Pengetahuan yang Wajib Dimiliki oleh Telemarketing

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 22 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telemarketing. Shutterstock.

"Ada beberapa pengetahuan yang wajib dimiliki jika kamu ingin menjadi telemarketing. Apa saja ya? Simak penjelasannya di sini"

Dalam pekerjaan, sudah semestinya kita memiliki beberapa pengetahuan yang dikuasai agar mempermudah dalam melakukan pekerjaan tersebut. Pengetahuan yang kita miliki juga menjadi kualifikasi yang mempengaruhi kecocokan kita terhadap bidang pekerjaan tersebut. Sama halnya dengan telemarketing, pegawai yang bekerja dalam bidang tersebut harus memiliki ilmu-ilmu dasar yang berguna untuk bagian tersebut. Menjadi agen telemarketing tidak hanya harus melakukan pekerjaan sebatas menawarkan produk atau layanan jasa pada perusahaan, tetapi dibutuhkan juga ilmu-ilmu seperti marketing dan ilmu-ilmu pemasaran lainnya agar mampu menarik pelanggan membeli barang atau layanan jasa. Dalam artikel berikut ini, kami akan menjelaskan beberapa pengetahuan yang wajib dimiliki oleh agen telemarketing.

Pengetahuan yang Wajib Dimiliki Telemarketer

  • Marketing

Kita sudah mengetahui bahwa dasar pengetahuan yang wajib dimiliki oleh agen telemarketing adalah kemampuan mereka dalam melakukan pemasaran. Kemampuan ini sangat penting untuk menggaet pelanggan agar meningkatkan penjualan suatu barang atau layanan jasa. Tanpa kemampuan ini, agen telemarketing tidak dapat menarik perhatian pelanggan dan hanya akan melakukan panggilan telepon yang sia-sia.

Lebih lanjut, kemampuan marketing juga menjadi aset penting bagi perusahaan karena agen-agen telemarketing mampu melakukan pemasaran dengan gaya dan cara mereka sendiri. Adanya kemampuan ini juga tentu dapat meningkatkan kinerja mereka karena sudah memahami target pasar serta target konsumen dari bisnis perusahaan. Untuk itu, memiliki kemampuan marketing yang baik adalah modal yang sangat penting untuk dikuasai dalam dunia telemarketing.

Baca Juga: 7 Strategi Telemarketing untuk Meningkatkan Penjualan

  • Komunikasi

Bukanlah suatu yang baru tentang pegawai telemarketing harus melakukan interaksi lewat panggilan telepon atau bertemu langsung dengan pelanggan untuk menawarkan produk atau layanan jasa. Komunikasi harus terjalin agar percakapan antara pegawai telemarketing dan pelanggan bisa terhubung dengan baik. Adalah suatu masalah jika pegawai perusahaan tidak dapat berkomunikasi dan membuat pelanggan menjadi tidak tertarik dengan produk-produk perusahaan yang sedang ditawarkan.

Untuk itu, memiliki pengetahuan dalam ilmu komunikasi yang baik menjadi aset yang harus dimiliki oleh pegawai telemarketing agar mampu menggaet pelanggan serta menarik perhatian pelanggan terhadap produk yang sedang ditawarkan. Selain itu, inti dalam membangun hubungan dengan pelanggan adalah dapat berkomunikasi dengan baik tanpa harus ada halangan sehingga pelanggan dapat dengan leluasa memberikan saran dan kritik yang membangun untuk perusahaan.

  • Pengolahan Data

Banyak yang mengira bahwa agen telemarketing hanya bekerja dalam bidang pemasaran dan untuk menawarkan produk saja, tetapi, hal ini adalah pemikiran yang salah karena agen telemarketing harus memiliki pengetahuan tentang pengolahan data pelanggan. Pengetahuan ini harus dimiliki agar agen telemarketing tidak salah dalam melakukan panggilan telepon dengan pelanggan.

Biasanya, pegawai telemarketing melakukan pengolahan data orang-orang yang berisikan data demografi seperti umur, jenis kelamin, pekerjaan, dan lain-lain. Tanpa adanya pengolahan data yang baik, pegawai telemarketing akan kesulitan dalam menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan. Untuk itu, jika kamu tertarik untuk menjalani karir sebagai agen telemarketing, kuasailah pengolahan data agar mempermudah kamu dalam menjalani pekerjaan ini.

  • Pengetahuan Manajemen Waktu

Dalam praktiknya, agen telemarketing harus melakukan panggilan telepon kepada pelanggan pada jam-jam tertentu. Hal ini tentu akan menjadikan pelanggan target utama di jam-jam yang sudah ditentukan. Kemampuan dalam memanajemen waktu merupakan hal yang harus dikuasai agar agen telesales mengetahui waktu-waktu terbaik saat menelepon pelanggan. Bukan sekali atau dua kali ada kasus di mana pelanggan merasa tidak nyaman karena agen telemarketing menelepon mereka di jam-jam istirahat. 

Selain itu, mempromosikan barang menjadi hal yang tidak penting dan terasa tidak sopan saat dilakukan pada waktu istirahat karena mengganggu calon pelanggan. Alih-alih meningkatkan penjualan, tidak tahunya waktu saat menelepon malah akan membuat nomor call center perushaan dilaporkan sebagai spam oleh pelanggan. Untuk itu, kamu wajib memiliki pengetahuan dasar tentang manajemen waktu agar tidak mengganggu pelanggan dan bisa meningkatkan penjualan.

Baca Juga: Manfaat Telemarketing Bagi Perusahaan

Seberapa Penting Peran Agen Telemarketing untuk Perusahaan

Berikut ini, kami akan menjelaskan seberapa penting peran agen telemarketing dalam posisinya untuk perusahaan:

  • Meningkatkan Penjualan

Meningkatnya penjualan perusahaan juga didasari oleh andil agen telemarketing dalam melakukan tugasnya. Melakukan pemasaran bukan hanya dilakukan oleh tim marketing yang membuat iklan atau sejenisnya, tetapi penjualan secara langsung lewat telepon juga menjadi andil besar dalam bertambahnya pelanggan baru untuk perusahaan.

Lebih lanjut, inilah peran penting yang sangat utama bagi agen telemarketing dalam menjalani tugasnya. Meskipun kelihatannya mudah, ada beberapa pengetahuan dan skill yang harus dimiliki oleh agen telemarketing

  • Meningkatkan Interaksi dengan Pelanggan

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pelanggan setia adalah dengan meningkatkan interaksi. Fungsi utama lainnya untuk seorang agen telemarketing adalah untuk peran penting ini. Meningkatkan interaksi dengan pelanggan tentu akan membuat mereka merasa memiliki banyak kesempatan untuk melakukan komunikasi dengan perusahaan. 

Selain itu, mempromosikan barang atau layanan jasa juga akan menjadi pengalaman menarik tersendiri bagi pelanggan. Ditelepon oleh seorang agen perusahaan juga membuat pelanggan merasa terpercaya sehingga akan lebih leluasa untuk menanyakan beberapa pertanyaan dan hal-hal yang masih kurang jelas saat agen telemarketing menawarkan sebuah produk. Untuk itu, agen telemarketing memiliki peran penting untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan.

Itulah beberapa pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang agen telemarketing dalam menjalani tugasnya. Selain itu, kami juga telah menjelaskan secara singkat tentang pentingnya peran agen telemarketing untuk perusahaan. Semoga membantu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami