Tips Mengukur Keberhasilan Chatbot dengan Chatbot Flow Builder!

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 28 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock

"Chatbot flow builder dapat dimanfaatkan sebagai pengukur keberhasilan penggunaan chatbot di perusahaan Anda. Inilah cara-caranya!"

Perkembangan era digital telah menjadikan chatbot sebagai alat yang populer untuk meningkatkan layanan pelanggan dan tingkat efisiensi bisnis. Namun, untuk memastikan keberhasilan penggunaan chatbot, Anda perlu melakukan pengukuran secara tepat. Selain betapa pentingnya mengukur keberhasilan chatbot, Anda juga akan mengetahui bagaimana chatbot flow builder dapat membantu pengukuran chatbot secara efektif. Selain dua itu, Anda juga akan diberikan sejumlah tips terbaik dalam mengukur keberhasilan chatbot.

Mengukur Keberhasilan Chatbot

Untuk mengevaluasi keberhasilan penerapan chatbot Anda, perlu dilakukan pengukuran terhadap kinerja chatbot dalam pemberian layanan pengguna. Selain chatbot flow builder, Anda dapat menggunakan beberapa metrik di bawah ini sebagai pengukur keberhasilan chatbot:

  • Tingkat Kepuasan Pengguna

Untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna terhadap layanan yang diberikan chatbot, Anda dapat menggunakan survei, feedback, dan evaluasi kepuasan untuk ditujukan langsung kepada pelanggan.

  • Waktu Resolusi

Setiap chatbot memerlukan durasi waktu yang berbeda untuk menyelesaikan kendala atau menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pengguna. Jika chatbot memberikan respon dengan semakin cepat, maka semakin baik tingkat keberhasilan penerapannya.

  • Tingkat Kesuksesan

Kemudian, Anda dapat mengukur seberapa perlunya campur tangan agen manusia untuk membantu chatbot menyelesaikan permasalahan pelanggan. Tingkat kesuksesan chatbot yang tinggi ditunjukkan berupa penyelesaian masalah yang membutuhkan seminimal mungkin bantuan manusia.

Baca juga: Apa Itu Metrik Kinerja Chatbot pada Omni-channel Contact Center?

  • Tingkat Retensi Pengguna

Pengguna yang merasa puas dengan layanan chatbot akan cenderung untuk kembali menggunakan layanan ini lagi. Hal ini membuktikan bahwa perusahaan mampu memberikan pelayanan pelanggan yang efektif dan memuaskan.

  • Tingkat Konversi Pelanggan

Chatbot dapat membantu mengukur persenan pengguna yang melakukan pembelian, mendaftar langganan, hingga mengisi formulir. Perusahaan yang berhasil mendapatkan calon pelanggan menjadi pelanggan tetap juga merupakan hasil dari efektivitas chatbot.

Menerapkan Pengukuran Keberhasilan Chatbot dengan Chatbot Flow Builder

Chatbot Flow Builder dapat membantu menerapkan pengukuran keberhasilan chatbot dengan cara berikut:

  • Integrasi Analytics

Chatbot Flow Builder memungkinkan integrasi dengan platform analitik seperti Google Analytics. Dengan mengintegrasikan chatbot dengan platform ini, Anda dapat melacak metrik pengukuran secara otomatis dan menganalisis data untuk mengevaluasi keberhasilan chatbot.

  • Pemantauan Percakapan

Dalam Chatbot Flow Builder, Anda dapat menggunakan logika kondisional untuk memantau percakapan pengguna dengan chatbot. Misalnya, Anda dapat memantau jumlah pertanyaan yang berhasil diselesaikan oleh chatbot atau jumlah kali pengguna mengulang pertanyaan yang sama. Hal ini akan membantu Anda melihat sejauh mana chatbot efektif dalam memberikan solusi kepada pengguna.

  • Survei Pengguna

Dalam Chatbot Flow Builder, Anda dapat memasukkan pertanyaan survei di dalam alur chatbot. Misalnya, setelah interaksi selesai, Anda dapat meminta pengguna untuk memberikan penilaian atau umpan balik mengenai pengalaman mereka dengan chatbot. Survei ini dapat membantu Anda mengukur tingkat kepuasan pengguna.

  • A/B Testing

Chatbot Flow Builder memungkinkan Anda untuk membuat variasi alur chatbot dan menguji kinerja masing-masing variasi. Dengan melakukan A/B testing, Anda dapat melihat mana alur chatbot yang memberikan hasil terbaik dan paling efektif dalam memberikan solusi kepada pengguna.

Baca juga: Chatbot dan Artificial Intelligence, Apa Perbedaan Keduanya?

Tips dan Praktik Terbaik dalam Mengukur Keberhasilan Chatbot

Berikut adalah beberapa tips terbaik yang bisa Anda lakukan dalam mengukur keberhasilan chatbot:

  • Tentukan Tujuan yang Jelas

Mula-mula, tentukan tujuan perusahaan yang ingin dicapai. Adanya tujuan yang jelas dapat memudahkan arah pengaplikasian chatbot supaya lebih efisien.

  • Lakukan Pengukuran Secara Berkala

Pantaulah kinerja chatbot dengan rutin. Dengan ini, perusahaan dapat mengidentifikasi adanya tren maupun perkembangan chatbot seiring berjalannya waktu.

  • Analisis Data Secara Mendalam

Ketika melakukan analisis terhadap data-data pengukuran chatbot, perhatikan hal-hal secara mendetail seperti apa pertanyaan yang paling sering diajukan, alur chatbot paling efektif, hingga kendala yang umumnya dihadapi pengguna. 

  • Perbaiki dan Tingkatkan

Melakukan analisis secara mendalam akan membantu perusahaan Anda dapat mengidentifikasi secara tepat apabila terdapat area yang perlu diperbaiki hingga ditingkatkan. Gunakan chatbot flow builder untuk memodifikasi alur chatbot, menambahkan respons, atau meningkatkan logika percakapan.

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Anda dengan Fitur Chatbot Flow Builder dari Sociomile!

Melihat pentingnya penggunaan chatbot flow builder sebagai salah satu alat pengembang kualitas layanan pelanggan, Anda harus menjadikannya sebagai pertimbangan bersama. Selain membuat pelanggan nyaman dengan pelayanan tingkat profesional, chatbot dapat membantu mengurangi pekerjaan yang harus diselesaikan secara manual.

Memperkenalkan chatbot flow builder, salah satu fitur terbaru layanan contact center Sociomile dari Ivosights. Chatbot flow builder ini dapat memudahkan Anda untuk mengkustomisasi skema chatbot tanpa membutuhkan waktu lama. Dengan begini, Anda tidak perlu membutuhkan bantuan programmer untuk memprogram chatbot khusus untuk perusahaan. Dapatkan fitur ini dengan berlangganan layanan Sociomile dari Ivosights, sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami