BPO dan BPO Contact Center: Mana yang Lebih Tepat untuk Bisnis Anda

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Kamis, 19 September 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - BPO Contact Center.
Ket. Foto: Ilustrasi - BPO Contact Center.

"Temukan perbedaan antara BPO dan BPO Contact Center serta pilih solusi terbaik untuk mendukung operasional dan layanan pelanggan bisnis Anda dengan tepat"

Sebagai pebisnis, apakah Anda merasakan persaingan bisnis yang semakin ketat? Jika iya, Anda atau perusahaan perlu mencari cara untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Salah satu solusinya adalah outsourcing. Outsourcing ini baik untuk proses bisnis secara keseluruhan. Namun, bagaimana menentukan mana yang lebih sesuai untuk kebutuhan bisnis Anda, BPO atau BPO Contact Center? Artikel ini sangat cocok untuk Anda simak.

Apa itu BPO dan BPO Contact Center

Mari mulai dengan pengertian dari BPO dan BPO Contact Center itu sendiri. BPO (Business Process Outsourcing) adalah sebuah strategi perusahaan dalam mengembangkan layanannya dengan bantuan penyedia layanan eksternal. Yang berarti, BPO Contact Center adalah layanan outsourcing yang khusus menangani interaksi dengan pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi. Layanan ini bertujuan untuk membantu perusahaan mengelola hubungan pelanggan secara efisien. Jadi, umumnya BPO dan BPO Contact Center memiliki tujuan yang sama untuk perusahaan Anda. Hanya saja, mengalihkan tanggung jawab layanan pelanggan kepada pihak ketiga yang ahli di bidang tersebut, sehingga memungkinkan mereka untuk lebih fokus pada strategi inti bisnis.

Perbedaan Utama BPO dan BPO Contact Center

Jika kamu masih penasaran. Berikut adalah perbedaan utama yang kemungkinan Anda alami setelah menggunakan layanan BPO Contact Center ini. Simak lengkapnya di bawah ini, yuk!

  • Layanan

Sebagai perusahaan yang berkembang di dunia bisnis, pastinya berlomba-lomba untuk saling meningkatkan layanan paling terbaik untuk para konsumennya. BPO dan BPO Contact Center adalah kunci sukses mengatasi itu, namun BPO lebih mencakup ke berbagai aspek operasional sedangkan, BPO Contact Center fokus kepada layanan pelanggan atau loyalitas pelanggan Anda.

  • Tujuan Utama 

Tujuan utama dari BPO dan BPO Contact Center itu apa? BPO bertujuan untuk meningkatkan efisiensi bisnis, sedangkan BPO Contact Center bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Bisa dari kenyamanan pelanggan, loyalitas pelanggan, sampai ulasan positif yang akan diberikan pelanggan kepada pelayanan perusahaan atau produk yang dipasarkan.

  • Teknologi yang Dipakai

BPO khususnya hanya menggunakan atau mengelola prosesnya secara back-office. Sedangkan teknologi yang digunakan BPO Contact Center berfokus pada teknologi komunikasi atau CRM. Apa itu CRM dalam konteks BPO Contact Center? CRM (Customer Relationship Management) adalah strategi untuk menciptakan hubungan antara penjual dan pembeli, tetapi juga berusaha untuk menjalin hubungan perusahaan yang lebih dalam dengan pelanggan.

Baca Juga: Mengenal Pentingnya Fraud management System pada BPO Contact center

Faktor-Faktor yang Harus Dipertimbangkan Saat Menggunakan BPO Contact Center

Tetapi, tidak sampai sana saja. Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan BPO Contact Center, terdapat beberapa faktor yang harus Anda atau perusahaan pertimbangkan, lho. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini: 

  • Tujuan Perusahaan Bisnis

Faktor yang harus dipertimbangkan dalam menggunakan BPO Contact Center, Anda harus paham akan tujuan perusahaan Anda. Hal ini tentunya mengacu pada keberhasilan penggunaan layanan BPO Contact Center. Keberhasilan tersebut mencakup pada citra layanan perusahaan yang baik kepada para pelanggan serta citra brand yang dipasarkan.

  • Kapasitas Internal Perusahaan 

Kemudian, dalam menerapkan layanan BPO Contact Center, Anda harus memperhatikan kemampuan dan kesiapan perusahaan dalam mengelola outsourcing secara efektif. Hal ini mengacu kepada, SDM (Sumber Daya Manusia), teknologi, keamanan data, dan lainnya.

  • Manfaat Jangka Panjang

Anda juga perlu tau manfaat jangka panjang yang BPO Contact Center berikan. Dikarenakan, dengan penggunaan layanan BPO Contact Center, Anda atau perusahaan bisa merasakan kualitas layanan yang lebih baik, peningkatan efisiensi operasional, dan keuntungan jangka panjang lainnya. Jika, layanan BPO Contact Center yang Anda temui atau gunakan tidak memberikan manfaat jangka panjang di atas, lebih baik Anda mencari pelayanan pihak ketiga yang lain.

  • Kemampuan untuk Beradaptasi Teknologi Baru

Dan terpenting ialah, Anda atau perusahaan harus mampu beradaptasi akan teknologi baru. Dikarenakan, BPO Contact Center memberikan dukungan layanan teknologi terbaru untuk pelayanan pelanggan yang lebih baik secara inbound dan outbound.

Pilih Ivosights Sebagai Partner Penyedia BPO Contact Center untuk Dukungan Layanan Terbaik!

Jadi, pada dasarnya BPO dan BPO Contact Center memiliki definisi yang sama, hanya saja BPO Contact Center mengacu kepada layanan pelanggan dengan teknologi terbaru. Jika Anda sedang mencari penyedia layanan BPO Contact Center yang berkualitas dan terlatih, Ivosights jawabannya. Dengan teknologi mutakhir dan tim profesional yang siap mendukung bisnis Anda, Ivosights menawarkan layanan yang tidak hanya efisien tetapi juga dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik perusahaan Anda. Jadikan pengalaman pelanggan sebagai prioritas utama dan rasakan peningkatan loyalitas serta kepuasan pelanggan dengan dukungan layanan terbaik dari Ivosights, BPO Contact Center. Bergabung sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami