7 Cara Membangun Hubungan Baik antara Bisnis dengan Buzzer

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 03 Oktober 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Buzzer. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Buzzer. Shutterstock

"Dalam menjalin kerjasama dengan buzzer, Anda sebagai pihak bisnis juga harus menjalin hubungan baik dengan buzzer. Ikuti tujuh cara di bawah ini sebagai pedoman"

Dalam era digital, bisnis sering melakukan kerjasama dengan buzzer tertentu untuk melancarkan kampanye bisnisnya kepada audiens yang lebih luas. Untuk itu, diperlukan penumbuhan hubungan yang baik antara bisnis dengan buzzer. Namun, untuk membangun hubungan yang baik dengan buzzer, dibutuhkan pendekatan yang tepat dan strategi yang matang. Sebagai pembantu Anda dalam membangun hubungan baik dengan buzzer, ikutilah cara-cara yang diberikan pada artikel berikut ini.

Kenali Apa Itu Buzzer?

Buzzer adalah seorang individu pemilik akun media sosial yang memiliki follower dalam jumlah yang besar. Umumnya, buzzer memiliki kemampuan untuk memengaruhi pendapat dan perilaku para follower mereka dalam berbagai hal, termasuk mengenalkan brand dan produk ataupun layanan tertentu yang disediakan oleh bisnis. Buzzer seringkali memiliki spesialisasi dalam bidang tertentu, seperti fashion, kuliner, atau teknologi, dan mereka aktif berbagi konten terkait di platform media sosial.

Pentingnya Membangun Hubungan Baik Antara Bisnis dengan Buzzer

Berikut adalah beberapa alasan pentingnya membangun hubungan baik antara bisnis dengan buzzer:

  • Meningkatkan Visibilitas Merek

Buzzer memiliki follower dalam jumlah yang besar di media sosial.  Ketika mereka membicarakan tentang produk atau layanan bisnis Anda, visibilitas brand Anda akan meningkat secara signifikan di platform online.

  • Meningkatkan Kredibilitas

Buzzer yang memiliki reputasi baik dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Rekomendasi positif yang diberikan oleh mereka akan memunculkan kepercayaan dari para audiensnya untuk memercayai produk atau layanan Anda.

  • Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Melalui kolaborasi dengan buzzer, bisnis dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan. Hal ini dikarenakan buzzer sering mengadakan kontes atau interaksi langsung dengan follower-nya yang dapat mengundang partisipasi pelanggan sehingga terciptalah ikatan yang lebih kuat.

  • Meningkatkan Penjualan

Ulasan positif dan rekomendasi terkait produk atau layanan bisnis yang diberikan oleh buzzer dapat mendorong para follower mereka untuk melakukan pembelian. Dengan ini, tingkat penjualan dalam bisnis Anda akan meningkat.

  • Akses ke Ide dan Wawasan Baru

Setiap buzzer memiliki pandangan dan pengetahuan yang berbeda tentang pasar dan tren terkini. Berkomunikasi secara terbuka dengan mereka membuat Anda mendapatkan akses ke ide dan pengetahuan baru yang dapat membantu pengembangan produk atau strategi pemasaran bisnis yang lebih baik.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengukur Keberhasilan Kolaborasi Bisnis dengan Buzzer?

Cara Membangun Hubungan Baik antara Bisnis dengan Buzzer

Untuk membangun hubungan baik antara bisnis dengan buzzer, berikut inilah tujuh cara yang bisa Anda terapkan:

  • Identifikasi Buzzer yang Relevan

Langkah pertama dalam membangun hubungan dengan buzzer adalah mengidentifikasi buzzer yang relevan dengan niche bisnis Anda. Hal ini menunjukkan bahwa Anda perlu melakukan riset untuk menemukan buzzer yang memiliki minat atau spesialisasi dalam bidang yang relevan dengan produk atau layanan Anda.

  • Lakukan Pendekatan dengan Tulus

Saat Anda telah mengidentifikasi buzzer yang berpotensi, lakukan pendekatan dengan tulus. Jangan terlalu tergesa-gesa atau terlalu agresif dalam mencoba membangun hubungan. Cobalah untuk berinteraksi dengan buzzer tersebut di media sosial, memberikan dukungan terhadap konten mereka, dan menunjukkan minat yang tulus terhadap aktivitas yang mereka lakukan di media sosial.

  • Tawarkan Nilai Tambah

Buzzer umumnya bekerja sama dengan bisnis karena ada nilai tambah yang mereka dapatkan. Tawarkan mereka sesuatu yang bermanfaat sebagai penggantinya, seperti akses eksklusif ke produk atau layanan Anda atau sebuah kesempatan untuk berkolaborasi dalam proyek khusus.

  • Jaga Kualitas Produk atau Layanan Anda

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan hubungan baik dengan buzzer adalah dengan menjaga kualitas produk atau layanan bisnis Anda. Jika mereka memberikan ulasan atau rekomendasi positif, pastikan bahwa apa yang mereka rekomendasikan adalah sesuatu yang memang berkualitas.

  • Berkomunikasi dengan Jelas

Komunikasi yang jelas dan terbuka adalah kunci utama dalam membangun hubungan yang baik dengan buzzer. Pastikan Anda selalu menjelaskan harapan dan kesepakatan dengan jelas kepada mereka, termasuk kompensasi jika diperlukan.

  • Ikuti Etika Kerja yang Baik

Etika kerja yang baik adalah hal yang penting dalam berbisnis dengan buzzer. Jangan pernah memaksa mereka untuk memberikan ulasan baik atau rekomendasi secara tidak jujur. Hormati juga pendapat dan independensi mereka.

  • Pertahankan Hubungan dengan Baik

Saat bisnis telah berhasil membangun hubungan dengan buzzer, pertahankan hubungan tersebut dengan baik. Beri mereka umpan balik positif dan terus jalin kerjasama yang saling menguntungkan.

Manfaat Bisnis yang Memiliki Hubungan Baik dengan Buzzer

Inilah beberapa manfaat yang didapatkan oleh bisnis yang memiliki hubungan baik dengan buzzer:

  • Pemasaran yang Lebih Otentik

Buzzer memiliki audiens berupa follower yang telah mempercayai mereka. Ketika buzzer merekomendasikan produk atau layanan Anda, akan terbentuk pemasaran berkesan otentik dan meningkatkan kepercayaan pelanggan potensial.

  • Feedback Langsung

Buzzer dapat memberikan umpan balik langsung tentang produk atau layanan Anda. Hal ini bisa sangat berharga bagi bisnis untuk memahami kebutuhan pelanggan dan memperbaiki produk atau layanan tersebut.

Baca juga: Hal yang Harus Dihindari Ketika Mempromosikan Bisnis Melalui Buzzer

  • Peluang untuk Menciptakan Konten Viral

Buzzer sering memiliki kreativitas yang tinggi dalam menciptakan konten yang menarik. Ketika mereka menciptakan konten yang viral tentang bisnis Anda, ini dapat memberikan paparan besar secara organik.

  • Penghematan Biaya Pemasaran

Dibandingkan dengan iklan tradisional, bekerja sama dengan buzzer seringkali membutuhkan biaya yang terjangkau. Selain menghemat biaya pemasaran bisnis Anda, bisnis tetap dapat mencapai audiens yang relevan.

  • Kemitraan Jangka Panjang

Dengan membangun hubungan bisnis yang kuat dengan buzzer, Anda dapat membuka peluang kemitraan jangka panjang. Mereka dapat menjadi duta brand yang setia dan terus mendorong produk atau layanan Anda dalam waktu yang lama.

Baca juga: 8 Etika yang Perlu Dipahami dalam Menjalankan Buzzer Marketing

Pantau Kerjasama Bisnis dengan Buzzer Menggunakan Digital Listening Tools!

Membangun hubungan yang baik dengan buzzer adalah sebuah investasi berharga bagi bisnis Anda di era digital ini. Hubungan tersebut dapat membantu meningkatkan visibilitas brand bisnis, kredibilitas, dan keterlibatan pelanggan. Dengan begitu, pertumbuhan bisnis Anda dapat didukung dengan baik. Mengikuti langkah-langkah yang tepat dan berkomunikasi dengan baik membuat tumbuhnya hubungan yang saling menguntungkan antara bisnis Anda dan buzzer.

Selain membangun hubungan baik dengan buzzer, Anda sebagai pebisnis juga harus memantau kinerja mereka dalam kolaborasi kampanye bisnis ini. Sebagai alat pemantauan buzzer, Anda bisa menggunakan Ripple10, sebuah digital listening tools yang berfungsi sebagai platform pemantau percakapan digital yang bisa digunakan di sejumlah platform, mulai dari media sosial, portal berita, forum, hingga media konvensional seperti media cetak.

Tools ini dibekali dengan sejumlah fitur, salah satunya adalah buzzer tracking & monitoring, sebuah fitur yang dapat membantu Anda memonitoring performa buzzer dan KOL dalam setiap kampanye bisnis. Apalagi, data monitoring yang dihasilkan juga dikumpulkan secara real-time sehingga keaslian data tidak perlu diragukan lagi. Jika Anda berminat, silahkan hubungi tim Ivosights untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut terkait produk kami satu ini. Bahkan, Anda juga bisa meminta melakukan demo sistem secara langsung untuk melihat secara langsung kegunaan Ripple10 ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami