Cara Memilih BPO Call Center yang Tepat untuk Optimalisasi Komunikasi

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Selasa, 07 Mei 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - BPO Call Center. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - BPO Call Center. Shutterstrock

"Telusuri manfaat dan cara memilih BPO call center yang sesuai dengan bisnis Anda melalui artikel berikut ini."

Perkembangan teknologi dan situasi ekonomi yang fluktuatif menuntut perusahaan untuk menjaga stabilitas operasional di tengah persaingan yang semakin ketat. Kunci untuk menjaga konsistensi dalam bisnis adalah dengan memelihara hubungan yang positif dengan pelanggan dan memastikan standar kualitas produk dan layanan tetap baik. Salah satu cara efektif untuk mencapai ini adalah dengan meningkatkan kinerja call center melalui bantuan yang diberikan BPO call center.

Apa itu BPO Call Center?

Call center merupakan bagian operasional bisnis penting yang berpengaruh dalam menentukan kepuasan pelanggan. Call center bertanggung jawab atas segala jenis komunikasi melalui panggilan telepon, khususnya interaksi dengan pelanggan. Pelanggan dapat bertanya mengenai informasi produk, meminta bantuan, melakukan transaksi, hingga memberikan feedback terhadap produk melalui call center. Beberapa perusahaan, terutama perusahaan berskala menengah dan besar, membutuhkan jasa Business Process Outsourcing (BPO) untuk mengelola call center. BPO call center merupakan pihak ketiga yang dapat membantu mengalihdayakan sebagian operasional bisnis, yaitu call center. BPO call center pada umumnya dilengkapi dengan berbagai macam fitur relevan yang mendukung operasional bisnis dan memberikan layanan yang efisien dan responsif kepada pelanggan.

Apa Saja Keunggulan yang Dimiliki BPO Call Center?

Keunggulan BPO (Business Process Outsourcing) Call Center meliputi:

  • Efisiensi Operasional

BPO Call Center menyediakan infrastruktur dan teknologi yang canggih, memungkinkan perusahaan untuk fokus pada inti bisnis mereka sambil mengurangi biaya dan beban operasional.

  • Skalabilitas

Dengan BPO Call Center, perusahaan dapat dengan mudah menyesuaikan kapasitas layanan sesuai dengan permintaan, baik itu meningkatkan atau mengurangi jumlah agen yang diperlukan, tanpa harus menginvestasikan waktu dan sumber daya tambahan.

  • Spesialisasi dan Keahlian

BPO Call Center memiliki tenaga kerja yang terlatih dan berpengalaman dalam memberikan layanan pelanggan. Mereka dapat menangani berbagai macam masalah pelanggan dengan efektif dan efisien.

  • Fleksibilitas Waktu

Layanan BPO Call Center tersedia 24/7, memastikan bahwa pelanggan dapat menghubungi perusahaan kapan pun mereka membutuhkan bantuan atau informasi.

  • Peningkatan Fokus pada Pelanggan

Dengan menugaskan tugas-tugas layanan pelanggan kepada BPO Call Center, perusahaan dapat membebaskan sumber daya internal untuk fokus pada pengembangan produk, pemasaran, dan strategi lain yang lebih berorientasi pada pelanggan.

  • Peningkatan Kualitas Layanan

Dengan fokus yang kuat pada pelanggan dan teknologi yang canggih, BPO Call Center seringkali mampu memberikan layanan yang lebih baik dan responsif daripada yang bisa dilakukan oleh perusahaan secara internal.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Perusahaan Anda Membutuhkan BPO Call Center

Cara Memilih BPO Call Center yang Tepat untuk Bisnis Anda

BPO call center memiliki berbagai macam fitur dan fasilitas berbeda satu sama lain. Anda perlu memilih BPO call center yang paling tepat untuk bisnis Anda. Berikut merupakan cara memilih BPO call center terbaik:

  • Sesuaikan BPO Call Center dengan Kebutuhan Bisnis

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyusun kebutuhan apa saja yang diperlukan bisnis. Seperti dukungan teknis, inbound dan outbound calls, atau fasilitas lainnya.

  • Mengevaluasi Teknologi, Fitur, dan Infrastruktur yang Disediakan

Setelah mengetahui hal-hal yang dibutuhkan bisnis, Anda dapat mencari tahu mengenai teknologi, fitur, dan infrastruktur apa saja yang disediakan oleh BPO call center. Seperti rekam jejak keberhasilan, manajemen data, protokol keamanan, sertifikasi, hingga akreditasi BPO call center.

  • Mencari Referensi dan Ulasan Pelanggan

Anda juga perlu mangetahui review pelanggan dan referensi orang-orang sekitar yang pernah menggunakan jasa BPO call center. Beberapa BPO call center terkadang mengunggah ulasan pelanggan pada situs web resmi perusahaan.

  • Evaluasi Skalabilitas dan Fleksibilitas

Perusahaan dengan skala menengah dan besar perlu menggunakan BPO call center yang dapat menunjang beban besar tersebut. Sehingga, perusahaan perlu mengevaluasi apakah BPO call center mumpuni dalam mendukung bisnis. 

  • Mempertimbangkan Harga

Tahap ini merupakan tahap paling penting yang perlu dilalui, yaitu mempertimbangkan harga layanan BPO call center. Anda dapat membandingkan harga beberapa jenis BPO call center, memantau fasilitas yang didapatkan, juga membandingkan apakah anggaran yang dikeluarkan sepadan dengan fasilitas yang didapatkan.

  • Lakukan Negosiasi Lanjutan

Terakhir, setelah berhasil memutuskan untuk memilih satu BPO call center, Anda perlu melakukan negosiasi lanjutan. Hal yang perlu dibicarakan adalah memastikan protokol komunikasi dan asistensi dari BPO call center. Dapat berupa asistensi secara teknis, maupun operasional.

Baca Juga: 6 Keunggulan Mengoperasikan Call Center dengan Bantuan BPO Call Center 

BPO Call Center dari Ivosights: Solusi Optimalisasi Komunikasi Bisnis dengan Mudah

Ivosights memiliki BPO call center yang menyediakan teknologi dan fitur terpadu, infrastruktur, serta agen berkualitas dan profesional. Ivosights menyediakan perhitungan anggaran yang fleksibel, dengan jaminan keamanan data yang tersertifikasi ISO 27001. Terdapat lebih dari puluhan perusahaan sudah menjadi mitra Ivosights dalam layanan BPO call center. Didapuk sebagai penyedia teknologi contact center terlengkap, Ivosights dapat membantu Anda untuk menjaga bisnis tetap terhubung dengan pelanggan. Sehingga, kelancaran operasional inbound atau outbound dapat terjaga. Tertarik? Segera bergabung sebagai mitra Ivosights untuk mendapatkan dukungan layanan!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami