Tips Meningkatkan Brand Equity, Wajib Tahu!

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 21 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Brand equity. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Brand equity. Shutterstock.

"Brand equity merupakan nilai tambah yang dimiliki oleh suatu merek atau brand dibandingkan dengan produk atau layanan yang sama tanpa merek tersebut"

Brand Equity mendefinisikan tingkat pengaruh nama perusahaan terhadap pelanggan. Ini didasarkan pada cara pelanggan memandang merek tertentu dan pengalaman positif dan negatif mereka membeli dari merek tersebut. Untuk mengetahui tips untuk meningkatkan brand equity perusahaan Anda, silahkan simak artikel ini sampai akhir!

Apa Itu Brand Equity?

Brand equity merupakan nilai tambah yang dimiliki oleh suatu merek atau brand dibandingkan dengan produk atau layanan yang sama tanpa merek tersebut. Brand equity adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi harga jual dari suatu produk atau layanan, dan keputusan pelanggan agar membeli atau tidak membeli suatu produk.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi brand equity, diantaranya:

  • Brand Awareness, dimana tingkat kesadaran pada para pelanggan mengenai merek atau brand yang Anda miliki. Semakin tinggi brand awareness, maka semakin tinggi pula brand equity.
  • Brand Image, merupakan citra atau persepsi yang dimiliki para pelanggan terkait merek atau brand yang Anda miliki. Semakin positif brand image, maka semakin tinggi pula brand equity.
  • Brand Loyalty, ialah bentuk kecenderungan dari pelanggan untuk terus membeli produk atau layanan yang sama dari merek atau brand yang sama. Semakin tinggi brand loyalty, maka semakin tinggi pula brand equity.
  • Brand Association, merupakan asosiasi yang dimiliki pelanggan terhadap merek atau brand yang Anda miliki. Asosiasi yang positif akan meningkatkan brand equity.

Brand equity sangatlah penting bagi perusahaan karena dapat meningkatkan nilai jual suatu produk atau layanan, serta meningkatkan keputusan pelanggan untuk membeli atau tidak membeli suatu produk. Oleh karena itu, perusahaan harus terus memperhatikan dan mengelola brand equity agar terus meningkat.

Tips Meningkatkan Brand Equity

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan brand equity:

  • Buat Kampanye Pemasaran dengan Menarik

Buatlah kampanye pemasaran Anda dengan sangat menarik agar dapat meningkatkan brand awareness sehingga mampi membantu dalam meningkatkan brand equity. Serta, pastikan untuk membuat kampanye yang sesuai dengan target audiens dan memiliki pesan yang jelas dan mudah dipahami.

  • Buat Konten yang Berkualitas

Selanjutnya, Anda bisa membuat sebuah konten yang berkualitas. Karena dapat membantu meningkatkan brand image dan brand association. Jadi, pastikanlah Anda untuk membuat konten yang bermanfaat dan relevan bagi target audiens perusahaan atau bisnis Anda.

  • Menjaga Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Tips berikutnya ialah dengan menjaga hubungan yang baik dengan para pelanggan Anda, sehingga dapat meningkatkan brand loyalty dan brand equity. Pastikan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.

  • Buat Desain yang Menarik

Buatlah desain yang menarik mungkin agar dapat membantu mereka Anda dalam meningkatkan brand image dan brand association. Pastikan untuk membuat desain yang sesuai dengan identitas merek atau brand Anda dan mudah diingat oleh pelanggan.

  • Buat Merek atau Brand yang Unik

Tips berikutnya, Anda harus membuat merek atau brand Anda denganĀ  unik sehingga membantu meningkatkan brand awareness dan brand equity. Pastikan untuk membuat merek atau brand yang memiliki ciri khas yang membedakannya dari merek atau brand lainnya.

  • Jaga Konsistensi Merek atau Brand

Konsistensi merek atau brand dapat membantu meningkatkan brand awareness dan brand equity. Pastikan untuk selalu menjaga konsistensi dalam penggunaan merek atau brand Anda, baik dalam desain maupun pesan yang disampaikan.

Mengapa Brand Equity Begitu Penting?

Brand equity begitu penting karena dapat mempengaruhi harga jual suatu produk atau layanan, serta keputusan pelanggan untuk membeli atau tidak membeli suatu produk. Brand equity merupakan nilai tambah yang dimiliki oleh suatu merek atau brand dibandingkan dengan produk atau layanan yang sama tanpa merek tersebut.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa brand equity begitu penting:

  1. Meningkatkan nilai jual produk atau layanan. Brand equity yang tinggi mampu meningkatkan harga jual suatu produk atau layanan yang Anda miliki. Pelanggan akan lebih siap untuk membayar harga yang lebih tinggi untuk produk atau layanan yang memiliki merek atau brand yang terpercaya dan diakui.
  2. Meningkatkan keputusan pelanggan untuk membeli. Brand equity yang tinggi berguna untuk meningkatkan keputusan pelanggan apakah membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan. Pelanggan yang percaya pada merek atau brand yang Anda miliki akan lebih cenderung untuk membeli produk atau layanan Anda dibandingkan dengan merek atau brand lain.
  3. Meningkatkan loyalitas pelanggan. Brand equity yang tinggi mampu meningkatkan loyalitas pelanggan. Karena pelanggan yang percaya dan puas dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan akan lebih cenderung untuk terus membeli dari Anda dibandingkan dengan merek atau brand lain.
  4. Meningkatkan daya saing perusahaan. Brand equity yang tinggi dapat meningkatkan daya saing perusahaan. Merek atau brand yang terpercaya dan diakui akan lebih mudah dikenali dan diingat oleh pelanggan, sehingga dapat membantu perusahaan bersaing dengan merek atau brand lain di pasar.
  5. Meningkatkan nilai perusahaan. Brand equity yang memiliki nilai tinggi mampu meningkatkan nilai perusahaan Anda. Merek atau brand yang terpercaya dan diakui akan lebih mudah dijual kepada pelanggan, sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan di pasar.

Nah, itulah yang dimaksud dengan bran equity yang pastinya sangat amat berguna untuk merek perusahaan atau bisnis Anda. Semoga artikel ini dapat membantu ya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami