Mengukur Keberhasilan dengan KPI yang Tepat pada BPO Contact Center

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Senin, 04 September 2023
Ilustrasi - BPO Contact Center. Shutterstock
Ilustrasi - BPO Contact Center. Shutterstock

"Dalam dunia BPO Contact Center, kesadaran akan pentingnya KPI dapat menjadi faktor penentu dalam memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa"

Di era bisnis yang semakin kompetitif, BPO (Business Process Outsourcing) Contact Center menjadi andalan dalam menjaga hubungan dan interaksi yang efektif dengan pelanggan. Namun, dalam segi pengelolaan operasional BPO Contact Center, tidak hanya cukup untuk sekedar melakukan interaksi saja, melainkan Anda juga perlu mengukur dan meningkatkan kinerja secara terus menerus. Di sinilah penggunaan KPI (Key Performance Indicator) yang tepat bisa memiliki peran. Dengan cara membantu organisasi mengukur keberhasilan operasi bisnis melalui strategi yang terukur dan dapat ditargetkan, metrik ini dinilai menjadi salah satu hal yang cukup krusial untuk berbagai bisnis layanan, terutama layanan BPO Contact Center. Pada artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengeksplorasi pentingnya KPI dalam mengukur keberhasilan BPO Contact Center, mulai dari mengenali apa itu KPI (Key Performance Indicator) hingga panduan untuk memilih metrik yang tepat untuk BPO Contact Center.

Apa Itu KPI (Key Performance Indicators)?

Key Performance Indicator, merupakan metrik yang digunakan untuk mengukur kinerja suatu organisasi, tim, proses, atau individu dalam mencapai tujuan dan sasaran bisnis tertentu. KPI dirancang untuk memberikan informasi yang relevan dan terukur tentang seberapa baik tujuan yang telah ditetapkan dapat dicapai. KPI juga berfungsi untuk membantu dalam melacak dan mengevaluasi kinerja selama periode waktu tertentu.

KPI dapat berupa angka, persentase, rasio, atau metrik lain yang menggambarkan kinerja dalam berbagai aspek bisnis. Sering kali KPI disesuaikan dengan tujuan dan strategi bisnis organisasi berdasarkan industri, fungsi bisnis, dan tujuan spesifik perusahaan. Tujuan utama KPI adalah untuk memberikan pandangan yang jelas dan terukur mengenai kemajuan dalam mencapai tujuan bisnis organisasi. KPI membantu manajemen dan tim mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, mengukur efektivitas tindakan yang diambil, dan membuat keputusan berdasarkan data yang lebih akurat.

Baca Juga: Cara Menentukan KPI Telemarketing Perusahaan

Pentingnya KPI dalam BPO Contact Center

KPI merupakan ukuran yang dapat membantu Anda untuk menggambarkan kinerja suatu organisasi atau proses. Dalam konteks BPO Contact Center, KPI memainkan peran penting dalam mengidentifikasi area di mana kinerja dapat ditingkatkan dan memastikan tujuan bisnis Anda tercapai. KPI dapat membantu BPO Contact Center dalam mengukur, memantau, dan mengelola aspek-aspek utama operasi pusat kontak, termasuk kepuasan pelanggan, efektivitas agensi, dan produktivitas. Dengan memahami KPI, BPO Contact Center dapat memperoleh manfaat jangka panjang dengan menerapkan perbaikan berbasis data yang meminimalkan risiko dan memaksimalkan hasil.

Panduan Memilih dan Menerapkan KPI yang tepat

  • Relevansi Bisnis

Pilihlah KPI yang selaras dengan tujuan dan strategi bisnis Anda. Pastikan bahwa Anda telah mempertimbangkan apa yang paling penting untuk menambah nilai bagi pelanggan dan bisnis Anda.

  • Spesifik dan Terukur

KPI harus spesifik dan memiliki metode pengukuran yang jelas. Apabila KPI yang Anda punya spesifik dan terukur, maka Anda dapat memudahkan bisnis Anda dalam banyak hal, seperti membantu untuk mengarahkan fokus bisnis atau memudahkan pemantauan dan pengukuran kinerja.

  • Aktual dan Dapat Terukur dalam Waktu

Pastikan KPI yang Anda punya bersifat aktual dan dapat dicapai dalam jangka waktu tertentu. Hal ini memudahkan Anda untuk memproyeksikan rencana bisnis Anda kedepannya. Jangan menetapkan tujuan yang tidak dapat dicapai dalam jangka waktu yang wajar.

  • Memiliki Keterkaitan

Pahami bagaimana KPI memiliki keterkaitan antara satu sama lain. Dengan kata lain, apabila Anda melakukan perbaikan pada satu KPI, hal ini dapat mempengaruhi KPI lainnya. Oleh karena itu, Anda tidak bisa sembarangan melakukan perubahan pada KPI yang sudah ada karena akan berefek pada KPI lainnya.

Baca Juga: Manfaatkan Metrik KPI untuk Ukur Seberapa Efektifnya Telesurvey Anda!

  • Komunikasi dan Pemahaman

Anda dan tim Anda harus bisa memahami arti dan pentingnya KPI yang diukur. Anda dapat mengomunikasikan hal ini secara efektif kepada tim Anda terkait mengapa KPI menjadi suatu hal yang penting.

  • Pemantauan dan Penyesuaian

Pantau KPI secara teratur dan sesuaikan jika merasa diperlukan. Lantaran, bisnis Anda akan selalu memiliki perubahan di dalamnya, dan KPI yang efektif mungkin perlu disesuaikan seiring berjalannya waktu.

KPI yang Tepat untuk BPO Contact Center

  • Average Wait Time

KPI ini mengukur berapa lama pelanggan harus menunggu sebelum menerima respon dari agen BPO Contact Center sehingga memberikan waktu tunggu minimal akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengurangi tingkat frustasi.

  • Average Handling Time

KPI ini merupakan total waktu yang dibutuhkan agen untuk memproses interaksi pelanggan. Memantau hal ini dapat membantu mengoptimalkan efisiensi dan produktivitas BPO Contact Center.

  • First Contact Resolution Rate

KPI ini mengukur seberapa baik masalah pelanggan diselesaikan melalui satu interaksi. Dengan adanya tingkat keberhasilan yang tinggi, hal ini dapat mengurangi frustrasi pelanggan dan biaya operasional.

  • Abandonment Rate

KPI ini mengukur persentase panggilan diterima yang diselesaikan oleh pelanggan sebelum terhubung ke agen. Tingkat panggilan balik yang tinggi mungkin mengindikasikan masalah antrian atau waktu tunggu yang lama.

  • Customer Satisfaction Rate

KPI ini mengukur pendapat pelanggan tentang pengalaman mereka terkait layanan BPO Contact Center. Umpan balik yang didapatkan dari pelanggan dapat membantu mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan pada BPO Contact Center.

  • Error Rate

KPI ini mengukur seberapa sering kesalahan data terjadi selama proses interaksi dengan pelanggan. Pemantauan KPI ini penting untuk menjaga keakuratan informasi dan integritas data.

  • Efisiensi Penggunaan Sumber Daya

KPI ini mencakup agen, beban kerja, dan efisiensi panggilan. Dengan pengelolaan sumber daya yang efisien, maka Anda dapat menghindari pemborosan dan biaya yang berlebihan.

Manfaatkan BPO Contact Center yang Tepat untuk Bisnis Anda

Anda perlu mengingat bahwa KPI (Key Performance Indicator) hanyalah sebuah alat. Interpretasi yang tepat dan tindakan yang diambil berdasarkan hasil KPI-lah yang merupakan kunci dalam meraih keberhasilan. Dalam dunia BPO Contact Center, kesadaran akan pentingnya KPI dan kemampuan mengambil tindakan berdasarkan wawasan di dalam KPI menjadi faktor penentu dalam memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa. Maka dari itu, BPO Contact Center yang baik adalah BPO Contact Center yang dapat menginterpretasikan dan mengimplementasikannya secara terukur. Jika Anda membutuhkan layanan BPO Contact Center yang seperti itu, Anda dapat menemukannya di Ivosights. Kami dapat memberikan layanan terbaik bagi Anda agar bisnis Anda semakin berkembang. Jika Anda tertarik, hubungi Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami