Mengenal Cloud Based Contact Center Server dan Fungsinya

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 09 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Cloud based contact center Server
Ket. Foto: Ilustrasi - Cloud based contact center Server

"Cloud based contact center server adalah solusi pusat panggilan yang berbasis cloud dan dapat diakses menggunakan internet."

Contact center adalah pusat panggilan yang fungsinya mengelola interaksi pelanggan dari suatu perusahaan. Interaksi ini dapat dilakukan melalui berbagai saluran, seperti panggilan telepon, pesan teks, live chat atau email. Tujuan dari contact center ini yaitu untuk memberikan dukungan layanan yang efisien pada pelanggan sehingga mereka merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Contact center memiliki berbagai macam jenis, salah satunya yaitu cloud based contact center server. Untuk pemahaman lebih dalam mengenai cloud based contact center server, simak informasinya di bawah ini!

Apa Itu Cloud Based Contact Center Server?

Cloud based contact center server adalah solusi pusat panggilan yang berbasis cloud. Semua data dan fungsionalitas dari pusat panggilan nantinya akan disimpan melalui cloud dan dapat diakses menggunakan internet. Hal ini akan memudahkan perusahaan dalam mengelola interaksi pelanggan mereka melalui berbagai saluran komunikasi, seperti telepon, email, chat, dan media sosial. Pengelolaannya pun dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. 

Dalam menerapkan cloud based contact center server, perusahaan tidak perlu memiliki perangkat keras atau perangkat lunak tambahan dengan harga tinggi. Semua aspek pusat panggilan akan dikelola oleh penyedia layanan cloud. Perusahaan pun dapat menghemat biaya dan mampu meningkatkan fleksibilitas dan skalabilitas dalam mengelola operasi pusat panggilan mereka.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Contact Center Bagi Perusahaan

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Based Contact Center Server

Dalam penerapannya, cloud based contact center server memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang dapat dijadikan pertimbangan untuk implementasi contact center server ini. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan

  • Cloud based contact center server memiliki fleksibilitas dan skalabilitas yang cukup tinggi. Perusahaan akan mudah menyesuaikan kapasitas pusat panggilan mereka sesuai dengan fluktuasi permintaan dan kebutuhan bisnis. Perusahaan nantinya akan mampu menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi operasional mereka.
  • Cloud based contact center server yang satu ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola interaksi pelanggan dari mana saja dan kapan saja. Aksesibilitas server ini menjadi mudah dan dapat memperluas cakupan geografis serta meningkatkan efisiensi operasional.
  • Biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan akan lebih rendah apabila menggunakan contact center server ini. Perusahaan tidak perlu repot membeli perangkat lunak tambahan yang mahal. Semua aspek pusat panggilan telah dikelola oleh penyedia layanan cloud sehingga biaya ini dapat dialihkan untuk meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.
  • Perusahaan dapat dengan mudah menambah dan mengurangi kapasitas pusat panggilan mereka sesuai kebutuhan bisnis dan permintaan. Dengan skalabilitas yang positif ini perusahaan akan mampu menghemat biaya operasional dengan baik.

Kekurangan

  • Cloud based contact center server merupakan contact center yang memiliki ketergantungan terhadap koneksi internet. Sehingga apabila koneksi internet menjadi buruk, maka gangguan terhadap operasi pusat panggilan akan terjadi. Hal ini dapat mempengaruhi pengalaman pelanggan dalam melakukan panggilan.
  • Terkait dengan keamanan di contact center server ini penyedia layanan cloud harus memberikan perlindungan keamanan data yang memadai. Tujuannya untuk melindungi data pelanggan perusahaan secara maksimal. Jika penyedia layanan cloud tidak memiliki tindakan keamanan yang memadai, data pelanggan perusahan dapat terancam keamanannya.
  • Penyedia layanan cloud harus memiliki dukungan pelanggan yang baik dan optimal. Apabila penyedia layanan tidak memilikinya, kemungkinan perusahaan akan mengalami kesulitan dalam mengatasi masalah teknis dan operasional.
  • Perusahaan tidak memiliki kontrol penuh terkait dengan perangkat lunak dan data pusat panggilan. Hal ini membuat akses perusahaan menjadi terbatas untuk menyesuaikan solusi pusat panggilan dengan kebutuhan bisnis mereka.

Fungsi Cloud Based Contact Center Server

Beberapa fungsi utama dari cloud based contact center server adalah sebagai berikut: 

  • Menyediakan saluran komunikasi yang fleksibel

Cloud based contact center server memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan perusahaan melalui saluran sesuai keinginan mereka, seperti telepon, email, pesan teks, live chat, atau media sosial. Fungsi ini akan memungkinkan perusahaan menyesuaikan layanan pelanggan sesuai preferensi pelanggan dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

  • Manajemen interaksi pelanggan

Perusahaan dapat mengelola interaksi pelanggan dari mana saja dan kapan saja selagi memiliki akses internet. Perusahaan dapat merespons permintaan pelanggan lebih cepat dan memberikan pelayanan yang terbaik

  • Memfasilitasi pengelolaan tim

Contact center server ini menyediakan alat yang diperlukan oleh tim untuk mengelola pusat panggilan. Seperti pengaturan jadwal, memberikan pelatihan, dan memantau kinerja tim. Perusahaan pun dapat memantau pelayanan pelanggan serta meningkatkan taraf pelayanan agar semakin efisien.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan BPO Contact Center

  • Meningkatkan produktivitas

Fungsi ini dapat membantu perusahaan meningkatkan produktivitas karyawan yang memungkinkan mereka work from anywhere

  • Meningkatkan retensi pelanggan

Cloud based contact center server dapat meningkatkan retensi pelanggan melalui penyediaan layanan pelanggan yang lebih baik dan responsif. Perusahaan pun dapat mempertahankan pelanggannya untuk meningkatkan reputasi merek mereka.

  • Mempercepat inovasi

Dengan semakin berkembangnya zaman, perusahaan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang terbilang cepat. Cloud based contact center server memungkinkan perusahaan mengakses teknologi terbaru dalam industri pusat panggilan. Pelayanan pelanggan pun dapat meningkat secara pesat.

  • Meningkatkan pengalaman pelanggan

Cloud based contact center server dapat membantu perusahaan meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menyediakan layanan yang personal dan terkini. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk membedakan diri dari pesaing dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Dapatkan Contact Center Terbaik di Ivosights

Berikut penjelasan mengenai cloud based contact center server. Tertarik untuk menerapkan contact center di perusahaan Anda? Segera hubungi Ivosights untuk mendapatkan layanan contact center terbaik di Indonesia.

Layanan ini memiliki agen yang telah terlatih sehingga kualitas pelayanan yang diberikan sudah tidak diragukan lagi. Selain itu, Fitur-fitur dalam contact center juga berguna untuk membuat pelayanan semakin efektif. Tunggu apa lagi? Hubungi Ivosights sekarang dan rasakan perubahan pada perusahaan Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami