Brand Loyalty: Pengertian, Fungsi, dan Cara Meningkatkannya

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 12 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Brand Loyalty - Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Brand Loyalty - Shutterstock

"Brand loyalty adalah kesetiaan konsumen untuk memilih dan membeli produk atau jasa dari merek tertentu secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama"

Brand loyalty adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan loyalitas konsumen terhadap merek tertentu, di mana konsumen akan memilih produk atau jasa dari merek tersebut secara konsisten, bahkan jika mereka memiliki alternatif lain yang tersedia. Hal ini dapat diartikan sebagai kesetiaan atau kepercayaan terhadap merek tersebut, yang didasarkan pada pengalaman positif dan hubungan yang baik antara merek dan konsumen. 

Brand loyalty dapat membantu perusahaan dalam mempromosikan produk dan jasa mereka dengan cara yang lebih efektif, karena konsumen yang sudah terikat dengan merek cenderung memberikan rekomendasi positif pada orang lain. Untuk meningkatkan brand loyalty, perusahaan dapat mengambil beberapa langkah seperti memberikan pelayanan yang lebih baik, meningkatkan kualitas produk, membangun hubungan yang kuat dengan konsumen, dan memberikan program loyalitas yang menarik.

Pengertian Brand Loyalty

Brand loyalty atau loyalitas merek adalah kecenderungan atau kesetiaan konsumen untuk memilih dan membeli produk atau jasa dari merek tertentu secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama. bahkan dalam situasi di mana merek lain menawarkan harga yang lebih murah atau kualitas yang lebih baik. Hal ini terjadi karena konsumen merasa puas dengan pengalaman mereka menggunakan produk atau jasa dari merek tersebut dan mempercayai merek tersebut untuk memberikan kualitas dan nilai yang konsisten.

Brand loyalty memiliki manfaat yang penting bagi bisnis, yaitu:meningkatkan loyalitas pelanggan, menjaga profitabilitas bisnis, membantu memperluas pangsa pasar, dan membangun citra merek yang kuat. Brand loyalty juga mampu mengurangi biaya pemasaran sehingga pemasaran terhadap pelanggan yang memiliki loyalitas tinggi menjadi lebih efektif dibanding mencari pelanggan baru.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Brand Association

Fungsi Brand Loyalty

Brand loyalti memiliki beberapa fungsi penting bagi sebuah produk. Berikut fungsi dari brand loyalty yang perlu Anda ketahui: 

  • Mempertahankan merek dengan optimal

Persaingan pasar yang ketat dapat menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar perusahaan. Mereka harus menerapkan strategi terbaik agar mampu menerima kepercayaan dari pelanggan. Dengan brand loyalty, perusahaan tidak perlu khawatir akan adanya persaingan ini. Bisnis dapat bertahan secara optimal di tengah ketatnya persaingan kompetitor. Kepercayaan konsumen pun juga dapat diraih dengan baik.

  • Memenangkan persaingan dengan kompetitor

Semakin besarnya suatu pasar maka persaingan dengan kompetitor pun juga turut membesar. Salah satu fungsi dari brand loyalty ini yaitu dapat mengatasi ancaman dari kompetitor dengan efisien. Sehingga produk Anda dapat berbicara banyak di antara kompetitor.

  • Membawa kembali konsumen yang telah berpaling

Salah satu cara yang paling sulit dalam menjalankan operasional bisnis adalah mempertahankan customer loyalty. Dengan meningkatkan brand loyalty, maka pelanggan yang telah berpaling ke produk perusahaan lain dapat menjadikan produk perusahaan kalian pilihan utama kembali. Pendapatan perusahaan pun akan semakin meningkat.

Cara Meningkatkan Brand Loyalty

  • Meningkatkan brand engagement

Cara pertama untuk meningkatkan brand loyalty dari produk perusahaan Anda yaitu dengan eningkatkan brand engagement. Caranya yaitu dengan melibatkan pelanggan dalam setiap aspek dari promosi perusahaan. Anda harus dapat melakukan komunikasi dua arah dengan pelanggan, tidak hanya sebatas menyampaikan informasi mengenai produk terbaru, promo, dan sebagainya. Pastikan pelanggan juga diberikan ruang terbuka untuk berdiskusi bersama brand

  • Memahami customer loyalty dan menyesuaikan dengan standar mereka

Tentukanlah target pasar dari perusahaan dan pastikan apakah target tersebut telah sesuai dengan produk yang akan dipasarkan. Pikirkanlah aspek apa saja yang dapat membuat pelanggan menjadi loyal dan sesuaikan dengan keinginan mereka. Baik itu dari segi harga, kualitas, dan sebagainya.

  • Memastikan brand konsisten dengan produk mereka

Dalam memilih suatu brand, pelanggan biasanya memiliki beberapa faktor yang dapat membuat mereka setia dengan satu brand saja. Oleh sebab itu, pastikan bahwa produk yang Anda buat tetap konsisten dan sesuai dengan kemauna pelanggan

Baca Juga: Tips Meningkatkan Brand Equity, Wajib Tahu!

  • Mengenalkan value dari brand

Setiap brand perusahaan memiliki nilainya tersendiri. Nilai tersebut juga menjadi alasan kenapa pelanggan bisa setia terhadap produk tersebut. Sehingga kenalkan brand value dari bisnis Anda untuk meyakinkan pelanggan bahwa brand Anda adalah yang terbaik

  • Membawa konsumen kembali

Dalam meningkatkan brand loyalty, Anda harus mampu membawa pelanggan untuk kebali menggunakan produk Anda. misalnya dengan menerapkan kartu member, promo, dan sebagainya. Hal ini akan menarik minat pelanggan sehingga mereka akan kembali memilih brand-mu

Tingkatkan Brand Loyalty dengan Ripple10 dari Ivosights

Itulah pengertian dari brand loyalty beserta fungsi dan cara meningkatkannya. Terdapat satu cara lagi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan brand loyalty konsumen bisnis perusahaan. Anda dapat menggunakan Ripple10 dari Ivosights untuk mengetahui percakapan digital mengenai bisnis perusahaan Anda.

Sebagai aplikasi digital monitoring terbaik di Indonesia, Ripple10 memungkinkan perusahaan Anda mengetahui sentimen publik terhadap brand Anda di media sosial. Dengan ini Anda akan mampu membuat strategi yang tepat dalam meningkatkan brand loyalty secara maksimal. Selain itu, tersedia pula competitive analys yang berguna untuk untuk mengetahui pergerakan kompetitor. Sehingga bisnis Anda dapat selangkah lebih dalam menjaring pelanggan dibandingkan kompetitor. Segera hubungi Ivosights untuk merasakan manfaat dari Ripple10

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami