Manfaat Buzzer Selain untuk Bisnis, Apa Lagi, ya?

Ripple10


Penulis : Administrator - Rabu, 29 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Buzzer. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Buzzer. Shutterstock.

"Pengertian buzzer seringkali dikaitkan dengan bisnis. Tetapi, bukan hanya untuk bisnis, lho! Yuk, simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini"

Buzzer memiliki peran penting yang akan membawa suatu brand, produk, hingga instansi agar hal-hal tersebut bisa disampaikan dengan baik di masyarakat. Biasanya, jika suatu perusahaan atau instansi masyarakat ingin melakukan sebuah kampanye yang ditujukan untuk skala besar, mereka membutuhkan banyak orang yang memiliki pengaruh besar sehingga keberhasilan kampanye bisa dicapai. Tidak melulu tentang bisnis, yuk, simak manfaat buzzer untuk bidang lain selain bisnis! Simak baik-baik dalam artikel ini, ya!

Pengertian Buzzer

Buzzer merupakan adalah orang-orang yang membicarakan suatu topik yang bertujuan untuk ramai dibicarakan di kalangan masyarakat. Beberapa waktu lalu, pengertian buzzer masih dikaitkan untuk hal-hal yang kurang positif dan hanya untuk pengalihan masalah. Namun, seiring berjalannya waktu, buzzer saat ini banyak digunakan untuk menaikkan sebuah campaign agar menarik lebih banyak kehadirannya dikenal oleh masyarakat dan menjadikan suatu produk atau layanan jasa menjadi banyak digunakan.

Bukan hanya sembarang mempromosikan atau melakukan campaign, para buzzer biasanya memiliki power atau kepemilikan suara yang dipercaya oleh masyarakat sehingga mampu menggiring masyarakat untuk tertarik atau menjadi memiliki keinginan membeli suatu produk dari bisnis tertentu atau menjadi tertarik terhadap suatu isu. Para buzzer juga biasanya memiliki banyak pengikut di media sosial sehingga campaign yang mereka jalani diketahui oleh para pengikutnya. Perkataan mereka juga seringkali menjadi acuan terhadap suatu hal sehingga seringkali dijadikan standar bagus atau tidaknya hal tersebut.

Baca Juga: Produk Apa Saja yang Cocok Dipromosikan Melalui Buzzer?

Manfaat Penggunaan Buzzer

  • Menarik Perhatian Masyarakat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, buzzer memiliki banyak pengikut dan juga memiliki power yang jelas sehingga campaign yang mereka lakukan akan menarik perhatian masyarakat. Hal ini juga akan membuka peluang sukses bagi campaign tersebut sehingga menjadikan hal ini termasuk sebagai manfaat penggunaan buzzer.

  • Membuat Sebuah Kampanye Dikenal Oleh Publik

Berbeda jika dilakukan oleh orang biasa, buzzer memiliki kuasa untuk membuat sebuah kampanye dikenal oleh publik karena biasanya mereka merupakan orang terkenal dan memiliki banyak pengikut setia. Buzzer bisa mengkampanyekan sesuatu lewat media sosial agar pengikut mereka mengetahui tentang kampanye tersebut, mulai dari Instagram, Twitter, hingga TikTok. 

  • Menaikkan Suatu Isu

Salah satu manfaat penggunaan buzzer adalah untuk menaikkan sebuah isu agar dikenal oleh masyarakat. Hal ini bisa dilakukan untuk membuat masyarakat mengenal sebuah isu yang sedang terjadi saat ini, seperti contohnya menaikkan suatu isu pemerintahan atau awareness terhadap pencemaran lingkungan.

  • Memberikan Informasi Baru ke Masyarakat

Manfaat lainnya penggunaan buzzer adalah untuk memberikan informasi baru ke masyarakat. Memiliki power yang cukup besar di kalangan pengikut, buzzer dapat memberikan informasi yang bermanfaat sehingga menjadikannya salah satu bagian dari suatu campaign.

Bidang-Bidang yang Membutuhkan Buzzer

  • Bidang Pendidikan

Bidang pendidikan juga membutuhkan buzzer agar maksud dan informasi terbaru tentang pendidikan bisa tersampaikan dengan mudah di kalangan masyarakat. Biasanya, bidang pendidikan membutuhkan buzzer untuk kampanye ujian jujur dan lain-lain.

  • Pemerintah

Bukanlah sebuah hal baru jika buzzer digunakan untuk pemerintahan. Hal ini karena pemerintahan juga membutuhkan orang-orang yang memiliki latar belakang yang kuat serta dipercaya oleh masyarakat. Bukan hanya untuk pengalihan isu, bidang pemerintah membutuhkan buzzer untuk kampanye pemilu dan lain-lain.

Baca Juga: Harus Dihindari, Apa Itu Bribing Dalam Buzzer Marketing?

  • Industri Kreatif

Industri kreatif adalah bidang lainnya yang membutuhkan buzzer. Industri kreatif sendiri memiliki berbagai macam hal untuk dikampanyekan agar berhasil sehingga membutuhkan buzzer dalam penyampaiannya.

  • Pariwisata

Dalam mempromosikan suatu tempat wisata, biasanya digunakan beberapa buzzer untuk mempromosikan tempat tersebut agar lebih laku dan dikenal masyarakat.

Gunakan Ripple10 untuk Digital Monitoring yang Lebih Baik!

Alih-alih melakukan digital monitoring secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi kebanggan kami yang satu ini mampu melacak trending yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! 

Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami