Alasan Aplikasi Streaming Film Wajib Menggunakan Chatbot

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 09 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock

"Salah satu alasan chatbot wajib ada pada aplikasi streaming adalah untuk membantu pengguna saat mencari solusi dan menjawab permasalahan di aplikasi tersebut."

Aplikasi streaming film adalah aplikasi yang menyediakan berbagai film dan serial televisi yang dapat ditonton dengan menggunakan koneksi internet. Aplikasi ini tidak perlu menggunakan ruang penyimpanan yang banyak karena film yang ditonton tidak perlu diunduh terlebih dahulu. Saat ini pengguna aplikasi streaming film telah semakin banyak dan pengembang pun mulai menerapkan teknologi terkini untuk memudahkan penggunanya dalam mengakses aplikasi streaming film. Salah satunya yaitu dengan tersedianya chatbot untuk membantu pengguna dalam mencari solusi dan menjawab permasalahan di aplikasi ini. Simak mengapa chatbot sangat penting digunakan dalam aplikasi streaming film.

Apa Itu Chatbot?

Chatbot adalah suatu layanan chat karakter virtual yang menggunakan sistem AI (Artificial Intelligence) dengan meniru sistem percakapan manusia melalui pesan teks. Chat robot memiliki nama lain chatterbot dan berbentuk percakapan virtual yang bertujuan untuk memberikan berbagai macam informasi. Chatbot juga kini telah digunakan di berbagai industri sebagai salah satu gerbang awal penyampaian informasi kepada pelanggan sebelum terhubung ke customer service. Selain menyampaikan informasi, chatbot juga dapat menjawab pertanyaan pelanggan berdasarkan permasalahan yang telah terangkum dalam memori chatbot di database. Mereka dapat pula memberi tahu cuaca terkini, memesan makanan, reservasi, hingga mengobrol sebagai teman seperti fitur IcaIca yang disediakan oleh Line

Baca Juga: Mengenal Chatbot dari Fungsi dan Cara Kerjanya

Cara Kerja Chatbot

Chatbot dalam melakukan pekerjaannya memiliki tiga model yang diadopsi untuk mempermudah kerja mereka. Antara lain:

  • Decision tree-based

Metode decision tree-based adalah metode yang menggunakan beberapa tombol yang isinya teks jawaban. Melalui tombol ini pelanggan akan dihadapkan beberapa pilihan untuk memberikan jawaban sesuai dengan hal yang ingin mereka tanyakan kepada chat robot. Metode ini lumayan sering digunakan oleh para pebisnis karena lebih cepat dalam menjawab pertanyaan pengguna. Apabila jawaban yang diinginkan pengguna tidak terdapat dalam chatbot ini, maka mereka akan diarahkan ke agen atau customer service untuk penanganan lebih lanjut.

  • Contextual

Dalam metode contextual, chatbot memiliki cara kerja yang mengandalkan sistem AI dengan pembelajaran mesin (machine learning), teknik ini memungkinkan bot bereaksi layaknya seorang manusia. Pengembang chat robot ini tetapi harus merencanakan metode ini secara spesifik untuk menampung segala pertanyaan dan permintaan yang pengguna berikan. Semakin banyak data dikumpulkan, maka semakin meningkat pula kemampuan chatbot untuk menjawab pertanyaan dengan akurat.

  • Pattern Matching

Metode yang terakhir adalah menggunakan pattern matching. Metode ini dapat mengklasifikasikan teks dan menghasilkan respon sesuai pertanyaan pelanggan. Pattern matching menggunakan struktur dari pola “Artificial Inttigence Markup Languange” (AIML). Hal ini memudahkan chatbot mengetahui jawaban melalui pola terkait. Algoritmanya dapat membantu chatbot untuk menjawab pertanyaan lebih mendalam

Mengapa Chatbot Diperlukan untuk Aplikasi Streaming Film?

Berikut beberapa alasan kenapa chatbot penting untuk aplikasi streaming film: 

  • Meningkatkan kepuasan pelanggan

Chat robot dapat membantu pelanggan menjawab pertanyaan mengenai informasi film serta fitur yang tersedia dalam aplikasi tersebut.

  • Menyediakan layanan pelanggan 24/7

Fitur chat robot dalam aplikasi streaming tersedia 24/7 sehingga pengguna dapat meminta bantuan kapan saja tanpa mengenal siang dan malam

  • Menghemat biaya operasional

Dengan chat robot, aplikasi streaming film dapat mengurangi biaya operasional karena mereka tak perlu memiliki banyak pegawai untuk mengelola panggilan dan kebutuhan pelanggan. Semuanya telah ditangani oleh fitur chatbot yang dapat menjawab semuanya.

  • Meningkatkan efisiensi layanan pelanggan

Chat robot dapat menjawab secara instan dan tepat waktu mengenai keinginan pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi waktu tunggu.

Baca Juga: Bidang Apa Saja Ya yang Membutuhkan Chatbot? Yuk, Cari Tahu!

  • Meningkatkan keamanan pengguna

Akun pengguna akan menjadi lebih aman karena chatbot dapat membantu mereka mengakses informasi keamanan aplikasi. Chat robot akan memberikan solusi keamanan jika pengguna mengalami masalah keamanan

  • Memudahkan mencari judul film

Chat robot juga dapat memberikan informasi mengenai judul film secara akurat. Data lain seperti sutradara, pemain, dan durasi juga dapat diberikan oleh chat robot kepada pengguna.

  • Meningkatkan interaksi dengan pengguna

Agar aplikasi streaming film semakin dilirik oleh pengguna, pengembang aplikasi ini dapat melakukan instalasi chat robot yang interaktif. Mereka dapat membuat chat robot yang melibatkan penggunanya dalam memilih film favorit. Hal ini akan membuat pengguna merasa terbantu karena menemukan film yang sesuai dengan mereka.

Dapatkan Layanan Chatbot Terbaik Untuk Kemajuan Bisnis Anda

Itulah alasan mengapa aplikasi streaming film wajib menggunakan fitur chatbot untuk meningkatkan kepuasan pelanggan mereka. Chatbot dapat memberikan banyak kemudahan agar suatu aplikasi dapat memberikan pelayanan maksimal bagi penggunanya. 

Ivosights menyediakan sistem chatbot untuk kemudahan bisnis Anda agar dapat bersaing dan memberikan pengalaman pengguna yang unik. Segera hubungi Ivosights sekarang juga untuk merasakan pelayanan terbaik!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami