Yuk, Maksimalkan Aplikasi Bisnis dengan Chatbot

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 06 April 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock.

"Aplikasi bisnis sudah seharusnya memiliki banyak fitur yang memudahkan penggunanya, salah satunya dengan hadirnya fitur chatbot"

Bisnis harus selalu siap dan sigap dalam menghadapi perkembangan zaman yang sudah semakin modern ini. Banyaknya peralihan yang terjadi membuat bisnis harus selalu berinovasi agar menjadi yang terdepan dalam hal memuaskan para konsumen. Selain membuat peningkatan dalam hal pelayanan, banyak pemilik bisnis membuat dan menggunakan aplikasi khusus untuk bisnis yang mereka miliki. Dalam aplikasi bisnis tersebut, ada berbagai macam fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna dalam berinteraksi dengan para penjual, salah satunya adalah fitur chatbot. Yuk, simak penjelasan kami di bawah ini!

Apa yang Dimaksud Dengan Aplikasi Bisnis?

Aplikasi bisnis adalah kumpulan komponen yang menyediakan fungsionalitas bisnis yang dapat Anda gunakan secara internal, eksternal, atau dengan aplikasi bisnis lainnya. Anda dapat membuat aplikasi bisnis dari masing-masing komponen, yang terkait satu sama lain. Misalnya, order management, inventory management, dan billing adalah aplikasi bisnis yang mungkin menggunakan komponen individual seperti server aplikasi Java EE, LDAP, dan database yang berjalan di server Solaris.

Baca Juga: Tingkatkan Customer Experience pada Aplikasi Travel dengan Chatbot!

Apa Itu Chatbot?

Chatbot sering digambarkan sebagai salah satu ekspresi interaksi paling canggih dan menjanjikan antara manusia dan mesin. Asisten digital ini merampingkan interaksi antara orang dan layanan, meningkatkan pengalaman pelanggan. Pada saat yang sama, mereka menawarkan peluang baru kepada perusahaan untuk merampingkan proses keterlibatan pelanggan demi efisiensi yang dapat mengurangi biaya dukungan tradisional. Chatbot dapat meningkatkan dan melibatkan interaksi pelanggan dengan sedikit campur tangan manusia. Ini menghilangkan hambatan untuk dukungan pelanggan yang dapat terjadi ketika permintaan melebihi sumber daya. Chatbot bisa dimanfaatkan untuk menambah fitur yang bermanfaat dalam aplikasi bisnis Anda karena memiliki berbagai macam keuntungan dan manfaat khususnya untuk para pelanggan.

Keuntungan Fitur Chatbot dalam Aplikasi Bisnis untuk Pelanggan

  • Mempermudah Komunikasi dengan Penjual

Keuntungan pertama untuk fitur chatbot kepada pelanggan dalam aplikasi bisnis adalah untuk mempermudah komunikasi dengan penjual. Komunikasi yang terjalin dengan pelanggan bisa dengan mudah terjalin tanpa perlu interaksi secara langsung karena chatbot bisa membalas cepat dan secara otomatis.

  • Mempersingkat Waktu

Pelanggan seringkali mengeluh dan menjadi malas saat ingin memesan produk atau barang dari aplikasi bisnis karena penjual yang tidak kunjung membalas. Hal ini sangat membuang-buang waktu sehingga peran chatbot disini sangat dibutuhkan keberadaannya untuk mempersingkat waktu pelanggan.

  • Jauh Lebih Efisien

Pelanggan terkadang memiliki banyak pertanyaan yang serupa dengan pelanggan lain. Hal ini terkadang membuat para penjual harus mengulang perkataan dan jawaban mereka kepada pelanggan yang berbeda. Untuk itu, penggunaan chatbot menjadi jauh lebih efisien dan memudahkan pelanggan untuk mendapat jawaban.

  • Bisa Mendapat Jawaban Otomatis

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pelanggan seringkali mendapatkan jawaban yang cukup lama dari penjual lantaran banyaknya pelanggan yang melakukan orderan. Chatbot menjadi jawaban solutif dan menenangkan pelanggan karena mereka bisa mendapatkan jawaban secara otomatis.

Baca Juga: Mengenal Chatbot dari Fungsi dan Cara Kerjanya

  • Mendapatkan Jawaban yang Sesuai dan Memuaskan

Pertanyaan-pertanyaan pelanggan membuat penjual harus mengatakan hal yang sama berulang kali. Untuk itu, adanya chatbot bisa membuat pelanggan mendapatkan jawaban yang sesuai dan memuaskan karena pertanyaan dan jawaban bisa di-custom sendiri oleh para penjual.

Andalkan Sociobot untuk Bisnis yang Lebih Maju dan Lancar

Didirikan pada tahun 2016, Ivosights kini menjadi perusahaan layanan pelanggan solusi satu atap yang beroperasi di Indonesia dan melayani beberapa klien dari Asia Tenggara. Saat ini Ivosights adalah satu-satunya perusahaan lokal yang memiliki berbagai platform dan layanan komprehensif dalam membantu perusahaan meningkatkan manajemen keterlibatan pelanggan mereka di berbagai titik sentuh pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dan bisnis yang Anda jalani bisa dengan mudah mengandalkan Ivosights untuk solusi customer engagement.

Salah satu produk yang kami tawarkan adalah solusi Chatbot berbasis AI terdepan & terjangkau untuk memuaskan pelanggan Anda. Asisten obrolan otomatis yang berbasis 24x7 langsung ke pelanggan Anda dengan Sociobot tanpa batasan! Menyediakan platform tunggal untuk berinteraksi dengan multi saluran online, Sociobot menggunakan teknologi NPL untuk self-learning process. Dengan Sociobot, Anda akan mendapatkan layanan survey, reservasi, appointment dokter, dan masih banyak lagi! Yuk, segera hubungi Ivosights untuk mendapatkan layanan Sociobot untuk bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami