Gunakan Whatsapp Business API sebagai Customer Support Pelanggan Perbankan

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Kamis, 06 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Whatsapp Business API. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Whatsapp Business API. Shutterstock

"Customer support perbankan dapat menggunakan bantuan Whatsapp Business API untuk meningkatkan layanan pelanggan bagi para nasabahnya!"

Layanan pelanggan yang efisien dan responsif menjadi salah satu faktor yang memengaruhi keberhasilan bisnis, termasuk dalam industri perbankan. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan ini adalah dengan memanfaatkan Whatsapp Business API. Pada artikel ini, kami akan mengulas tentang penggunaan Whatsapp Business API sebagai layanan customer support dalam perbankan, keuntungan yang dapat diperoleh, serta cara mengimplementasikannya.

Kenali Dahulu Apa Itu Whatsapp Business API

Whatsapp Business API merupakan sebuah platform Whatsapp yang membantu perusahaan sebagai penyedia layanan pelanggan. Dengan menggunakan Whatsapp Business API, perbankan dapat mengintegrasikan layanan customer support dengan aplikasi Whatsapp untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada nasabah.

Keuntungan Menggunakan Whatsapp Business API dalam Layanan Customer Support Perbankan

Penggunaan Whatsapp Business API dalam layanan customer support perbankan memberikan berbagai keuntungan, antara lain:

  • Komunikasi Real-time

Dengan Whatsapp Business API, perbankan dapat berkomunikasi secara real-time dengan nasabah. Aplikasi ini juga memudahkan untuk menyelesaikan kendala atau menjawab pertanyaan dengan lebih cepat dan efisien.

  • Pengalaman Interaktif

Whatsapp Business API menyediakan fitur-fitur interaktif yang mendukung pelayanan secara interaktif kepada nasabah. Dengan ini, nasabah akan mudah mendapatkan informasi atau melakukan transaksi.

Baca juga: Langkah untuk Melakukan Transaksi Perbankan dengan WhatsApp

  • Notifikasi Penting

Whatsapp Business API mendukung perbankan untuk mengirimkan notifikasi-notifikasi penting kepada nasabah. Notifikasi ini dikirimkan langsung melalui aplikasi Whatsapp sehingga informasi tersebut mudah dilihat dan diakses.

  • Pemantauan dan Analisis

Terakhir, Whatsapp Business API dilengkapi dengan fitur pemantauan dan analisis untuk melacak kinerja layanan customer support mereka. Data-data penting ini akan digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan.

Cara Mengimplementasikan Whatsapp Business API dalam Layanan Customer Support Perbankan

Untuk mengimplementasikan Whatsapp Business API dalam layanan customer support perbankan, Anda perlu mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Daftar sebagai Whatsapp Business Solution Provider

Perbankan perlu mendaftar terlebih dahulu sebagai Whatsapp Business Solution Provider untuk mendapatkan akses ke Whatsapp Business API. Mereka juga memerlukan proses berupa pengajuan aplikasi dan persetujuan dari Whatsapp.

  • Integrasi dengan Sistem Customer Support

Setelah mendapatkan akses ke Whatsapp Business API, perbankan perlu mengintegrasikan sistem customer support mereka dengan API tersebut. Dengan ini, layanan perbankan akan mudah untuk mengirim dan menerima pesan dari nasabah melalui aplikasi Whatsapp.

  • Mengatur Pesan Otomatis

Kemudian, pihak perbankan dapat mengatur pesan otomatis sebagai bentuk pemberian respons secara cepat kepada nasabah. Pesan otomatis ini dapat digunakan untuk memberikan informasi dasar, menjawab pertanyaan umum, atau mengarahkan nasabah ke opsi lain yang relevan.

  • Pelatihan dan Pengembangan Tim

Perbankan diharuskan untuk melibatkan tim yang terampil dalam penggunaan platform Whatsapp Business API. Tim internal perbankan juga perlu memahami fitur-fitur dan kemampuan API Integration serta memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Dengan dua hal ini, perbankan akan memberikan pelayanan yang memuaskan kepada seluruh nasabahnya.

Baca juga: 6 Keuntungan Transaksi Perbankan Melalui WhatsApp Business API

Dapatkan Layanan Whatsapp Business API melalui Ivosights sebagai Salah Satu Provider Whatsapp Business API

Platform Whatsapp Business API dapat digunakan dalam berbagai bidang perusahaan, salah satunya industri financial. Melalui artikel di atas Anda juga dapat menyimpulkan sendiri betapa banyaknya kegunaan yang diberikan Whatsapp Business API untuk nasabah perbankan. Selain berperan salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia, Whatsapp Business API akan memudahkan perbankan untuk menghubungi pelanggan secara mudah dengan format pesan yang bisa disesuaikan. Selain itu, bank juga dapat mengirimkan pesan tersebut ke seluruh nasabahnya dalam waktu yang bersamaan.

Berkat platform bisnis Whatsapp satu ini, nasabah juga akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik saat menggunakan layanan perbankan. Perbankan juga lebih mudah untuk memeroleh kepercayaan nasabahnya berkat tanda centang hijau yang diberikan pada premium number bank. Segera hubungi Ivosights sebagai Whatsapp Business Solution Provider (BSP) untuk mendapatkan layanan Whatsapp yang satu ini.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami