Kenali 8 Istilah Bot yang Sering Muncul di Internet!

Sociomation


Penulis : Administrator - Jumat, 03 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Bot. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Bot. Shutterstock.

"Bot adalah software yang dapat melakukan tugas-tugas otomatis dan melakukan interaksi dengan pengguna melalui teks atau suara."

Di era digitalisasi ini, kita sudah sangat sering melihat dan mendengar istilah bot. Masih banyak istilah lain yang berkaitan dengan bot dan barang kali tidak kamu ketahui. Bot memiliki banyak istilah asing karena dalam pembuatannya menggunakan teknologi yang berkembang dalam bidang Artificial Intelligence dan Natural Language Processing yang memiliki istilah-istilah khusus sendiri. Ini membantu para pembuat bot untuk menjelaskan konsep-konsep yang kompleks dan mempermudah komunikasi antar ahli dalam bidang tersebut. Artikel ini akan menjelaskan istilah-istilah pada bot yang sering muncul di internet dan mungkin belum kamu ketahui!

Apa itu Bot?

Bot adalah software yang dapat melakukan tugas-tugas otomatis dan melakukan interaksi dengan pengguna melalui teks atau suara. Bot sering digunakan untuk mempermudah tugas-tugas repetitif, membantu pengguna dalam mencari informasi, atau menjawab pertanyaan. Banyak bot juga digunakan untuk meningkatkan interaksi dan meningkatkan pengalaman pengguna dalam aplikasi atau layanan online.

Baca Juga: Mengenal Chatbot dari Fungsi dan Cara Kerjanya

8 Istilah pada Bot yang Harus Kamu Ketahui

Berikut adalah beberapa istilah yang sering muncul dalam konteks pembuatan dan pengembangan bot:

  • Natural Language Processing (NLP)

NLP adalah singkatan dari Natural Language Processing, yaitu bidang ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dan mesin melalui bahasa alami. NLP memanfaatkan teknik-teknik dari AI, linguistik, dan statistik untuk membantu mesin memahami, memanipulasi, dan membuat bahasa alami seperti yang digunakan oleh manusia. Aplikasi NLP meliputi analisis teks, pemrosesan bahasa, generasi teks, dan banyak lagi. Tujuannya adalah untuk membuat mesin dapat melakukan tugas-tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan bahasa alami.

  • Intent Recognition

Intent recognition adalah proses untuk mengidentifikasi dan mengerti maksud atau tujuan dari suatu permintaan yang diajukan oleh pengguna melalui bahasa natural. Dalam konteks chatbot, intent recognition bertujuan untuk memahami apa yang ingin dicapai oleh pengguna melalui interaksinya dengan chatbot. Setelah intent dikenali, chatbot dapat menentukan tindakan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pengguna tersebut. Intent recognition menggunakan teknik-teknik dari AI dan NLP seperti analisis teks, pemodelan bahasa, dan klasifikasi untuk menentukan intent dari suatu permintaan.

  • Chatbot

Chatbot adalah sebuah program yang dapat melakukan interaksi dengan pengguna menggunakan teks atau suara, sering digunakan untuk melayani permintaan dan memberikan informasi. Chatbot dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti aplikasi pesan instan, situs web, dan aplikasi mobile. Chatbot bertindak seperti asisten virtual yang dapat membantu pengguna dengan menjawab pertanyaan, menyediakan informasi, atau melakukan tugas-tugas tertentu seperti membuat pemesanan. Beberapa chatbot menggunakan AI dan NLP untuk memahami dan memproses bahasa alami yang digunakan oleh pengguna.machine learning. teknik pembelajaran mesin yang membantu bot untuk membuat keputusan dan menentukan tindakan berdasarkan data yang diambil.

  • Dialogue Management

Dialogue management adalah proses pengelolaan dan pengaturan interaksi antara pengguna dan chatbot. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa interaksi yang terjadi antara kedua belah pihak berlangsung lancar, efisien, dan memenuhi kebutuhan pengguna. Dialogue management melibatkan pemantauan percakapan, pengambilan keputusan berdasarkan intent dan konteks, serta memastikan bahwa chatbot mengirimkan tanggapan yang tepat dan informatif. Dialogue management menggunakan teknik-teknik dari AI, NLP, dan pemrograman untuk memastikan bahwa chatbot dapat melakukan interaksi yang efektif dengan pengguna.

  • API

API adalah singkatan dari Application Programming Interface, yaitu sekumpulan perintah, protokol, dan tools yang memungkinkan aplikasi untuk berinteraksi satu dengan yang lain. API memfasilitasi komunikasi antara aplikasi dan memungkinkan mereka untuk berbagi data dan mengakses fitur yang diberikan oleh aplikasi lain. API juga mempermudah pengembangan aplikasi baru dengan memanfaatkan fitur dan data dari aplikasi lain tanpa harus membuat ulang dari awal. Beberapa aplikasi web populer seperti Facebook, Google, dan Twitter menyediakan API untuk memfasilitasi integrasi dengan aplikasi lain. API bisa menjadi interface yang memungkinkan bot untuk berinteraksi dengan sistem dan aplikasi lain.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Dengan WhatsApp Business API

  • Text-to-Speech (TTS)

Text-to-Speech (TTS) adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk mengubah teks menjadi suara yang dapat didengar oleh manusia. TTS menggunakan algoritma dan model bahasa untuk memproses teks dan menghasilkan suara yang meniru suara manusia. Aplikasi TTS sering digunakan dalam berbagai situasi seperti dalam sistem navigasi, telepon, dan aplikasi mobile. TTS juga dapat membantu individu dengan masalah penglihatan atau membaca dengan membacakan teks untuk mereka. TTS memiliki berbagai aplikasi, termasuk membantu pengguna menghemat waktu dan mempermudah akses informasi.

  • Speech Recognition

Speech recognition adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk memahami dan mengidentifikasi bahasa berbicara manusia. Speech recognition menggunakan algoritma dan model suara untuk memproses suara dan mengubahnya menjadi teks yang dapat dipahami oleh mesin. Aplikasi speech recognition sering digunakan dalam berbagai situasi seperti dalam perangkat pintar (smart devices), telepon, dan aplikasi mobile. Speech recognition memiliki berbagai aplikasi, termasuk membantu pengguna untuk mengakses informasi dan melakukan tugas-tugas tanpa harus mengetik atau memakai tangan. Teknologi ini mempermudah interaksi antara pengguna dan mesin dan memiliki potensi untuk mempermudah akses informasi bagi individu dengan masalah fisik.

Dapatkan Teknologi Bot Terdepan di Ivosights

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu ketahui dari istilah pada bot. Nah, untuk kamu yang sedang mencari solusi penggunaan bot pada contact center terbaik untuk perusahaanmu, kamu bica percayakan pada Ivosights!

Ivosights menginovasikan Sociomile sebagai salah satu solusi terbaik contact center perusahaanmu. Dengan menggunakan Sociomile, kamu dapat mengakses fitur canggih seperti chat bot dengan artificial intelligence, pemantauan suara pelanggan secara real-time, sistem penugasan otomatis, dan integrasi dengan aplikasi CRM untuk mengelola interaksi pelanggan secara efektif. Dengan teknologi-teknologi terbaru yang memungkinkan kamu mendapat fasilitas dan sistem terbaik, ayo segera gunakan Sociomile dan rasakan manfaatnya untuk bisnis kamu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami