Mengenal Apa Itu Brand Association

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Rabu, 28 September 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Comprehensive analytics. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Comprehensive analytics. Shutterstock.

"Brand association adalah hubungan mental yang dibuat pelanggan antara brand Anda dan konsep, citra, emosi, pengalaman, orang, minat, atau aktivitas."

Salah satu pengaruh psikologis terbesar pada perilaku pelanggan adalah brand association. Ini bisa menjadi perbedaan diam-diam antara seseorang yang membeli produk Anda atau produk pesaing. Ini adalah fenomena kompleks yang ingin dibangun oleh setiap brand di benak audiens mereka, tetapi hanya sedikit yang mengerti cara membuatnya.

Brand apa yang terlintas di benak Anda ketika memikirkan Bill Gates? Jeff Bezos? Arianna Huffington? Microsoft. Amazon. Huffington Post. Bagaimana cara kerjanya?

Mari kita mulai dengan menetapkan definisi yang kuat tentang apa itu brand association. Kemudian, kita akan membahas berbagai jenis brand association, beberapa contoh spesifik, dan mengarahkan Anda untuk memulai strategi brand association Anda sendiri.

Apa Itu Brand Association

Brand association adalah hubungan mental yang dibuat pelanggan antara brand Anda dan konsep, citra, emosi, pengalaman, orang, minat, atau aktivitas. Asosiasi ini bisa langsung positif atau negatif dan sangat mempengaruhi keputusan pembelian.

Asosiasi ini terbentuk dari waktu ke waktu melalui pengalaman brand yang konsisten dan di momen-momen besar seperti film yang mengubah budaya, iklan Super Bowl, dan lagu-lagu hit. Selebriti juga dapat menghasilkan brand association melalui platform mereka, yang dapat memiliki dampak positif atau negatif langsung.

Brand ingin menciptakan asosiasi positif dan idealnya, brand association sederhana, positif, dan langsung. Misalnya, ketika Anda memikirkan mobil listrik, Anda mungkin memikirkan Tesla. Film keluarga? Disney atau Pixar. Sepatu atletik? Nike adalah salah satu yang pertama datang ke pikiran. Brand association adalah satu kata, gambar, atau konsep yang muncul di pikiran dengan cepat dan penting untuk dikembangkan oleh setiap perusahaan.

Pentingnya Brand Association

Brand association penting karena membantu pelanggan mengingat brand Anda segera. Mereka bergabung untuk membentuk brand identity Anda secara keseluruhan dan Anda ingin membuatnya dengan cara yang bermakna sebanyak mungkin.

Biasanya, kata-kata yang terkait dengan brand Anda membantu orang membuat koneksi ke produk atau kategori Anda tanpa perlu secara eksplisit memberi tahu audiens Anda apa yang Anda lakukan atau jual.

Yang terbaik, brand association membedakan Anda dari pesaing Anda dan menciptakan citra positif untuk brand Anda yang membuat orang ingin membeli produk Anda. Membuat tim Anda fokus dalam membuat asosiasi dimulai dengan memahami berbagai jenis asosiasi yang dapat dibuat.

Tipe Brand Association

Ada banyak jenis dan kombinasi brand association, tetapi akan sangat membantu jika berfokus pada beberapa yang dapat dikenali, berpengaruh, dan dapat dicapai. Berikut adalah daftar pendek dari jenis yang paling akrab yang dapat Anda buat.

  • Berbasis selebriti (misalnya streaming musik Jay-Z dan TIDAL)
  • Berbasis pendiri (misalnya Arianna Huffington dan Huffington Post)
  • Berbasis karakter (misalnya tokek Geico)
  • Asosiasi kata atau tagline (misalnya tagline Nike “Just do it”)
  • Berbasis aktivitas (mis. The North Face dan aktivitas petualangan)
  • Berbasis mewah (misalnya jam tangan Rolex)
  • Berbasis layanan pelanggan (mis. Zappos)

Untuk membuat semua ini, Anda harus mulai dengan brand identity yang kuat sebagai dasar untuk pengalaman yang konsisten. Tim yang berkomitmen untuk mengelola brand Anda dapat mencari peluang untuk memanfaatkan momen puncak dan menciptakan koneksi yang kuat.

Contoh Brand Association

Brand association yang paling kuat hanya membutuhkan waktu sesaat untuk memicu pengakuan seseorang terhadap brand Anda. Mari kita lihat Nike sebagai contoh pertama kita. Saat Anda melihat logo swoosh ikonik mereka di mana saja, Anda langsung teringat akan mereka.

Jika Anda mendengar kata-kata "Just Do It", Anda mungkin akan memikirkan namanya terlebih dahulu. Butuh sepatu baru untuk lari atau basket? Kemungkinannya, Nike adalah salah satu situs web pertama yang Anda kunjungi. Ini adalah jenis brand association yang diinginkan semua orang tetapi tidak berkembang dalam semalam.

Kesimpulan

Nah itulah serba-serbi brand association yang dapat Anda ketahui. Pastinya dengan perkembangan digitalisasi dan teknologi yang mutakhir dapat menjadi salah satu jembatan agar pelanggan dapat mengenali brand atau perusahaan. Hal ini bisa Anda implementasikan dengan menggunakan comprehensive analytics dari Ivosights. Dengan tools ini dapat membantu brand Anda dalam membangun identitas yang sesuai.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami