersebut membuat para perusahaan perlu sekali memperhatikan lebih kepada hal tersebut. Karena bisa saja terjadi di mana kompetitor dapat lebih unggul terhadap bisnis yang anda jalani. Hal seperti itu pastinya sangat dijauhkan dan dihindari. Maka dari itu anda perlu mengenal kompetitor anda dengan persaingan yang positif tentunya. Banyak hal yang bisa anda lakukan untuk melakukan analisis terhadap para kompetitor, salah satunya dengan menggunakan fitur competitive analysis.

Apa Sih Competitive Analysis Itu?

Competitive analysis atau analisis persaingan adalah proses mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang pesaing bisnis Anda. Tujuannya adalah untuk memahami kekuatan dan kelemahan pesaing, strategi yang digunakan, peluang yang mungkin dimiliki, dan bagaimana perusahaan Anda dapat bersaing dengan lebih efektif dalam pasar yang sama.

Analisis persaingan dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih baik, mengidentifikasi celah pasar, dan memperbaiki produk atau layanan. Dalam melakukan analisis persaingan, perusahaan dapat mengumpulkan informasi tentang pesaing dari berbagai sumber, seperti situs web pesaing, laporan keuangan, ulasan pelanggan, dan survei.

Baca Juga: Competitive Analysis bisa meraih Atensi Netizen di Bisnis Skincare

Perusahaan yang Wajib Menggunakan Competitive Analysis, Simak!

  • Perusahaan Baru atau Startup

Perusahaan baru atau startup perlu memahami pesaing mereka untuk membangun strategi bisnis yang tepat dan berusaha memenangkan pangsa pasar dari pesaing yang sudah mapan.

  • Perusahaan dengan Pasar yang Sangat Kompetitif

Jika pasar yang dituju oleh perusahaan sangat kompetitif, maka competitive analysis dapat membantu perusahaan memahami persaingan yang ada dan menemukan cara untuk bersaing dengan lebih efektif.

  • Perusahaan yang Ingin Memperluas Bisnis ke Pasar Baru

Jika perusahaan ingin memperluas bisnis ke pasar baru, competitive analysis dapat membantu perusahaan memahami kondisi pasar di wilayah baru tersebut dan menentukan strategi bisnis yang tepat.

  • Perusahaan yang Ingin Memperbaiki Produk atau Layanan

Jika perusahaan ingin memperbaiki produk atau layanan yang ada, competitive analysis dapat membantu perusahaan memahami apa yang pesaing tawarkan dan menemukan cara untuk membedakan produk atau layanan mereka dari pesaing.

  • Perusahaan yang Ingin Meningkatkan Keunggulan Kompetitif

Jika perusahaan ingin meningkatkan keunggulan kompetitif mereka, competitive analysis dapat membantu perusahaan memahami kekuatan dan kelemahan mereka sendiri dan pesaing, sehingga dapat mengembangkan strategi bisnis yang lebih baik.

Komponen yang Dapat Dianalisis dengan Competitive Analysis

  • kekuatan dan kelemahan pesaing, seperti struktur organisasi, produk atau layanan, teknologi, dan keahlian.

  • Strategi pemasaran yang digunakan oleh pesaing, seperti harga, promosi, distribusi, dan penempatan produk.

  • Peluang yang mungkin dimiliki oleh pesaing, seperti pasar baru atau segmen pasar yang tidak terpenuhi.

  • Ancaman yang dihadapi oleh pesaing, seperti persaingan baru, perubahan tren pasar, atau regulasi pemerintah.

  • Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) untuk pesaing, untuk memahami posisi mereka di pasar dan mengidentifikasi peluang atau ancaman yang mungkin terjadi.

Fitur-Fitur yang Dimiliki Competitive Analysis

  • Identifikasi Pesaing

Fitur competitive analysis yang paling dasar adalah mengidentifikasi pesaing perusahaan Anda di pasar. Pesaing dapat diidentifikasi dari berbagai sumber, termasuk situs web pesaing, analisis industri, dan survei pelanggan.

  • Evaluasi Kekuatan dan Kelemahan Pesaing

Fitur competitive analysis yang penting adalah mengevaluasi kekuatan dan kelemahan pesaing. Hal ini dapat dilakukan dengan menganalisis laporan keuangan, produk atau layanan yang ditawarkan, reputasi merek, dan teknologi yang digunakan oleh pesaing.

  • Analisis Pasar

Competitive analysis juga dapat membantu dalam memahami pasar secara keseluruhan. Fitur ini mencakup analisis terhadap faktor-faktor seperti ukuran pasar, tren, dan permintaan pasar.

  • Evaluasi Peluang dan Ancaman

Competitive analysis juga dapat membantu dalam mengevaluasi peluang dan ancaman di pasar. Hal ini melibatkan analisis terhadap faktor-faktor seperti adanya persaingan baru, perubahan tren pasar, dan peraturan pemerintah yang mempengaruhi pasar.

Baca Juga: Tips Menggunakan Social Listening untuk Competitive Analysis

  • Analisis SWOT

Fitur lain dari competitive analysis adalah analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats). Analisis SWOT membantu perusahaan untuk memahami kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman internal dan eksternal yang dihadapi oleh perusahaan.

  • Analisis Kompetitif Langsung dan Tidak Langsung

Competitive analysis juga dapat membantu dalam memahami pesaing langsung dan tidak langsung di pasar. Hal ini melibatkan analisis terhadap pesaing yang menawarkan produk atau layanan yang sama, serta pesaing yang menawarkan alternatif yang dapat mempengaruhi pasar.

  • Evaluasi Strategi Pesaing

Fitur competitive analysis terakhir adalah evaluasi strategi pesaing. Hal ini melibatkan analisis terhadap strategi pemasaran, harga, distribusi, dan penempatan produk yang digunakan oleh pesaing, dan mengevaluasi cara-cara yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk bersaing dengan lebih efektif.

Dapatkan Kesempatan untuk Melakukan Competitive Analysis Bagi Perusahaan Anda di Ivosights!

Competitive analysis merupakan bagian dari digital monitoring yang dilakukan oleh sistem yang sangat baik dan kompleks. Ivosights telah menghadirkan digital monitoring yang dapat melakukan pemantauan dari banyak sisi untuk perusahaan anda. dengan teknologi dan sistem yang sangat memadai, perusahaan anda akan dapat sangat berkembang. Segera hubungi tim kami dan konsultasikan kebutuhan anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami