Peran Agen Call Center dalam Bisnis UMKM

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 12 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Call Center. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Call Center. Shutterstock

"Artikel ini membahas tentang peran penting agen call center dalam operasional bisnis UMKM."

Bisnis UMKM berperan cukup signifikan dalam perekonomian global. Selain menciptakan lapangan kerja untuk orang lain, UMKM dapat mengasah kreativitas dan inovasi pemiliknya yang berperan dalam menggerakkan sektor bisnis. Walaupun perannya cukup penting, bisnis satu ini tergolong kesulitan untuk mengelola layanan pelanggannya. Oleh karena itu, akan lebih baik jika bisnis UMKM menyediakan layanan pelanggan khusus bernama call center untuk menjaga kepuasan pelanggan.Sebelum mencari tau apa saja keuntungan yang didapatkan jika menggunakan layanan call center. 

Definisi UMKM

Istilah UMKM sendiri merupakan singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. UMKM diartikan sebagai salah satu sektor bisnis skala kecil dan menengah. Pada umumnya, bisnis ini dimiliki sekaligus dijalankan oleh individu ataupun kelompok kecil. Pemilik bisnis dapat memanfaatkan beberapa platform untuk menunjang UMKM miliknya, salah satunya dengan menggunakan layanan call center.

Karakteristik UMKM

Untuk membedakan bisnis UMKM dengan bisnis lainnya, Anda perlu mengetahui karakteristik yang menggambarkan jenis bisnis satu ini.

  • Skala Usaha

Skala dalam UMKM relatif kecil, baik jumlah pekerja dan penghasilan yang didapatkan. Skala dapat bervariasi tergantung dari jenis usahanya, apakah  tergolong usaha mikro atau usaha kecil dan menengah. Biasanya, jumlah pekerja usaha ini berkisar antara satu hingga ratusan karyawan.

  • Modal Usaha

UMKM memiliki modal yang terbatas untuk memulai usaha. Modal ini bisa berupa tabungan pribadi atau pinjaman keluarga maupun lembaga keuangan yang bisa menyediakan pinjaman khusus bagi bisnis UMKM.

Baca juga: Manfaat Call Center Bagi Perusahaan

  • Kepemilikan dan Pengelolaan

Umumnya, UMKM dimiliki dan dikelola oleh perorangan secara pribadi. Namun, pemilik UMKM juga dapat menyerahkan pengelolaannya ke anggota keluarganya. Pemilik bisnis ini juga terlibat dalam operasional serta pengambilan keputusan dalam kesehariannya.

  • Jangkauan Pasar

Jangkauan pasar UMKM biasanya berfokus pada pasar lokal terdekatnya. Namun, jenis usaha ini tetap dapat menjangkau pasar regional hingga internasional.

Jenis-Jenis UMKM

Bisnis UMKM diklasifikasikan berdasarkan jenis skala usaha, sektor industrinya, atau karakteristik lain yang telah disebutkan sebelumnya. Inilah beberapa contoh jenis bisnis UMKM yang umum digunakan.

  • UMKM di Sektor Perdagangan

UMKM dalam sektor perdagangan semisalnya adalah warung, toko kelontong, hingga penjual eceran online.

  • UMKM di Sektor Manufaktur

Contoh UMKM di sektor ini adalah produsen makanan dan minuman serta produsen barang konsumen

  • UMKM di Sektor Jasa

UMKM di sektor jasa contohnya yaitu usaha-usaha kuliner, penyedia jasa konsultasi, dan penyedia jasa kecantikan.

  • UMKM di Sektor Kreatif

Contoh UMKM di sektor kreatif yaitu studio fotografi, produsen barang seni dan kerajinan, serta desain grafis

  • UMKM di Sektor Pertanian

UMKM di sektor pertanian mencakup semua jenis petani, termasuk tanaman pangan, ternak, maupun perkebunan

  • UMKM di Sektor Pariwisata

UMKM di sektor ini mencakup pengelola akomodasi serta usaha wisata

Pentingnya Gunakan Agen Call Center untuk Pengembangan Bisnis UMKM

Walaupun berperan penting dalam bidang ekonomi, UMKM sering kesulitan untuk mengelola operasional bisnis, terutama dalam hal layanan pelanggan. Disinilah merupakan letak pentingnya menggunakan agen call center sebagai pendukung keberhasilan bisnis mereka. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa penggunaan agen call center sangat penting dalam bisnis UMKM:

  • Meningkatkan Kualitas Layanan Pelanggan

Untuk menjaga kesuksesan bisnis, Anda perlu memberikan layanan pelanggan berkualitas. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan agen call center. Dengan begitu, UMKM telah menyediakan saluran komunikasi yang profesional dan efisien antara bisnis dengan pelanggan.

Agen call center yang terlatih dapat memberikan jawaban tepat serta solusi yang sesuai tdengan pertanyaan, keluhan, atau masalah milik pelanggan. Berbagai pelayanan ini akan meningkatkan indeks kepuasan pelanggan.

  • Skalabilitas

Peningkatan panggilan pelanggan merupakan sesuatu yang sering dialami dalam perkembangan bisnis UMKM. Untuk menghadapi peningkatan ini, pemilik bisnis dapat menggunakan agen call center untuk memberikan layanan kepada semua pelanggan tanpa menurunkan kualitas pelayanan. Jumlah agen call center juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis, tergantung ketika terjadi lonjakan ataupun pengurangan panggilan. 

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Anda Terapkan di Call Center

  • Efisiensi Operasional

Kebanyakan dari bisnis UMKM memiliki sumber daya terbatas. Alhasil, operasional bisnis tidak terlalu mengalami peningkatan. Dengan  agen call center, efisiensi operasional mereka dapat dioptimalisasikan. Pemilik bisnis dapat memfokuskan kegiatan inti bisnis sementara pengelolaan panggilan dan layanan pelanggan dilakukan oleh para agen. Hal ini bisa membantu meningkatkan produktivitas dan memungkinkan UMKM untuk lebih efektif mengalokasikan sumber daya.

  • Profesionalisme dan Citra Bisnis

Kehadiran agen call center yang berpengalaman akan meningkatkan kesan profesionalisme dan citra bisnis UMKM. Para agen call center dapat memberikan informasi yang akurat dan membantu pelanggan dengan kebutuhan mereka.

  • Analisis Data dan Umpan Balik Pelanggan

Agen call center memiliki peran penting dalam mengumpulkan data dan umpan balik dari pelanggan. Mereka dapat melakukan survei kepuasan pelanggan, mengidentifikasi tren atau masalah yang muncul, serta melacak preferensi pelanggan. Beberapa informasi ini berpotensi meningkatkan pengembangan bisnis UMKM.

Tingkatkan Manajemen Bisnis UMKM Anda dengan Layanan Call Center Ivosights

Anda kesulitan untuk meningkatkan performa pelayanan pelanggan dalam bisnis? Tenang saja, kami punya solusinya. Memperkenalkan Sociomile, sebuah contact center terpadu milik Ivosights. Ada beberapa kelebihan yang didapatkan selama menggunakan layanan ini, salah satunya adalah kemudahan dalam mengakses 13 kanal digital melalui satu dashboard utama saja.

Selain tampilannya user-friendly, Sociomile akan meningkatkan kualitas pelayanan bisnis Anda dengan berbagai fitur pelengkap. Apalagi jika layanan ini dilengkapi dengan BPO Contact Center, solusi pengelolaan layanan call center. Yuk daftarkan bisnis UMKM Anda ke Ivosights untuk mendapatkan layanan Sociomile sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami