Alasan Mengapa Campaign Ramadan Diperlukan untuk Bisnis

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 28 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.

"Campaign Ramadan merupakan kampanye yang banyak dilakukan oleh bisnis. Yuk, simak alasan mengapa hal ini diperlukan"

Bagi umat Muslim, kedatangan Bulan Suci Ramadan adalah suatu berkah yang sangat ditunggu-tunggu. Bulan yang satu ini sangat istimewa karena kehadirannya hanya sekali dalam satu tahun sehingga butuh penantian yang cukup panjang untuk hadirnya Bulan Suci ini. Karena hal itu, ada banyak pemilik bisnis yang ikut merayakan datangnya bulan ini dengan menyerukan campaign Ramadan yang berisikan banyak promo, diskon khusus, dan hal-hal lain yang menyangkut Ramadan. Namun, apakah campaign Ramadan benar-benar diperlukan untuk kepentingan bisnis? Yuk, simak beberapa alasannya dalam artikel di bawah ini!

Apa itu Campaign Ramadan

Campaign Ramadan merupakan suatu kampanye yang menyerukan kedatangan Ramadan yang dilakukan oleh berbagai bidang mulai dari pendidikan, bisnis, dan lain-lain. Kampanye yang satu ini dilakukan sebagai bentuk selebrasi terhadap Ramadan yang seringkali berupa poster atau video penyambutan Ramadan, promo dan diskon khusus Ramadan, hingga berupa postingan yang memiliki unsur Ramadan. 

Kegiatan campaign Ramadan ini biasanya dilakukan di media sosial dan memiliki tujuan untuk menarik minat masyarakat, khususnya untuk umat Muslim yang berpuasa di bulan tersebut. Campaign Ramadan juga bertujuan untuk meningkatkan potensi bisnis agar lebih dilirik dan diketahui oleh masyarakat. Singkatnya, campaign Ramadan memiliki banyak tujuan dan manfaat untuk berbagai bidang.

Baca Juga: Catat! Media Sosial yang Cocok untuk Campaign Ramadan

Alasan Campaign Ramadan Diperlukan untuk Bisnis

  • Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness untuk sebuah bisnis sangatlah penting karena memiliki banyak peran dalam pengetahuan masyarakat mengenai bisnis yang kita miliki. Tanpa brand awareness, bisnis kita akan sulit untuk laku dan masyarakat tidak memiliki kepercayaan mengenai bisnis yang kita jalani. Untuk itu, dengan melakukan campaign Ramadan, peluang brand awareness pada bisnis akan meningkat dan akan menimbulkan dampak positif untuk bisnis.

  • Ikut Serta Dalam Selebrasi Datangnya Ramadan

Selebrasi datangnya Ramadan membuat banyak umat Muslim menjadi lebih bersemangat dalam menjalani puasa. Selain itu, guna melakukan campaign Ramadan dalam melakukan selebrasi ini adalah karena untuk menjadi salah satu dari banyaknya pemilik bisnis dan brand yang melakukan selebrasi akan datangnya bulan ini. Singkatnya, masyarakat akan mengetahui bisnis yang kita jalani melakukan selebrasi untuk menyambut Ramadan.

  • Membuka Peluang untuk Menarik Minat Pelanggan Baru

Salah satu tujuan diadakannya kampanye Ramadan ini adalah untuk membuat peluang menarik minat pelanggan baru. Hal ini tentunya memiliki tujuan untuk menambah keuntungan dan lakunya produk yang dipasarkan kepada masyarakat.

Lakukan Hal-Hal Ini Jika Ingin Campaign Ramadan Sukses!

  • Lakukan Digital Monitoring

Melakukan campaign Ramadan tidak boleh dilakukan asal-asalan dan hanya mengikuti tren yang ada. Harus dilakukan dengan seksama dan hati-hati jika ingin menguntungkan bisnis yang dijalani. Untuk itu, peran digital monitoring sangat penting untuk memantau apa-apa saja yang ada di media sosial serta perilaku konsumen saat Ramadan.

  • Memanfaatkan Media Sosial

Meskipun Anda berpikir bisnis yang Anda jalani tidak terlalu besar, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan kehadiran media sosial untuk memperlancar campaign Ramadan untuk bisnis Anda. Media sosial memiliki banyak pengguna dengan berbagai usia. Selain itu, peluang untuk campaign Ramadan yang sukses juga akan semakin besar jika dilakukan di media sosial.

Baca Juga: TikTok dan Instagram: Mana yang Lebih Baik untuk Campaign Ramadan?

  • Menggunakan WhatsApp Business

Pemilik bisnis tentu sudah tidak asing lagi dengan adanya aplikasi WhatsApp Business. Aplikasi yang satu ini memang memiliki banyak peran dan manfaat untuk kepentingan bisnis. Untuk itu, agar campaign Ramadan Anda menjadi jauh lebih sukses, gunakan WhatsApp Business!

  • Gunakan Promo dan Diskon Menarik

Ramadan adalah bulan yang tepat untuk berbagi promo dan diskon yang menarik. Jika ingin bisnis yang Anda lakukan lebih menarik perhatian masyarakat dan ingin bersaing dengan pemilik bisnis lainnya, gunakanlah trik yang satu ini!

Yuk, Beralih ke Ripple10 dan WhatsApp Business API!

Jika Anda ingin bisnis berjalan lancar, gunakanlah WhatsApp Business API! Ivosights akan membantu Anda dalam proses dan layanan WhatsApp Business API agar urusan Anda jadi jauh lebih mudah. Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan saat berlangganan WhatsApp Business API adalah akun verified yang akan menambahkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda, integrasi ke CRM, dashboard untuk melakukan bulk messaging, hingga adanya report untuk campaign bisnis yang Anda jalani. 

Selain itu, alih-alih melakukan digital monitoring secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi kebanggan kami yang satu ini mampu melacak trending yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! 

Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya layanan WhatsApp Business API dan Ripple10!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami